Pengertian Akademi, Sejarah Dan Juga Penggunaanya

5 Likes Comment
akademik

Kata akademi [Ἀκαδημία] mungkin sudah sangat familiar bagi anda. Terlebih, bagi anda yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi alias berstatus mahasiswa atau mahasiswi sekarang ini.

Kata ini juga sering digunakan untuk menggambarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di ranah pendidikan, entah di pendidikan tinggi, menengah, pertama atau pendidikan dasar.

Meski begitu, banyak dari anda yang belum memahami pengertian akademik. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan di ulas mengenai pengertian Akademik.

Pengertian Akademi

Kata ini pertama kali muncul pada tahun 385 saat filsuf Yunani, Plato membuka sekolah Filsafat. Dalam pengertiannya, akademi dipahami sebagai suatu lembaga, institusi pendidikan tinggi yang dalam proses pengajarannya menjalankan fungsi penelitian.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Akademi dipahami sebagai lembaga pendidikan tinggi, dengan jenjang kurang lebih 3 tahun lamanya, yang bertujuan untuk mendidik tenaga-tenaga profesional dibidang yang diambilnya.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Masih dalam sumber yang sama, juga dipahami sebagai perkumpulan orang-orang terkenal yang dianggap arif dan bijaksana untuk memajukan ilmu pengetahuan, kesusastraan atau tata bahasa.

Sementara, untuk sifat dari akademi disebut dengan akademis. Pada dasarnya, sifat ini menunjukan sifat ilmiah, berpikir berdasarkan pengetahuan, bersifat teoritis dan tanpa arti praktis langsung.

Karena merujuk pada kata sifat, akademik kemudian dibagi menjadi tiga pengertian utama, antara lain:

  1. Berkaitan dengan perguruan tinggi, sekolah atau lembaga pendidikan lainnya
  2. Berkaitan dengan bidang studi yang diterapkan dan dipelajari, sebagai contoh seperti Humaniora dan matematika
  3. Suatu kaidah teoritis atau hipotesis, tidak praktis, realistis atau langsung bermanfaat bagi manusia
  4. Suatu keadaan yang merujuk pada orang yang terpelajar

Sejarah akademi

Seperti yang telah disebutkan diatas, akademi berasal dari Bahasa Yunani. Kata ini sendiri berasal dari nama seorang pahlawan bernama Akademos.

Tak jauh dari tembok kota Athena, di Gimnasium, yang terkenal sebagai tempat Plato terdapat pusat pembelajaran. Disitu, ada ruang sakral, yang menjadi tempat penyembahan untuk Dewi Kebijaksanaan Athena.

Sebelumnya, tempat tersebut dikenal sebagai hutan zaitun, karenanya, tempat ini juga kadang disebut dengan nama kebun Academe.

Ditempat ini juga, Plato berbicara kepada para pengikutnya mengenai filsafat, pemikirannya dan apa yang ia ketahui. Mirip dengan studium generale atau kuliah umum.

Sesi kuliah ini kemudian dikembangkan oleh Plato menjadi sebuah lembaga pendidikan dan pengajaran filsafat pada tahun 387, yang kemudian dikenal sebagai akademi Lama.

Dari kegiatan ini juga, kemudian dipahami bahwa akademisi [berasal dari kegiatan akademik] merupakan sebuah akumulasi pengetahuan, pengembangan serta transmisi antar generasi.

Di abad ke-17, para Sarjanawan Inggris, Prancis dan Italia menggunakan istilah yang sama untuk merujuk pada perguruan tinggi atau institusi pendidikan tinggi.

Kegiatan pengajaran yang dilakukan oleh Plato kemudian diteruskan oleh beberapa muridnya antara lain Speusippus [347-339 SM], Xenocrates [339-314 SM], Polemon [314-269 SM] dan Arcesilaus [ca. 266-240 SM].

Setelah kejayaan Romawi Awal, Akademi tersebut kemudian didirikan kembali sebagai sebuah lembaga baru yang menyebut diri mereka sebagai diadochoi atau penerus.

Penutup

Hingga kini, penggunaan kata Akademi dan sejenisnya, termasuk Akademisi, Akademis, Akademik dan lain sebagainya hampir digunakan di seluruh dunia.

Istilah ini pun merujuk pada kegiatan dan sifat-sifat lembaga perguruan tinggi, entah swasta ataupun negeri. Sementara, para pelakunya, disebut dengan akademisi.

Dengan demikian, pengertian akademik sebenarnya lebih luas daripada yang sudah diterangkan diatas karena mencakup kegiatan belajar mengajar, proses pengajaran, pengajar atau dosen dan kegiatan-kegiatan adminstratif akademik lain.

Nah demikian artikel tentang pengertian akademik dan sejarahnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *