10 Tips Memperoleh Backlink Berkualitas Untuk Blog

8 Likes Comment
cara cerdas memperoleh backlink berkualitas

Memperoleh backlink berkualitas bagi beberapa orang adalah hal yang sulit. Backlink atau tautan balik berarti ada sebuah blog atau situs web yang menautkan artikel atau referensi ke situs web atau blog anda.

Kata menautkan tidak saja berarti menghubungkan, tetapi juga menjadi referensi atau pustaka dari tulisan dan konten yang mereka buat.

Karena itu, hingga saat ini, backlink tetap menjadi salah satu faktor untuk memperoleh peringkat yang lebih baik di mesin telusur.

Jadi semakin banyak backlink yang anda peroleh semakin bagus peringkat anda di mesin telusur. Semakin bagus peringkat di mesin telusur semakin tinggi trafik yang anda peroleh.

Tetapi, tidak sampai disini. Usahakan, backlink yang anda dapatkan itu berkualitas. Ada beberapa alasan mengapa backlink yang anda dapatkan itu haruslah backlink yang berkualitas.

Karena ini biasanya berkaitan dengan otoritas atau nilai kepercayaan sebuah situs web kepada situs web yang lain.

Jadi intinya begini: semakin banyak situs web dengan otoritas tinggi yang menautkan pernyataan didalam konten mereka ke blog anda, semakin bagus otoritasi situs web anda.

Dan sebagai blogger atau webmaster, tentu anda tidak mau otoritas situs web anda hanya bebegitu saja, anda ingin ada perkembangan tentunnya.

Tapi perlu anda ketahui, ada ratusan faktor yang mempengaruhi peringkat situs web. Terkait dengan faktor-faktor itu, saya sudah membahasnya diartikel saya yang lain.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Biasanya, saat Google merayapi sebuah blog atau situs web, mereka akan mencoba memahami bagaimana halaman didalam blog anda saling terhubung satu dengan yang lain, dan saling berkaitan.

Keterkaitan ini menjadi indikasi bahwa blog anda dipercaya oleh orang lain. Kepercayaan ini dapat diperoleh melalui backlink yang anda dapatkan. Jadi secara umum, Backlink dapat dikategorikan sebagai salah satu metrik terpenting dalam hal SEO.

Tetapi, anda pasti paham sekarang ini, membangun backlink sangat sulit dilakukan. Apalagi untuk memperoleh backlink yang berkualitas dari blog atau situs web orang lain. Bahkan anda harus mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk ini.

10 Tips Memperoleh Backlink Berkualitas Untuk Blog

Tetapi ada cara cerdas untuk membangun backlink yang mungkin anda tidak tahu. Diartikel ini akan saya ulas 10 Cara Cerdas Memperoleh Backlik Berkualitas, yang bisa anda terapkan. Tetapi sebelum masuk ke daftarnya, ada baiknya anda mengetahui bahwa ada dua jenis backlink.

Yang pertama adalah backlink yang mengarah ke dalam situs web anda, atau tautan internal ke artikel anda yang lain, dan yang kedua situs web atau blog yang menautkan ke blog anda. Dua hal ini harus anda pahami, karena disini kita akan mengulas mereka secara bersama-sama.

Oke langsung saja, berikut disajikan artikel tentang 10 cara cerdas memperoleh backlink berkualitas untuk blog. Ini daftarnya:

1. Cari link yang rusak di blog orang lain

Ini termasuk backlink ya? Betul. Ini termasuk backlink; backlink yang gak bagus untuk sebuah blog. Sebenarnya, saya suka menerapkan metode ini ke dalam blog saya, sebab ini adalah suatu metode yang cukup sempurna untuk memperoleh backlink satu arah.

Teknik ini sebenarnya berusaha untuk melihat dan memperoleh tautan-tatuan yang rusak ke situs web anda. Anda dapat menggunakan berbagai tools yang tersedia di internet, dan saya menyarankan agar anda menggunakan Broken Link Checker.

Mengapa? Sebab ini adalah alat gratis yang dapat anda gunakan tanpa batasan. Selain itu, ini cocok untuk blog-blog atau situs web yang masih sementara membangun backlink dengan konten dibawah dari 3000. Maksudnya apa sih? Saya gak ngerti.

Maksudnya adalah coba anda mencari sebuah blog atau situs web lain lalu menggunakan Broken Link Checker, lalu mengeceknya.

Jika ada link yang rusak didalam blog anda, anda dapat menghubungi adminnya, memberitahukan bahwa ada link yang rusak didalam blog anda.

Sarankan ke mereka untuk menggantinya sebab ini cukup berbahaya bagi blog mereka. Lalu coba berbicara dengan mereka, dan menyarankan agar mereka menautkan dengan situs web atau blog yang lain. Kalau itu memungkinkan, anda bisa menyarankan agar mereka menautkan dengan salah satu konten di blog anda.

Karena disini anda coba memberi batuan ke mereka dengan melaporkan link yang rusak atau bad host, perolehan backlink anda menjadi lebih berkualitas.

Jadi secara tidak langsung, dengan menggunakan metode broken link ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan backlink, tapi ingat: blog yang anda sarankan itu harus sesuai dengna niche blog yang anda angkat.

Kenapa begitu? Sebab salah satu indikator backlink yang berkualitas adalah niche blog yang sama. Ini merupakan metode pengkategorian konten yang dilakukan oleh mesin telusur untuk memudahkan mereka melakukan analisis ke dalam blog anda.

Jadi, untuk menggunakan metode ini hal pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan sebuah situs web atau blog yang memiliki niche atau tema sama seperti blog anda.

Bingung caranya?

Anda dapat mengunakan Google untuk menemukan hal ini. Silahkan buka Google, dan masukan pencarian berdasarkan kata kunci:

  • Kata kunci+tautan anda
  • Kata kunci+sumber daya
  • Kata kuni inurl: tautan

Misalnya, jika niche blog anda membahas mengenai parenting atau pola asuh orang tua, anda dapat mencari tautan+parenting.

Jika anda menggunakan Google Chrome dan tidak sempat mencari tautan-tautan mana saja yang rusak, anda bisa menggunakan Plugin Check my List di ekstensi Google Chrome.

Dengan plugin ini anda dapat dengan cepat menemukan semua link-link yang rusak didalam blog orang lain, atau dengan kode 404.

via entrepreneur.com

Sekarang kita masuk ke teknisnya, yakni bagaimana anda memberitahukan kepada admin atau blogger lain bahwa ada link yang rusak didalam blog mereka. Silahkan hubungi mereka melalui email atau jika mereka punya WhatsApp dan platform pesan instan lain silahkan hubungi.

Sapa mereka, perkenalkan diri anda dan juga blog yang anda kelola. Tunggu balasannya…

Mungkin akan di respon dalam waktu yang lama, tetapi itu tidak jadi masalah. Yang harus anda lakukan adalah menunggu. Karena itu, agar tidak cape, silahkan ada lakukan cara ini ke blog-blog yang lain.

Jika ada 10 blog yang anda hubungi, 3 orang dengan respon yang bagus sudah lebih dari cukup. Jika sudah ada respon silahkan beri tahu tujuan anda, lalu katakan ada tautan yang rusak didalam blog mereka. Kasih link dimana tautan yang rusak itu terletak, sehingga dapat dengan mudah ditemukan.

Berikan alternatif kepada mereka untuk mengganti tautan tersebut. Jika itu tautan internal, tetap berikan alternatif.

Misalnya, katakan kepada pemilik blog kalau tautan yang rusak itu sebaliknya diganti saja dengan artikel yang lain. Jika itu tautan eksternal, sarankan agar mereka mengganti dengan blog yang lain, atau ke blog anda sendiri.

Cobalah untuk membantu mereka, jangan sok-sokan. Seringkali metode yang anda lakukan ini berhasil, tetapi dalam beberapa kasus, para blogger ini enggan menautkan link itu ke blog anda.

Salah satu alasannya karena mereka menjual jasa backlink. Anda juga bisa menggunakan metode ini jika reputasi blog anda, atau DA dan PA blog anda sudah tinggi.

2. Memperoleh backlink dari Infografis

Cara cerdas memperoleh backlink berkualitas yang kedua adalah dengan membuat infografis. Punya kemampuan DKV? Atau desain komunikasi visual?

Manfaatkan hal itu untuk memperoleh backlink, jika anda punya blog dan sudah masuk ke tahap membangun backlink. Mengapa? Sebab saat ini, infografis adalah salah satu metode untuk memperoleh backlink yang cukup populer dan berharga.

Infografis juga cukup hebat, karena viasualisasi yang mereka gambarkan itu lebih mudah dimengerti dan dibagikan ke orang lain.

Saya yakni, sebagian besar orang suka visual, itu sebabnya permintaan soal infografis ini meningkat dengan pesat.

Coba perhatikan situs web seperti tirto, atau Mashable banyak dari mereka yang menggunakan infografis untuk melengkapi konten didalam blog mereka.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Sekarang, jika anda punya kemampuan DKV ini, silahkan lakukan desain dengan baik, tiap poin yang anda sampaikan harus menyertakan kisah-kisah unik dan menarik bagi Audiens anda.

Untuk melengkapi kisah tersebut, ikuti topik-topik yang sedang hangat seputar niche anda. Lalu buat infografiknya berdasarkan statistik.

Untuk memulai, anda bisa melakukan penelitian singkat dan mengumpulkan data untuk kontn blog anda. Lalu buat infografik. Tetapi jika anda tidak punya kemampuan ini, anda bisa menggunakan jasa infografis dari orang lain.

Buang pemahaman anda terlebih dahulu bahwa menyewa jasa pembuat infografis itu malah, itu tidak benar. Jika anda tidak ingin menggunakan jasa Infografis, coba gunakan Dribble untuk mencari desainer yang bagus. Biayanya cukup murah, sekitar $20 per tahunnya.

3. Guest post di blog orang lain

Cara cerdas memperoleh backlink berkualitas untuk blog yang ketiga adalah menjadi guest post di blog orang lain. Jika anda sudah menjadi seorang blogger cukup lama, pasti anda sudah tahu apa maksudnya ini.

Postingan tamu adalah cara yang paling efektif untuk memperoleh backlink. Dengan menerbitkan artikel di situs web yang populer lain anda akan memperoleh trafik yang cukup tinggi.

Tapi ingat, terkadang postingan tamu ini bukan sekedar backlink saja, tetapi tentang upaya untuk meningakatkan reputasi online untuk blog anda atau pengikut di media sosial anda.

Baca Juga : 10 Manfaat Membuka Postingan Tamu di Blog

Postingan tamu membantu anda meningkatkan hubungan dengan orang lain, pemilik blog, kurasi konten anda dan juga audiens anda. Jika anda ragu bagaimana cara memperoleh postingan tamu, anda bisa menggunakan Google Analitics.

Dan ini sumber linknya:

Jika anda ingin memperoleh backlink dari Google Analitycs maka anda bisa menggunakan metode ini. DI Indonesia bisa gak ya? Bisa.

Diatas hanya salah satunya. Dan kalau anda masih bingung mencari blog-blog yang menerima tulisan tamu, gunakan Google:

  • Kata kunci anda + inurl: menulis untuk kami
  • Kata kunci + Postingan tamu
  • Kata kunci  + inurl : Pedoman postingan tamu
  • Kata kunci + menjadi kontributor
  • Kata kunci + blogger yang menerima postingan tamu
  • Kata kunci + kirim artikel
  • Kata kunci + ingin menulis untuk kami
  • Kata kunci + kontribusi artikel
  • Kata kunci + menjadi penulis
  • Kata kunci + postingan tamu oleh
  • Kata kunci + sekarang menerima postingan tamu
  • Dll

Jika hasilnya tidak cukup, gunakan media sosial. Benaran! Di Twitter, Facebook dan lain sebagaiya. Silahkan cari kata kunci ‘Posting tamu’ ‘postingan tamu’ ‘ penulis tamu’ ‘penulis pengunjung’ ‘kirim artikel’ dll.

Anda bisa menggunakan Topsy untuk membantu proses pencarian anda. Topsy membantu anda mengatur peringatan pencarian berdasarkan kata kunci yang ingin anda lacak.

Ingat juga, saat menerbitkan artikel tamu, pastikan agar anda selalu menautkan ke profil media sosial anda entah itu Instagram, Facebook dan Twitter.

Mengapa? Sebab jika seseorang suka dengan postingan anda, bisa saja mereka akan mencari profil anda, dan dapat dengan mudah mengikuti anda atau menambahkan teman dan ini berguna untuk postingan-postingan anda selanjutnya dimasa mendatang.

4. Cari tahu siapa pesaing anda

Ini maksudnya apa sih? Jangan emosi dulu, ini memang salah satu strategi yang gak populer dikalangan para blogger dan pencari backlink.

Jika anda serius ingin memperoleh lebih banyak lalu lintas organik untuk blog atau situs web anda, jangan gaptek, tetap up to date untuk melihat strategi mendapatkan backlink dari pesaing anda. Dan ini wajib!

Anda harus memata-matai pesaing anda di media sosial dan mencari teknik membangun backlink untuk memperoleh penghasilan. Berikut tipsnya:

Atur diri anda untuk memperingati ketika pesaing anda itu mempublikasikan konten baru di blog atau situs web mereka

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Caranya? Dengan berlangganan newsletter email mereka atau mengikuti mereka di media sosial. Cara cerdas lain untuk agar anda tidak ketinggalan dengan konten baru mereka adalah dengan membuat lansiran Google, dengan kata kunci Site: yourcompetitor.com.

Misalnya, jika pesaing anda adalah WekerIndo, anda dapat mencari lansiran Google dengan Site: wekerindo.com. Ketahui kapan dan backlink apa yang sedang dibagun oleh pesaing di blog anda

Ini akan membantu anda meniru strategi perolehan backlink yang mereka lakukan untuk mempromosikan situs web mereka.

Jika strategi mereka adalah dengan blogging tamu, cobalah menjadi penulis tamu di situs yang sama. Jika sebagian besar backlink yang mereka dapatkan dari ulasan blog, hubungi blogger tersebut dan lakukan hal yang sama.

Namun biasanya ini membutuhkan biaya. Jika anda tidak punya biaya, menjadi penulis tamu sudah lebih dari cukup.

Salah satu alat Favorit untuk memata-matai backlink pesaing yang sering saya gunakan adalah Backlinks Monitor. Tools ini cukup keren sebab memungkinkan anda untuk menambahkan emat pesaing paling sengit dari niche yang anda angkat.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda Di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Anda juga bisa mendaftar untuk memperoleh laporan mingguan yang berisi semua tautan baru yang telah mereka peroleh.

Di dalam alat itu juga, anda akan memperoleh lebih banyak wawasan tentang cara memperoleh backlink dan juga metric SEO lain yang cukup penting untuk blog anda.

Fitur yang paling bermanfaat menurut saya adalah semua tautan situs web saya sendiri disorot berdasarkan warna, yakni warna hijau seperti pada tangkapan layar dibawah ini:

Dengan menggunakan teknik ini, anda dapat menentukan peluang membangun tautan baru untuk blog anda. Dengan memonitor backlink, anda dapat melacak semua backlink yang dihasilkan oleh sebuah blog.

5. Perkuat tautan internal

Tautan internal adalah faktor kunci untuk membangun blog yang sukses. Dan disini anda dapt membangun teks jangkar di blog anda.

Dengan struktur tautan internal yang baik dan kuat, anda dapat membantu pengguna dengan mudah untuk menjelajahi situs web anda dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Ada alat yang dapat secara otomatis untuk membuat tautan internal didalam blog anda, terutama jika anda menggunakan platform WordPress, tetapi anda harus melakukannya secara manual.

Matt Cuts, Pakar SEO Microsoft, merekomendasikan bahwa Webmaster menyimpan jumlah tautan internal per halaman dibawah 100, untuk SEO.

Anda dapat menggunakan metode metode manual dengan menaruh kata kunci Baca Juga: konten anda, disetiap 4 paragraf didalam postingan anda, dan juga menautkan per kata kunci berdasarkan kategori.

6. Promosikan konten anda

Konten yang hebat tidak akan memberikan anda backlink kecuali anda tahu cara mempromosikan konten itu dengan benar. Anda harus keluar dari zona nyaman anda dan mulai melakukan promosi untuk artikel terbaik anda.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Panjang Untuk Blog

Salah satu strategi terbaik untuk melakukan promosi konten adalah dengan menghubungi blogger atau situs web yang menjalankan pengumpulan artikel mingguan atau bulanan.

Sekali lagi, anda dapat menggunakan Google untuk membantu anda mencari kueri berdasarkan waktu. Pastikan anda memilih untuk mencari kueri terkait berdasarkan mingguan atau bulan terakhir.

7. Tulis testimoni

Metode mudah untuk memperoleh backlink berkualitas adalah dengan menulis testimoni sebuah situs web yang anda gunakan. Anda hanya perlu menghabiskan beberapa menit untuk memperoleh tautan ke situs web atau blog beranda anda secara resmi.

Selama anda menjadi pelanggan dari produk itu, ada kemungkinan besar anda bisa memperoleh tautan dengan imbalan testimoni.

8. Hubungi jurnalis atau blogger lain

Anda bisa memperoleh tautan ke situs web anda dengan cara menyebarkan berita tentang bisnis yang sedang anda bangun. Jika anda seorang blogger, anda juga bisa menggunakan forum-forum besar seperti detikcom, kaskus dan lain sebagainya.

Anda bisa menghubungi mereka melalui email dan juga nomor telepon. Tetapi ini cukup sulit, tetapi ada caranya. Berikut cara menemukan email siapapun:

  • Lebih dari 90% alamat email di publikasi dengan format sebagai berikut: paulipu@website.com atau spaulipu@website.com. jika sudah, silahkan kirimi email berdasarkan maksud anda secara langsung
  • Jika format diatas tidak berfungsi, gunakan alat seperti Voilanorbert, Thrust.io atau emailfinder.io dengan cara cukup masukan nama orang yang ingin anda coba hubungi dan situs web dimana mereka bekerja
  • Atau, anda dapat mengirimi pesan lewat media sosial seperti Facebook, Instagram dan LinkedIn

Pertimbangkan hal ini saat menghubungi mereka, ingat: nada harus pendek dan langsung to the point. Jangan bertele-tele. Tidak ada orang yang punya waktu untuk email yang panjang dan membosankan dari orang yang tidak dikenal alias stranger.

9. Berdonasi

Ya, anda bisa memperoleh backlink dengan menyumbang ke organisasi nirlaba. Metode ini cepat dan mudah dilakukan. Yang harus anda lakukan adalah dengan menemukan situs web yang cocok dengan niche blog anda.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Yang harus anda lakukan adalah dengan menemukan sebuah situs web organisasi yang menerima sumbangan dan menautkan kembali ke situs yang telah disumbangkan. Cukup kirimkan jumlah donasi yang anda inginkan dan tulis URL situs web anda.

Anda dapat menemukan situs web ini dengan format pencarian di Google sebagai berikut:

  • Halaman kontributir + donasi + kata kunci
  • Donasi + Kontributor + kata kunci
  • Halaman Kontributor + donasi + kata kunci

10. Wawancara

Wawancara online sedang panas-panasnya saat ini, dan ini sebenarnya adalah cara yang sangat bagus dan mudah untuk memperoleh backlink ke situs web anda sendiri.

Jika anda seorang blogger, anda bisa mengikuti langkah-langkah wawancara, menghubungi admin blog, mengatakan kepada mereka tujuan anda, dan lain sebagainya.

Juga anda bisa mencari situs web yang sedang mengadakan wawancara dan ingin berkontribusi ke blog mereka.

Penutup

Memperoleh backlink yang berkualitas terkadang sangat sulit dilakukan, tetapi anda dapat dengan mudah menemukan peluang membangun backlink dengan metode dan teknik yang saya kemukakan diatas.

Itu adalah salah satu teknik umum tentang cara cerdas memperoleh backlink berkualitas untuk blog. Bahkan, metode-metode yang anda gunakan tersebut, atau yang sedang kita bahas disini cukup mudah dilakukan.

Pada akhirnya, selalu ingat, memperoleh backlink sama pentingnya dengan membangunnya, jagi pantau terus backlink yang dapatkan. Untuk memantau backlink anda bisa menggunakan alat seperti Monitor Backlinks, Ahrefs atau Majestic.

Nah demikian artikel tentang 10 cara cerdas memperoleh backlink berkualitas untuk blog. Jangan lupa masukan pendapat anda terkait dengan postingan ini di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *