Ini Arti Kode SSSS Yang Terdapat di Boarding Pass

1 Like Comment
arti kode SSSS

Salah satu kode yang cukup jarang ada di boarding pass adalah kode SSSS. Sebenarnya apa sih fungsi kode SSSS ini? Mengapa ada di boarding pass? tujuannya apa? baca selengkapnya di artikel ini.

Bepergian dengan pesawat terbang adalah salah satu kegiatan yang cukup lazim di jaman ini. Selain waktu tempuh yang cepat, kenyamanan dan pelayanan yang diberikan saat bepergian membuat mode transportasi ini menjadi sangat populer.

Namun terkadang, ada saja kendala yang dihadapi saat bepergian. Apalagi jika tujuannya ke luar negeri. Salah satu kendala itu adalah boarding pass yang digunakan.

Bukan boarding pass sih, tepatnya kode yang terdapat pada boarding pass. Kode tersebut adalah SSSS. Dan mungkin belum banyak yang tahu fungsi kode yang satu ini.

Arti kode SSSS yang terdapat di boarding pass

Boarding pass sebenarnya adalah istilah merujuk pada dokumen yang harus digunakan saat akan menaiki pesawat terbang.

Dokumen ini biasanya disiapkan oleh pihak maskapai, dengan menggunakan data-data penumpang dengan valid.

Dalam boarding pass ini terdapat berbagai banyak kode. Setiap kode itu memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Untuk penerbangan domestik, boarding pass bisa menunjukan nomor seat [tempat duduk], nama pesawat, barcode dan beberapa kode khusus lain.

Untuk penerbangan ke luar negeri, terlebih khusus penerbangan ke Amerika Serikat, ada satu kode khusus yang sering ditempel oleh pihak maskapai yakni kode SSSS.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

SSSS sebenarnya bukanlah kode melainkan akronim atau kepanjangan dari Secondary Screening Security Selection [seleksi pemeriksaan ekstra]

Fungsi kode ini untuk menunjukan bahwa penumpang yang bersangkutan diduga merupakan pelaku kejahatan, penyelundup, pengedar narkoba, pembawa penyakit menular berbahaya dan lain sebagainya.

Kode SSSS ini sendiri mulai berlaku sejak tahun 2017 lalu dan digunakan sebagai metode seleksi keamanan ekstra untuk penumpang dengan tujuan penerbangan ke AS.

Kode ini juga bisa didapatkan oleh penumpang secara acak. Menurut pernyataan dari TSA sebuah lembaga administrasi keamanan transportasi [Transportation Security Administration], menyebutkan bahwa fungsi kode ini untuk menyaring penumpang berdasarkan risiko yang dibawa.

Resiko tersebut diukur berdasarkan skala prioritas dari rendah, sedang dan tinggi. Pihak maskapai biasanya bekerja sama dengan pihak keamaman seperti FBI untuk mencocokan daftar nama yang dipantau.

Oleh karena itu, jika kebetulan anda sedang bepergian ke AS lalu di boarding pass anda terdapat kode ajaib ini, ada kemungkinanan anda sedang dipantau oleh pihak kemananan bandara.

Dengan kata lain, anda akan mendapatkan pemeriksaan ekstra ketat. Selain itu, barang-barang bawaan anda akan diacak-acak, diperiksa dengan teliti dan rinci, anda juga akan mendapatkan drug test, body scan secara menyeluruh dan prosedur keamanan lain.

Namun, apabila tidak didapat hal-hal yang mencurigakan, ada kemungkinanan anda akan tetap dipantau, namun dengan prosedur yang berbeda.

arti kode ssss di boarding pass
Pesawat adalah mode transportasi paling populer di abad ini via bungkul.com

Dan apabila didapati hal-hal yang mencurigakan, maka siap-siap saja ‘menginap’ bersama dengan pihak berwajib.

Saat ditahan, anda juga akan mendapatkan pemeriksaan dan penyelidikan yang intensif, meskipun mungkin anda tidak sedang melakukan kejahatan atau membawa penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, saat bepergian sebaiknya persiapkan dengan matang. Anda juga harus punya tujuan dan keperluan yang jelas.

Baca Juga : 6 Derita Saat Jadi Fotografer Pernikahan di Kampung

Jika anda pergi beregu atau berombongan, langsung informasikan kepada ketua tim agar bisa mendapatkan bantuan.

Kode SSSS ini juga digunakan untuk anda yang memiliki kecenderungan nama dengan pelaku tindak kejahatan yang sedang dicari oleh pihak berwenang.

Lebih ajaibnya lagi, pembelian tiket last minut one way atau pembelian tiket pesawat di menit-menit terakhir dan terkesan terburu-buru, juga bisa membuat boarding pass anda mendapat kode nan ajaib ini.

6 tips agar boarding pass tidak terdapat SSSS

Jika anda sedang berencana bepergian ke AS, dan untuk menghindari adanya kode SSSS ini di boarding pass, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Antara lain:

1. Belilah tiket jauh-jauh hari
boarding pass
via kompas.com

Membeli tiket jauh-jauh hari bisa menunjukan bahwa anda tidak terburu-buru melakukan perjalanan. Dalam artian, perjalanan itu sudah disiapkan dan direncanakan dengan matang.

Minimal anda membeli tiket tiga hari sebelum keberangkatan. Jika anda membeli 1 minggu sebelumnya tidak apa-apa, asalkan jarak keberangkatan dan pembelian tiket tidak terlalu jauh.

2. Pastikan anda tahu tujuan keberangkatan
boarding pass
via bungwirno.my.id

Bepergian ke luar negeri mungkin adalah trend yang cukup hits saat ini. Tapi pastikan dulu anda tahu dengan pasti tujuan anda bepergian.

Jika tujuan anda bepergian untuk traveling ke AS, pastikan rencana traveling anda matang. Misalnya, anda sudah punya list tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi.

Juga, tempat menginap atau hotel yang akan ditinggali selama berada ditempat tersebut. Hal ini juga berlaku jika anda bepergian untuk tujuan bisnis.

3. Jangan bawa barang-barang yang mencurigakan
boarding pass
via travellingking.com

Ya usahakan hindari membawa barang-barang yang mencurigakan, terlebih jika anda sedang berencana untuk liburan di AS.

Barang-barang mencurigakan itu seperti apa? Seperti barang-barang ilegal, Napza, benda tajam dan lain sebagainya.

Kalau kebetulan anda bepergian ke sana untuk tujuan berobat, sebaiknya urus perlengkapan administrasi yang dibutuhkan.

Baca Juga : 6 Etika Saat Membuat Artikel di Blog

Pastikan juga agar anda membawa barang-barang yang tidak berlebihan atau sesuai dengan kebutuhan anda selama bepergian.

Oh iya, lakukan hal yang sama juga saat anda kembali. Jangan bawa barang terlalu banyak, terlebih untuk barang-barang belanjaan.

Yang mungkin membuat anda berurusan dengan pihak bea cukai karena bisa saja anda akan di denda karena barang-barang tersebut.

4. Pastikan anda fit sebelum bepergian
boarding pass
via idntimes.com

Jika tujuan bepergian untuk traveling, pastikan tubuh anda sehat. Karena kalau tidak sehat tentu bisa mengganggu perjalanan dan aktivitas anda.

Juga, daya tahan tubuh yang sehat membantu anda untuk bisa menyesuaikan dengan wilayah yang dikunjungi sekaligus untuk menghindari kontaminasi penyakit atau wabah tertentu yang mungkin sedang berkembang di tempat tujuan.

5. Selalu bawa dokumen-dokumen penting
boarding pass
via indonesia.go.id

Jika bepergian ke luar negeri, jangan lupa bawa identitas-identitas pribadi yang penting, seperti misalnya paspor atau visa kunjungan.

Juga, dokumen-dokumen kunjungan penting lain yang mungkin bisa menyelamatkan anda saat keadaan-keadaan genting semacam ini.

6. Urus data-data keimigrasian
imigrasi
via bungkul.com

Nah, ini yang paling penting. Sebelum bepergian, apalagi ke luar negeri, selalu pastikan untuk mengurus dokumen-dokumen keimigrasian.

Dokumen-dokumen inilah yang bakal anda bawa ke tempat tujuan. Saat sampai di negara tujuan, jangan lupa juga melapor ke petugas imigrasi.

Disini, petugas imigrasi negara tujuan akan melakukan prosedur dasar penanganan keimigrasian, yakni menanyakan tujuan berkunjung, berapa lama dan pertanyaan-pertanyaan serupa lain.

Pastikan anda menjawab seluruh pertanyaan tersebut dengan jujur. Karena itu, sangat penting untuk mengenal negara tujuan sebelum bepergian ke sana.

Penutup

Metode pemeriksaan sekunder ini juga mulai diterapkan di beberapa negara di dunia. Jika ada kode ini di boarding pass saat berangkat ke AS, sebaiknya berhati-hati.

Kalau anda merasa anda tidak berasalah dan tidak sedang melakukan tindakan kriminal, bersikaplah koperatif saat pemeriksaan.

Usahakan jangan panik. Jika panik, ada kemungkinan besar anda akan dikarantinakan oleh pihak keamanan.

Demikian artikel tentang fungsi kode SSSS di boarding pass pesawat terbang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *