Apakah YouGov Scam?

3 Likes Comment
Yougov Scam

Tulisan ini saya buat untuk mengulas sedikit mengenai YouGov. Apakah Yougov Scam atau tidak?. YouGov adalah sebuah aplikasi Survey asal Singapura yang berani membayar kepada panelisnya sebesar IDR 200.000 lebih [kurs sekarang] atau $SDG 25.

Meski begitu, Ada beberapa kekecewaan yang saya dapatkan saat menjadi panelis di YouGov, yang akan saya kemukakan dibawah ini.

Berdasarkan pengalaman saya tersebut, saya kemudian menyadari bahwa meskipun YouGov memiliki beberapa kelemahan tetapi YouGov tidak Scam alias bisa membayar kepada panelisnya.

YouGov juga sudah memiliki kantor sendiri di Indonesia dan berlokasi di Gedung Seti aBudi 2, Jakarta Selatan. Untuk alamat lengkap, silahkan cari saja di site resmi mereka di id.youGov.com

Apakah YouGov Scam?

Pertanyaan ini terlintas dalam benak saya saat pertama kali bergabung menjadi panelis di Yougov kurang lebih setengah tahun lamanya. Sejak bergabung, saya memang mendapatkan banyak sekali survey-survey yang saya selesaikan, dengan poin yang variatif antara 60-120.

Poin itu adalah poin rata-rata yang saya dapatkan. Ada beberapa survey yang kurang atau lebih dari poin yang saya kemukakan diatas.

Baca Juga : Review Baymack, Apakah Scam atau terbukti Membayar?

Saya mencari email pendaftaran saya untuk pertama kalinya, tetapi saya sudah tidak menemukannya. Mungkin saja sudah terhapus secara tak sengaja.

Singkat cerita, pertengahan desember kemarin saya kemudian poin saya sudah ambang batas pencairan poin yakni 5000 Poin. Singkat cerita saya kemudian mencairkannya. Ini email pencairan:

Dalam email pencairan, katanya uang akan dicairkan selama kurang lebih 30 hari. Saya kemudian menunggu, sekitar 4 hari kemudian, ada email masuk dari Paypal. Isinya mengatakan bahwa saya mendapatkan kiriman uang dari YouGov. Ini isi emailnya:

Ada rasa bahagia bercampur haru saat itu!

Namun pikir saya uang otomatis masuk ke Saldo Paypal. Ternyata tidak. Dalam pemberitahuan memang tersebut memang jelas, jika uang tidak diterima selama 30 hari atau satu bulan, maka pihak PayPal akan mengembalikan ke YouGov.

Ini sebenarnya murni kesalahan saya. Karena saya tidak mengkonfirmasi penerimaan uang tersebut sehingga uangnya tidak masuk ke Saldo PayPal.

Setelah hampir 3 minggu lebih saya mengecek ke PayPal, ke Email akhirnya saya menemukan penyebab mengapa uang tidak masok ke Saldo. Karena saya tidak mengkonfirmasinya.

Konfirmasi penerimaan uang biasanya terletak dibagian akhir Email. Seperti pada gambar dibawah ini:

Akhirnya, uang dari YouGov langsung masuk ke Saldo Paypal. Namun, seperti yang saya kemukakan diatas, ada beberapa kelemahan dari YouGov antara lain:

1. Refreal hanya boleh dari medsos

Jadi meskipun anda sudah mencairkan uang anda, misalnya sebanyak 5.000 proses redeem poin memakan waktu sampai 4 hari lamanya.

Sebenarnya juga ada dua cara mendapatkan poin dari YouGov, yang pertama adalah dengan menyelesaikan Survey dan yang kedua adalah dengan mengundang teman lewat link reffreal.

Baca Juga : Cara Cepat Hasilkan Uang Dari Facebook

Tetapi, link refreal ini akan dianggap undangan invalid jika anda mengundangnya lewat Blog, dan anda hanya boleh mengundangnya lewat media sosial. Mengapa tidak bisa mengundang teman lewat blog? Saya tidak tahu persis alasannya.

2. Survey yang didapat sangat sedikit

Saya mengestimasikan, selama kurang lebih 1,5 tahun ini, saya memperoleh pulihan email survey. Jadi, dalam perhitungannya, saya bisa saja mendapatkan survey sebulan sekali. Sedikit memang!

Alasan kedua ini adalah alasan yang memang relatif, setiap orang berbeda. Jika anda adalah member baru, anda mungkin akan menadpatkan banya sekali survey dalam waktu singkat, tetapi jika anda sudah menjadi member lama, sebulan atau dua bulan sekali baru anda bisa menadapatkan satu survey.

3. Susah di Hubungi

Salah satu kendala lain adalah YouGov susah di hubungi. Jika anda menghubungi mereka, berharap saja ada yang membalas email anda tersebut.

4. Survey berbatas waktu

Survey biasanya akan habis selama 3 hari. Jadi jika selama tiga hari anda tidak mulai menjawab Survey maka survey tersebut telah hangus.

5. Susah masuk di Dashboard

BIasanya, saat setelah saya menyelesaikan Survey saya langsung diarahkan untuk melihat Dashboard saya sendiri dan berapa banyak survey yang telah saya selesaikan, poin saya dan lain sebagainya.

Tetapi jika anda keluar, dan membuka dashboard tersebut di jendela baru maka anda tidak akan bisa masuk meskipun password dan email anda sudah benar.

6. Poin yang didapat sangat kecil

Karena pencairannya harus mencapai 5000 poin, sementara poin yang didapatkan dari survey maksimal [berdasarkan pengalaman] hanya 120 maka cukup lama untuk bisa redem.

Pengalaman saya sendiri, saya harus menunggu sekitar 1,5 tahun untuk bisa redem. Hal ini merupakan kelemahan tersendiri dari YouGov. Sudah surveynya lama, poinnya sedikit.

Penutup

Tapi syukurlah, meskipun memiliki kelemahan, YouGov gak scam. YouGov benar-benar membayar panelisnya.  Sebenarnya juga, saya telah membuat artikel lain tentang YouGov yang isinya tentang Cerita Gajian dari YouGov. Silahkan baca artikel tersebut.

Demikian artikel tentang YouGov: apakah Scam? Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *