5 Aplikasi Peta Langit Terbaik Untuk Smartphone Android dan iOS

15 Likes Comment
peta langit

Sebenarnya ada lumayan banyak aplikasi peta langit bagi anda yang menggunakan smartphone Android dan iOS. Beberapa diantaranya merupakan aplikasi terbaik yang wajib anda install.

Kebiasaan mengamati langit menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak dulu. Zaman dulu, mengamati langit berfungsi untuk navigasi, meramal cuaca dan menjadi penunjuk waktu untuk bercocok tanam.

Dulu, jika ingin mengamati langit manusia harus menggunakan mata telanjang. Namun sejak teleskop pertama diciptakan, banyak manusia ingin mempelajari lebih lagi tentang langit.

Kini, dengan adanya teknologi kita bahkan bisa mengamati langit hanya dengan bermodalkan perangkat komputer atau smartphone.

Aplikasi peta langit seperti daftar dibawah ini menggunakan augmented reality yang menghubungkan kamera ponsel untuk menunjukan sebuah bintang disertai dengan nama.

5 Aplikasi Peta Langit Terbaik Untuk Android dan iOS

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk mengamati langit, tapi memiliki beberapa kelemahan dari sisi interface maupun fitur yang ditawarkan.

Baca Juga : 6 Aplikasi Terbaik Buatan Anak Negeri

Sehingga, secara total hanya ada sekitar 5 aplikasi peta langit yang wajib anda coba jika anda ingin mengamati langit. Fitur-fitur yang ditawarkan pun cukup bagus dan lengkap.

Salah satu pertimbangan untuk memilih daftar aplikasi dibawah ini karena kemudahan dan juga popularitasnya. Nah berikut disajikan aplikasi peta langit terbaik untuk anda. Ini daftarnya:

1. Celestron SkyPortal

Mau Mengamati Langit? 5 Aplikasi Peta Langit Di Bawah Ini Wajib Kamu Coba

Daftar pertama adalah aplikasi buatan Colestron. Anda dapat mengunduhnya di google Play. Aplikasi ini memuat 120.00 bintang, 200 gugus bintang, nebula, galaksi, asteroid, komet hingga satelit buatan manusia.

Baca Juga : Fitur Rahasia Google Play Store Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Sejauh ini, aplikasi tersebut adalah aplikasi terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengamati langit hanya dengan menggunakan ponsel.

Sampai saat ini, aplikasi ini sudah di download oleh lebih dari 100 ribu orang dan sudah mendapatkan ulasan sebanyak 3 ribu kali.

Namun ada satu kelemahan aplikasi ini, yakni memori yang dibutuhkan. Dimana aplikasi ini memiliki ukuran 202 MB, yang berarti cukup berat jika di buka menggunakan smartphone dengan RAM kecil.

2. Stellarium Mobile

Mau Mengamati Langit? 5 Aplikasi Peta Langit Di Bawah Ini Wajib Kamu Coba

Ini adalah sebuah aplikasi planetarium digital pertama yang memilki fitur lengkap untuk handphone anda. Aplikasi ini dapat menunjukan peta lagit secara akurat seperti yang anda saksikan dengan mata telanjang, binokuler ataupun teleskop.

Ada juga kontrol sensor yang dapat membantu pengguna untuk mengenali sebuah bintang dalam beberapa detik saja. Cara menggunakannya juga mudah, karena pengguna hanya perlu mengarahkan ke langit.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menginstal Aplikasi di Smartphone

Sayangnya, ada satu kelemahan aplikasi ini yakni untuk dapat mengakses semua fitur anda harus berlangganan ke versi premium dengan harga sekitar 47 ribu.

Ada dua versi untuk aplikasi yang satu ini yakni Stellarium Mobile Sky Map dan juga Stellarium Mobile Plus – Star Map.

3. Star Chart

Mau Mengamati Langit? 5 Aplikasi Peta Langit Di Bawah Ini Wajib Kamu Coba

Kerennya, aplikasi yang satu ini adalah pengguna bisa melakukan perjalanan waktu hingga 10.000 tahun ke depan atau ke belakang. Aplikasi ini juga dapat mengubah lokasi anda saat mengamati peta langit.

Beberapa fitur tambahan juga tersedia namun berbayar. Fitur tersebut adalah katalog dari ratusan ribu bintang, hujan meteor, komet dan lain sebagainya.

Hingga saat ini aplikasi ini sudah di download oleh lebih dari 10 juta orang dan akan terus bertambah dan sudah memperoleh 138 ribu ulasan.

4. Star Walk 2

Mau Mengamati Langit? 5 Aplikasi Peta Langit Di Bawah Ini Wajib Kamu Coba

Aplikasi peta bintang selanjutnya adalah Star Walk 2 yang bisa digunakan semua orang. Kelebihan dari aplikasi ini adalah grafisnya yang menantang dan tidak memakan banyak memori ponsel.

Baca Juga : Cara Cek Keaslian Ponsel Android dan iPhone

Ada tiga keunggulan utama aplikasi ini yakni fitur untuk melihat peta langit, mencari konstelasi bintang dan juga melacak satelit. Aplikasi ini sudah di download lebih dari 10 juta orang di Playstore dan akan terus bertambah.

5. Night Sky Lite

Mau Mengamati Langit? 5 Aplikasi Peta Langit Di Bawah Ini Wajib Kamu Coba

Meski tergolong aplikasi ‘lite’ namun tampilannya tidak seperti aplikasi lite kebanyakan. Keuntungan aplikasi ini terletak pada fitur night sky condition, yakni sebuah fitur yang memungkinkan anda mengetahui kondisi sebuah cuaca malam hari di lokasi manapun.

Ada juga fitur Earth View 3D yang bisa membawa pengguna untuk menjelajahi bumi dengan tampilan 3D dan mampu melihat posisi satelit secara akurat.

Oh iya, semua aplikasi tersedia untuk dua versi baik Android maupun iOS dan anda bisa mendownloadnya dengan bebas. Nah demikian artikel tentang 5 aplikasi peta langit yang wajib anda coba. Semoga bermanfaat.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *