Ciri-Ciri Backlink Berkualitas Tinggi

5 Likes Comment
backlink berkualitas tinggi

Memperoleh backlink berkualitas tinggi untuk blog adalah salah satu hal yang bisa membuat blog kita mendapatkan tempat yang lebih baik di mesin telusur Google.

Banyak orang yang kemudian memandang sekilas tentang pemahaman ini, salah satunya adalah pandangan bahwa mendapatkan backlink dari suatu blog tua bahkan blog tinggi mempunya dampak terhadap SEO blog kita sendiri.

Pandangan seperti ini adalah pandangan yang sepenuhnya salah. Yang mungkin tidak kita ketahui adalah backlink berkualitas tinggi itu bukan seperti yang dimaksud diatas.

Beberapa orang juga terpaku pada upaya untuk mendapatkan backlink seperti .gov [go.id] hingga backlink .edu [ac.id] untuk blog mereka tersebut.

Backlink diatas adalah backlink yang paling banyak di cari oleh blogger. Lalu apakah itu merupakan backlink berkualitas tinggi? Tentu saja salah.

Baca Juga : 10 Cara Memperoleh Backlink Berkualitas Untuk Blog

Jangan terlalu percaya pada pemahaman backlink berkualitas tinggi dari backlink seperti diatas, karena itu salah. Untuk lebih memahami apa itu backlink berkualitas tinggi berikut saya hadirkan ciri-ciri backlink berkualitas tinggi.

Anda boleh percaya boleh juga tidak. Ini menurut pandangan saya sendiri, sebeb saya sudah menerapkan strategi backlink seperti yang diusulkan oleh blogger lain.

Tapi tidak berhasil mendongkrat posisi saya di SERPs. Setelah melakukan percobaan akhirnya saya sadar bahwa backlink berkualitas tinggi itu adalah sebagai berikut :

1. Dari blog dengan DA dan PA yang lebih tinggi

Ini adalah salah satu parameter backlink berkualitas tinggi. Jika anda mendapatkan backlink terus yang ngasih backlink itu DA dan PAnya masih sedikit alias hanya berjarak 1-2 digit dengan DA dan PA anda, maka tidak akan terlalu berpengaruh.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Domain Authority Blog Turun

Tetapi jika backlink yang didapatkan itu dari blog dengan Da dan PA yang jaraknya 10 hingga 30, maka sudah dipastikan bahwa backlink yang didapatkan itu bagus dan berkualitas.

Tapi, apakah ini berkualitas tinggi? Saya rasa nggak. Karena ada kriteria lain yang harus dimasukan agar backlink tersebut disebut backlink berkualtias tinggi.

2. Backlink diberikan secara cuma-cuma

Nah ini yang paling sulit didapatkan. Jangan sangka, meskipun backlink yang anda dapatkan itu dari situs dengan DA dan PA blognya tinggi, tapi kalau gak diberikan Cuma-Cuma maka backlinknya tidak dapat disebut backlink berkualitas tinggi.

Saya sudah merangkum 4 jenis backlink yang gak masuk dalam kriteria ini antara lain:

a. Backlink yang diperoleh dengan menjadi guest post

Ini memang adalah salah satu strategi membangun backlink yang paling umum. Guest post memungkinkan kita untuk mendapatkan backlink, tapi ini bukan backlink berkualitas tinggi.

b. Tautan profil

Tautan profil juga memungkinkan kita mendapatkan backlink. Tapi sekali lagi ini tidak termasuk backlink yang berkualitas tinggi [malahan masuk dalam kriteria backlink spam untuk kasus tertentu].

c. Membeli atau membayar backlink

Saya sering melihat blogger lain, yang tidak mau saya sebutkan namanya, menarik biaya untuk mendapatkan backlink.

Saya sendiri pernah menggunakan jasanya untuk salah satu blog saya. Tapi, tidak ada dampak yang saya dapatkan dari sana [malah rugi].

Dari situ saya berpikir bahwa Google tahu backlnk yang kita peroleh itu apakah backlink yang baik atau gak, atau backlink yang dibeli atau gak.

Setelah 3 hari saya membeli backlink tersebut dengan harga ribuan, saya melihat posisi rata-rata blog di Console, Ahrefs dan lain sebagainya. Tidak ada dampak.

Bahkan backlink yang saya dapatkan itu tidak masuk dalam kriteria backlink yang berkualitas [belum lagi backlink berkualitas tinggi] oleh beberapa tools terpercaya.

Jadi, saya sarankan, usahakan untuk mendapatkan backlink yang natural saja.

d. Dll

Diatas adalah backlink yang diberikan secara Cuma-Cuma. Saya hanya menyebutkan 3 contoh saja, karena saya yakni anda pasti sudah mengetahui contoh selanjutnya.

Dari sini anda bisa menyimpulkan satu hal, bahwa backlink macam jenis diatas tidak memiliki dampak yang signifikan untuk blog, melainkan hanya meningkatkan keterhubungan blog anda.

3. Backlink yang tertarget

Backlink yang diberikan secara Cuma-Cuma adalah backlink yang tertarget. Ini adalah jenis backlink yang berkualitas tinggi.

Seperti begini, anda mendapatkan backlink dari suatu blog, dan backlink yang didapatkan itu hanya tautan situs di akhir artikel.

Ini jelas bukan backlink yang tertarget. Backlink yang tertarget itu yang diberikan dari anchor textnya dan bukan pada nama situs diakhir artikel.

Anchor textnya juga memiliki pengaruh. Sebab, jika Google mencrawlnya, mereka akan melihat anchor text apakah sesuai dengan topik artikel atau gak.

Jika sesuai, mereka akan memberikan penilaian yang lebih untuk blog anda. Penilaian ini akan memiliki dampak langsung pada posisi artikel tesebut di serps.

4. Anchor text

Diatas sebenarnya saya sudah menyinggung tentang hal ini. Tapia da hal lain yang belum saya singgung disitu dan mungkin anda pengen tahu apa itu.

Anchor text memiliki dampak yang signifikan terhadap backlink. Dua hal ini adalah parameter pertama untuk menilai berkualitas tidaknya sebuah backlink.

Jika anchor textnya tidak sesuai dengan target keyword dari konten maka dapat dipastikan itu bukan backlink yang tertarget.

Begitupun sebaliknya, jika anchor yang ditempatkan tidak sesuai dengan backlink maka itu bukanlah backlink yang berkualitas. Jadi pastikan agar dua hal ini memiliki keterkaitan.

Misalkan begini, backlink yang anda peroleh secara memiliki anchor text cara menang lomba fotografi, sementara backlinknya adalah https:/contohfoto.com/cara-menang-lomba-fotografi berarti backlink yang didapatkan itu berkualitas.

Karena anchor textnya sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Dan ini dilakukan secara Cuma-Cuma, tanpa bayaran dan memang dijadikan sebagai referensi konten serta tidak ditempatkan dibagian akhir artikel.

5. Backlinknya hanya Satu

Nah ini yang paling penting. Backlink berkualitas itu hanyalah satu. Alias hanya backlink yang mengarah ke konten tertentu dan bukan pada homepage atau laman.

Jadi, kalau anda ingin mendapatkan backlink yang berkualitas, usahakan backlink tersebut hanya satu, dengan anchor text yang sesuai serta diberikan secara Cuma-Cuma. Kalau sudah begitu, maka anda bisa menyebutnya sebagai backlink yang berkualitas.

Penutup

Strategi membangun backlink seperti juga sebuah strategi untuk menarik pengunjung datang ke blog anda.

Yang berarti, strategi yang anda lakukan itu tidaklah mudah. Kita kemudian menekankan pada pembangunan backlink yang acak sehingga tidak mampu memperhatikan mana backlink yang berkualitas dan mana yang tidak.

Yang tanpa anda sadari, 5 kriteria diatas adalah ciri dari backlink yang berkualitas. Kalau memunuhi semua kriteria tersebut, maka backlink tersebut dapat disebut sebagai backlink berkualitas tinggi.

Mengapa harus memenuhi kriteria diatas, sebab, saat ini, mendapatkan backlink sudah gak terlalu susah. Sehingga Google sangat memperhatikan kualitas backlink untuk menilai kualitas blog anda.

Tapi ingat, jangan sesekali membeli backlink. Usahakan juga agar anda membangun backlink secara natural dan tidak dibuat-buat.

Jangan lelah buat konten, jika konten anda sudah banya, maka backlink akan datang dengan sendirinya. Jika sudah begitu, berarti kredibilitas blog anda sudah baik di SERPS.

Nah demikian artikel tentang ciri backlink berkualitas tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *