Backlink: Pengertian, Kualitas dan Cara Memperoleh

5 Likes Comment
apa itu backlink

Tautan, yang kemudian disebut juga sebagai backlink adalah referensi untuk konten anda dari situs web lain. Setiap kali situs web lain menyebutkan dan mengarahkan pembaca kepada konten anda, anda memperoleh backlink ke blog atau situs web anda.

Google mengunakan kuantitas dan kualitas tautan seperti ini sebagai sinyal otoritas situs web. Logikanya, adalah para webmaster akan merujuk situs web populer dan berkualitas tinggi lebih sering dari pada situs web biasa-biasa saja.

Tetapi perhatikan bahwa saya menyebutkan kualitas tautan juga. Ini karena tidak semua tautan sama. Beberapa tautan, yang berkualitas rendah, bisa memberi pengaruh negatif untuk situs web anda sendiri.

Kualitas backlink

Tautan bermutu rendah atau mencurigakan, misalnya tautan yang dianggap Google sengaja dibuat untuk menjadikan situs lebih berwibawa, mungkin akan mengurangi peringkat Anda di mesin telusur.

Karena itu, ketika membuat tautan balik, SEO harusnya fokus untuk tidak membangun tautan apapun. Ini bertujuan untuk menghasilkan referensi berkualitas setinggi mungkin.

Baca Juga : Dapatkan Backlink Gratis Dari Paulipu

Secara alami, sama seperti logaritma pencarian, saya tidak tahu faktor apa yang menentukan kualitas tautan secara khusus.  Namun, seiring waktu berjalan, SEO ditentukan oleh hal-hal seperti dibawah ini :

1. Popularitas situs tautan

Setiap tautan dari domain yang dicari oleh mesin pencari akan memiliki kualitas yang tinggi secara alami. Dengan kata lain, tautan dari situs web yang memiliki tautan berkualitas baik memiliki fungsi yang lebih baik.

2. Relevansi topik

Tautan dari domain pada topik yang serupa dengan topik Anda akan membaca otoritas daripada yang berasal dari situs web acak.

3. Domain authority

Sama seperti popularitas, mesin telusur juga menilai kepercayaan sebuah situs web. Tautan dari situs yang lebih terpercaya akan selalu mempengaruhi peringakat halaman lebih baik lagi.
Pembuatan tautan

Dalam SEO, saya mengacu pada proses memperoleh tautan balik baru sebagai bagian dari pembangunan tautan. Dan seperti yang diakui oleh banyak praktisi, itu bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat menantang.

Baca Juga : Cara Dapatkan Backlink Gratis Berkualitas Dari viva.co.id

Menghubungkan bangunan, jika Anda ingin melakukannya dengan baik, butuh kreativitas, pemikiran strategis, dan kesabaran. Untuk menghasilkan tautan berkualitas, anda perlu strategi untuk membangun tautan. Dan itu bukanlah prestasi kecil sebenarnya!

Cara mendapatkan backlink

Ingat juga, tautan Anda harus melewati beberapa kriteria seperti diatas, untuk dicap sebagai tautan berkualitas. Selain itu, tidak dapat dijelaskan oleh mesin telusur bahwa anda membangunnya dengan sengaja. Berikut beberapa strategi untuk membangun tautan :

1. Tautan editorial organik

Tautan balik ini berasal dari situs web yang mereferensikan konten Anda sendiri.
Diluar jangkauan. Pada strategi ini anda menghubungi situs web lain untuk memperoleh tautan. Ini bsia terjadi dengan banyak cara.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Foto Referensi Untuk Konten Blog

Anda dapat membuat konten yang luar biasa, da mengirim email kepada mereka untuk memberi tahu tentang hal tersebut. Pada gilirannya, jika mereka merasa berharga, mereka akan mereferensikannya. Anda juga bisa menyarankan dimana mereka bisa menautkannya.

2. Postingan tamu

Posting tamu adalah artikel blog yang Anda publikasikan di web pihak ketiga. Pada gilirannya, perusahan-perusahan itu memungkinkan memasukkan satu dua tautan ke situs Anda sendiri dalam konten atau biografi penulis.

3. Tautan profil

Akhirnya, banyak situs web menawarkan peluang untuk membangun tautan. Profile online adalah contoh yang bagus.

Seringkali, saat menyiapkan profil tersebut, anda bisa mencantumkan situs web Anda disana. Tidak semua tautan semacam itu memiliki otoritas yang kuat, beberapa diantaranya cukup kuat.

4. Analisis kompetisi

Akhirnya, banyak SEO secara teratur mengalisis tautan balik bagi pesaing mereka untuk mengidentifikasi kata kunci kompetitif.

Nah demikian artikel tentang apa itu Backlink. Jika anda ingin memperoleh tambahan pemahaman secara teknis untuk mendapatkan backlink silahkan baca artikel tentang 10 cara cerdas memperoleh backlink untuk blog. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *