Misteri Anak Yang Mempunyai Gigi Emas Asli

3 Likes Comment
anak dengan gigi emas

Sebuah artikel yang ditulis pada tahun 1593, yang mengatakan bahwa seorang anak laki-laki Silesia, Christoph Müller, yang baru berusia tujuh tahun, memiliki gigi emas.

Anak ini kemudian dikenal sebagai anak dengan gigi emas. Gigi itu tumbuh seperti gigi biasa yang dimiliki orang.

Jakob Horst, seorang profesor kedokteran dari Julius University di Helmstedt, kemudian memutuskan untuk menyelidiki kebenaran informasi ini.Dia menemukan anak itu memang memiliki gigi emas yang terpasang kuat di rahangnya.

Tes dengan batu uji (tablet kecil dari batu gelap di mana logam lunak seperti emas) menegaskan emas itu nyata, meskipun tidak terlalu kualitas. Horst bahkan mengatakan bahwa emas itu adalah emas Hungaria.

Risalah Anak Gigi Emas

anak dengan gigi emas
via hoaxes.org

Risalah tentang anak dengan gigi emas itu ditulis Horst sebanyak 145 halaman dengan judul De aureo dente maxillari pueri Silesii (The Golden Tooth of the Boy dari Silesia), disitu ia juga menghubungkan dengan aspek astrologi.

Disebutkan disitu bahwa anak itu lahir pada 22 Desember 1585, ketika ada perataan planet yang langka dan telah meningkatkan suhu matahari.

Baca Juga : Istilah dan Referensi Hoax

Hal itu menyebabkan rahang anak itu berubah menjadi emas. Dia juga berpendapat bahwa gigi itu adalah tanda bahwa suatu peristiwa penting akan datang: fajar zaman keemasan baru untuk Kekaisaran Romawi Suci.

Namun, karena gigi itu terletak di sisi kiri anak laki-laki itu, yang dianggap sebagai sisi jahatnya, zaman keemasan akan didahului oleh banyak musibah.

Tapi, tidak semua dokter setuju dengan pendapat Horst. Duncan Liddell, seorang dokter Skotlandia yang tinggal di Helmstedt, menerbitkan analisisnya tentang kasus tersebut, Tractatus de dente aureo pueri Silesiani, di mana ia berpendapat bahwa gigi emas anak itu buatan manusia.

Baca Juga : Solar Armor Yang Membekukan Manusia

Waktu akhirnya menegaskan analisis Liddell. Tekanan harian mengunyah, dikombinasikan dengan tes berulang-ulang dengan batu uji, yang cukup untuk menekan emas dari gigi tersebut menunjukan bahwa itu hanyalah lapisan tipis logam yang dipasang dengan terampil pada gigi anak tersebut.

Mula-mula bocah itu berusaha menyembunyikan ini dengan menolak mengizinkan lelaki yang lebih terpelajar untuk memeriksa giginya.

Namun, seorang bangsawan mabuk menjadi marah ketika permintaannya untuk melihat giginya ditolak, dan dia menikam bocah itu di pipinya namun seorang dokter akhirnya datang untuk menjahit lukanya.

Christoph kemudian ke penjara, dan orang yang memasang lapisan emas di atas giginya dilaporkan melarikan diri. Meskipun pemasangan tersebut untuk alasan menipu banyak orang.

Akan tetapi gigi emas ini telah mendapat tempat yang sangat tinggi dalam sejarah kedokteran gigi. Ini dianggap sebagai kasus pertama yang di dokumentasikan tentang penciptaan gigi sebagai pengganti gigi yang tanggal atau rusak.

Tautan dan Referensi
  • Jütte, Robert. (2004). Ein Wunder wie der goldene Zahn . Ostfildern.
  • Jütte, Robert. (2007). “Keajaiban medis ditinjau kembali: debat pencerahan tentang gigi emas ajaib.” Dalam: Kedokteran dan agama di Eropa pencerahan . Grell OP, Cunningham A, editor. pgs. 196-204.
  • Spielman, Andrew. (2009). “The Boy with the Golden Tooth: A 1593 Laporan Kasus dari Moulded Crown Emas Pertama.” Jurnal Penelitian Gigi . 88 (1): 8-11.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *