47 Pertanyaan Terkait Dengan Air Hidrogen Aktif Dan Jawabannya

10 Likes Comment
Air Hidrogen Aktif

Saat ini, ada banyak sekali masyarakat yang belum tahu manfaat air hidrogen aktif. Begitu juga dengan ketakutan mereka dengan air yang satu ini.

Disamping itu juga, masyarakat juga sering bertanya-tanya tentang apa manfaat air hidrogen aktif untuk manusia, dan sederet pertanyaan lain yang membutuhkan jawaban.

Jawaban ini pada akhirnya dapat menghilangkan ketakutan mereka sendiri terkait dengan air yang satu ini. Selain itu juga, mereka bisa tahu apa manfaatnya.

47 Pertanyaan Terkait Dengan Air Hidrogen Aktif Dan Jawabannya

Nah berikut disajikan artikel yang membahas soal 47 pertanyaan terkait dengan air hidrogen aktif dan jawabannya. Pertanyaan apa saja itu? Berikut daftarnya:

1. Apa sih air hidrogen aktif itu?

Air hidrogen aktif adalah air yang diperkaya dengan hidrogen aktif yang dapat diminum oleh manusia karena mengandung sejumlah besar air hidrogen (H2).

Air hidrogen seperti air yang terkarbonasi dengan karbondioksida (CO2) atau air oksigen yang mengandung gas oksigen dengan jumlah yang besar. Air hidrogen aktif juga diperkaya dengan hal yang sama.

Baca Juga : 3 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Untuk membantu pemahaman anda agar lebih mudah paham, coba bayangkan seandainya anda mempunyai tabung hidrogen aktif seperti galon air minum di dispenser, yang diperkaya dengan air atau pula helium, yang terus mengembung karena diperkaya dengan hidrogen aktif.

Dan ada banyak cara untuk memperoleh air hidrogen aktif ini. Dan, contoh diatas hanya akan membantu anda untuk memahami kalau air tersebut terkonsentrasi dengan hidrogen aktif pada jumlah tertentu.

2. Apakah air biasa tidak mengandung hidrogen karena kandungan H2O-nya?

Untuk menjelaskan ini, dibutuhkan rumus sederhana. Sebagai contoh, molekul air terdiri dari dua atom hidrogen yang terikat secara kimiawi tetapi berbeda dengan molekul hidrogen (H2) dimana hidrogen hanya terikat kepada molekul sejenisnya saja.

Agar mudah mengerti biar saya jelaskan secara singkat. Dalam hidup, manusia membutuhkan oksigen (O2) jadi secara langsung manusia juga membutuhkan H2O untuk minum, kan? Alasannya karena oksigen yang ada terikat secara kimiawi dengan molekul air.

Manusia juga butuh gas oksigen bebas (O2) yang tidak berkaitan dengan atom atau molekul lain. Aturan yang sama juga berlaku untuk gas hidrogen aktif, karena sifatnya yang dapat menjenuhkan air.

Baca Juga : 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik dan Berhasil

Untuk memastikan bahwa manusia mendapatkan manfaat air hidrogen aktif, maka saat ini ada banyak alat yang dapat memproduksi air hidrogen tersebut. Asalkan, produksinya hanya dalam bentuk hidrogen bebas dan aktif (H2).

Atom hidrogen hampir terdapat pada semua jenis air sayangnya semuanya saling terikat dengan molekul lain. Misalnya dalam air, dua atom hidrogen aktif secara kimia terikat pada atom oksigen.

Dalam glukosa, molekul gula mengandung 12 atom hidrogen tetapi mereka tergabung dengan atom karbon dan oksigen.

Sementara, dalam air sifatnya diatomik (H2) yang memiliki manfaat terapeutik untuk tubuh manusia dan sering disebut dengan hidrogen molekuler.

3. Apakah air yang diperkaya dengan hidrogen bentuknya asam?

Ini adalah pertanyaan menarik! Jika air kaya dengan ion hidrogen yang bermuatan positif (H+) maka bentuknya asam. Tetapi, disini saya berbicara tentang gas hidrogen netral (H2), dimana dua atom hidrogen secara kimiawi terkait satu dengan yang lain.

Saat mendengar kata ‘air hidrogen’, banyak orang yang menghubungkan hidrogen biasa yang memiliki sifat asam, sebab ia mewakili ion hidrogen aktif yang bermuatan positif (H+).

Baca Juga : 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Mengetik

Ini adalah dasar untuk menentukan tingkat pH (indeks hidrogen): Simbol p menunjukan kekuatan dan simbol H menunjukan besaran ion hidrogen yang merupakan proton karena tidak mengandung elektron.

Dengan demikian, pH menunjukan konsentrasi logaritma dari ion hidrogen aktif. Ketika manusia berbicara tentang air hidrogen, yang dimaksud adalah tingkat jenuh air hidrogen molekuler yang netral.

4. Jika air hidrogen ditambah ke dalam air, apakah merubah sifat hidrogen itu? Misalnya menjadi hidrogen peroksida?

Air memiliki rumus H2O sementara hidrogen memiliki rumus H2O2 karena mengandung oksigen tambahan tetapi bukan air hidrogen sebagaimana yang dimaksud dalam artikel ini.

Jadi, saat hidrogen ditambahkan ke air, hidrogen peroksida tidak akan terbentuk. Karena merupakan molekul hidrogen yang tidak dapat bereaksi dengan molekul air.

Juga, tidak dapat membentuk molekul baru, seperti H4O yang secara kimiawi tidak mungkin, namun hanya mampu menjenuhkannya.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa air hidrogen aktif dan hidrogen peroksida adalah zat yang benar-benar berbeda.

5. Jika hidrogen tidak dapat larut dalam air, lantas bagaimana manusia dapat memperoleh manfaat dari air hidrogen ini?

Memang benar bahwa hidrogen tidak larut dalam air. Hal ini disebabkan oleh molekul yang terkandung didalamnya mempunyai sifat netral dan nonpolar dengan ukuran kerutan 1,6 mg/1 yang merupakan indeks yang relatif lebih rendah.

Tetapi, jika diperhitungkan soal molekul hidrogen yang merupakan molekul paling ringan di alam semesta maka perlu juga membandingkan jumlah molekul dan bukan jumlah gramnya.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Sebagai contoh, jika satu molekul hidrogen memiliki berat 2 mg maka molekul tersebut memiliki konsentrasi 2 mg/1 pada satu molekul saja.

Sebagai referensi, Vitamin C memiliki molekul 176,2 g/mol dengan berat molekul mencapai 88 kali lipat dari molekul hidrogen (2 g/mol).

Karena itu hidrogen dalam air pada konsentrasi 1,6 mg/1 lebih bersifat antioksidan dibanding 100 mg vitamin C diatas.

6. Apakah hidrogen tidak cepat menguap?

Ya hidrogen bisa menguap dengan cepat dalam air namun dalam jangka waktu tertentu. Hidrogen bisa berada di dalam air dalam beberapa jam atau sebelum konsentrasinya menurun pada tingkat terapeutik.

Yang berarti, air hidrogen sudah harus digunakan sesudah di produksi atau disiapkan. Hidrogen juga tidak mentolerir suhu yang tinggi, guncangan yang intens dan kondisi dingin hingga beku.

Hidrogen adalah gas ringan sehingga cepat menguap. Penggunaan air hidrogen secara optimal adalah 1-2 jam setelah disiapkan menggunakan alat khusus.

Disamping itu, ada juga alat yang dapat memproduksi hidrogen aktif misalnya Aparatus Lourdes. Berkat teknologi yang telah dipatenkan, hidrogen aktif juga bisa diatur untuk menunda penguapan selama beberapa waktu.

Tetapi, meskipun penguapan tersebut dapat ditunda, ia tetap tidak dapat dibawa ke dalam botol plastik atau botol kaca biasa untuk di konsumsi, misalnya saat kerja atau olahraga.

7. Berapa banyak air hidrogen aktif yang bisa dikonsumsi seseorang dalam sehari?

Sejauh ini, pertanyaan diatas masih berusaha dijawab oleh para peneliti. Sejak beberapa dekade terakhir, penelitian intens yang dilakukan ilmuwan belum bisa menjawab secara pasti pertanyaan yang satu ini.

Ada yang mengatakan sebaiknya setiap orang mengkonsumsi 1-3 mg dalam satu 1 hari. Ada juga yang mengatakan lebih, dan juga kurang dari itu.

Namun, idealnya adalah 1-3 mg. Hal ini dikarenakan pada konsentrasi tersebut, diketahui ada peningkatkan pada subjek terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan akibat radikal bebas.

Jadi, apabila air hidrogen yang anda minum mempunyai konsentrasi 1 mg maka mengkonsumsi dua liter per hari manfaat akan menjadi 2 mg pada hari kedua.

Tetapi perlu di catat bahwa untuk beberapa orang dengan penyakit yang berbeda penggunaan dengan hasil yang efektif mungkin lebih rendah atau sebaliknya.

8. Apakah mengkonsumsi air hidrogen dalam bentuk cair lebih banyak manfaatnya dibanding cara lain?

Jawaban atas pertanyaan ini adalah Ya dan tidak. Ada beberapa alasan yang harus diketahui dibalik manfaat penggunaan air hidrogen ini.

Misalnya pada konsentrasi minimum akan memberikan manfaat kesehatan secara langsung tetapi pada orang yang berbeda.

Baca Juga : Cara Edit Feed Foto di Instagram Ala Selebgram Awkarin

Yang perlu diperhatikan disini adalah seseorang tidak dapat mengkonsumsi air hidrogen dalam jumlah yang banyak karena bisa menyebabkan seseorang sesak nafas.

Dalam berbagai penelitian, efek biasanya bergantung pada dosis yang diberikan. Jadi, semakin besar konsentrasi hidrogen yang di konsumsi maka semakin banyak manfaatnya.

Namun, perlu juga diketahui, untuk pertanyaan yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut karena kebutuhan setiap orang untuk air hidrogen berbeda-beda.

9. Apakah hidrogen aman di konsumsi?

Ya dan betul. Sudah banyak yang membuktikan manfaat dari air hidrogen. Yang berarti, air ini aman untuk di konsumsi oleh manusia.

Bahkan, dalam beberapa kasus, meskipun di konsumsi pada konsentrasi yang ratusan kali lebih tinggi untuk terapi, penggunaannya tetap aman pada manusia karena efek terapeutik yang ada.

Ada beberapa contoh penggunaan air hidrogen aktif ini yang berhasil di catat oleh manusia dan yang paling fenomenal antara lain:

  • Keamanan hidrogen pertama kali di konfirmasi pada akhir tahun 1800-an saat hidrogen digunakan untuk melokalisasi luka tembak di usus seorang tentara. Dalam laporan medis disebutkan bahwa tidak ada efek racun dan iritasi yang bisa diamati bahkan pada jaringan yang paling sensitif sekalipun.
  • Contoh lain soal keamanannya adalah fakta bahwa air hidrogen telah digunakan oleh manusia untuk membantu penyelaman dan ini sudah dilakukan sejak tahun 1943 namun pada konsentrasi yang sangat tinggi guna mencegah timbulnya penyakit caisson.

Berbagai studi juga sudah menyebutkan bahwa tidak adanya efek toksin [racun] yang timbul dari hidrogen sekalipun konsentrasi H2nya lebih tinggi yakni pada kisaran 98.87% sementara O2nya lebih rendah pada taraf 1,26% dengan tekanan 19,1 atm.

Baca Juga : Darimana Sumber Penghasilan Seorang Fotografer

Selain itu, hidrogen juga memiliki sifat alamiah untuk tubuh karena dapat dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan kaya serat seperti buah dan sayuran.

Disebutkan juga, bakteri baik yang ada dalam usus manusia juga bisa menghasilkan beberapa liter hidrogen setiap hari yang memberi manfat tambahan bagi tubuh.

Fakta ini hendak memberi tahu bahwa hidrogen bukanlah zat atau sesuatu yang asing bagi tubuh karena sifat sintesisnya yang asli dan alamiah.

10. Kapan fungsi terapeutik hidrogen pertama kali ditemukan dan digunakan?

Sebenarnya, jika berangkat dari fungsi terapeutik menggunakan hidrogen pertama kali ditemukan dan digunakan untuk manusia sudah dimulai sejak tahun 1978 yang digunakan untuk terapi peradangan tubuh.

Namun, cara ini mulai populer saat sebuah studi diterbitkan pada jurnal ilmiah bergengsi dengan judul Nature Medicine yang diterbitkan oleh sekelompok ilmuwan dan dipimpin oleh Dr. Otta Warburg tentang potensi terapeutik dari air hidrogen.

11. Benarkah air alkali dapat menetralkan kelebihan asam pada tubuh manusia?

Air alkali memiliki nilai alkalinitas yang relatif rendah namun tidak dapat menetralkan sejumlah besar asam pada tubuh.

Untuk lebih memahami persoalan ini, coba dihitung dengan membandingkan satu sendok baking soda (sodium bicarbonate) yang dapat menetralisir asam sebanding dengan 10.000 liter air alkali dengan tingkat pH 10.

Untuk alasan profesionalitas medis dan untuk alasan khusus lain, masih butuh penelitian lebih lanjut, terlebih soal ionisasi air alkali ini sendiri.Meski sejak tahun 2007 lalu, diketahui bahwa penggunaan air alkali terjadi akibat saturasi hidrogen.

12. Berapa sih nilai pH air hidrogen?

Air hidrogen dapat diproduksi dari air konvensional. Produksi ini terjadi dengan bantuan generator air hidrogen khusus dan memiliki pH netral diantara 7-8.

pH ini sesuai dengan standar kebutuhan tubuh manusia untuk air hidrogen. Saat ini juga sudah banyak perangkat yang mampu memproduksi air hidrogen dengan sifat ionizernya.

Ionizer air sebenarnya dirancang untuk mengubah nilai pH air. Alat ini bekerja dengan cara elektrolisis tradisional. Namun cara ini hanya menghasilkan hidrogen (H2) secara minimal saja.

13. Apakah benar semua penyakit yang ada pada tubuh berasal dari asam dalam darah?

Tingkat pH darah pada tubuh manusia akan turun dalam waktu sehari. Penurunannya mencapai 7,35 – 7,45. Yang berarti, tingkat pH darah masih digambarkan secara kaku dan terus-terusan diatur skalanya oleh tubuh.

Dalam ilmu fisiologi, jika pH darah turun dibawah 7,35, maka kondisi tersebut masuk dalam kriteria asidosis. Sementara, manusia dengan tingkat pH 7,1 termasuk pada kategori basa.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Selain itu, apabila seseorang dengan jumlah pH darah dibawah <7 sangat jarang ditemui karena tidak kompatibel dengan unsur-unsur kehidupan.

Jadi, meskipun seseorang yang menderita penyakit tertentu berada pada kondisi asidosis mereka pH dalam darah masih masuk dalam kategori basa.

Tetapi, tentu saja, tingkat pH dalam darah yang rendah dapat mengganggu kesehatan sehingga membutuhkan perawatan intensif.

14. Benarkah Dr. Otto Warburg memenangkan Nobel yang membuktikan bahwa penyebab utama kanker karena kelebihan asam, kekurangan oksigen dan radikal bebas dalam jumlah banyak?

Dr. Otto Warburg
via helloearth.info

Sebenarnya bukan karena itu Dr. Otto Warburg memenangkan Nobel. Sepanjang hidupnya ia telah melakukan banyak penelitian tentang kanker menggunakan ciri pengamatan sederhana.

Dari situ Ia berhasil menemukan bahwa sel dapat menjadi kanker namun bergantung pada glikolisis sebagai sumber energi yang memang dapat meningkatkan jumlah produksi asam pada tubuh seseorang.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Namun, ia tidak menerima hadiah nobel karena itu. Bukan juga karyanya tentang kanker yang dapat tumbuh dengan baik di lingkungan dengan kandungan oksigen dan alkalin tinggi meski tubuh sedang hipoksia atau anaerobik.

Pada tahun 1931, Dr. Otto Warburg menerima Nobel atas karyanya tentang sifat dan cara kerja enzim pernafasan yang sekarang dikenal sebagai oksidasi sitokrom yang memungkinkan elektron mentransfer oksigen selama periode metabolisme aerobik terjadi.

15. Apakah mungkin mengkonsumsi air hidrogen dalam jumlah besar?

Tidak seperti oksigen biasa yang dapat menyebabkan reaksi oksidatif pada tubuh. Penggunaan hidrogen sangat berguna bagi tubuh.

Karena hidrogen tidak berdifusi pada tubuh, maka ia akan berubah menjadi gas yang keluar dari saluran pernafasan selama proses ini terjadi. Dan juga, ia akan dieksresikan [dikeluarkan] lewat keringat, air seni dan juga air liur.

16. Bagaimana rasa air hidrogen ?

Hidrogen tidak memiliki bau dan warna. Dibandingkan dengan air biasa, rasa jenuh air hidrogen tidak berubah. Dan itu lebih mudah diminum. Yang berarti, rasa air hidrogen tidak memiliki rasa.

17. Berapa lama air hidrogen dapat disimpan?

Dalam kondisi paling baik adalah meminum air hidrogen setelah disiapkan. Hidrogen tidak dapat mentoleransi suhu, getaran dan pembekuan.

Hidrogen adalah gas ringan yang dapat menguap dengan cepat. Penggunaan air hidrogen secara optimal adalah 1-2 jam setelah disiapkan. Lebih cepat lebih bagus.

18. Mengapa perlu minum air hidrogen?

Air hidrogen memiliki efek terapeutik untuk pengobatan untuk berbagai jenis penyakit dengan sifat antioksidan dan secara selektif menghilangkan radikal bebas dan melindungi sel penting dalam tubuh.

Saat mengkonsumsi air hidrogen, serupa dengan mengkonsumsi Vitamin C, E dan Polifenol secara bersamaan. Karena tiga antioksidan ini juga memiliki sifat untuk melawan radikal bebas dan juga makanan yang mengandung racun.

Baca Juga : Pengen Belajar Fotografi? Baca Panduan Lengkapnya Disini

Disisi lain, hidrogen mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga memungkinkan penyerapan dan biovailabilitas lebih tinggi dibanding antioksidan lain.

Hidrogen juga bereaksi dengan oksigen yang reaktif dan berbahaya. Juga, mengubahnya menjadi air bersih yang mudah terekskresikan lewat keringat atau urin.

19. Apakah bisa menggunakan air hidrogen untuk memasak?

Sebenarnya bisa. Apabila anda menggunakan air hidrogen untuk memasak bisa menghilangkan kandungan kimia dan pestisida berbahaya dari makanan.

Namun, cara ini juga disarankan. Karena sifat air hidrogen itu sendiri yang cepat menguap. Tapi, anda dapat menggunakan air hidrogen ini untuk merendam beras dan buah-buahan.

Terlebih, buah-buahan dengan tingkat kandungan pestisida tinggi seperti sayur Kol. Untuk diketahui, air hidrogen lebih cepat mendidih dibanding air biasa.

20. Apakah air hidrogen aman dikonsumsi ibu hamil dan bayi?

Air hidrogen tidak mengandung kontradiksi atau efek samping lain sehingga aman di konsumsi oleh setiap orang, termasuk ibu hamil dan juga bayi.

Molekul hidrogen merupakan antioksidan alami yang secara selektif bereaksi terhadap radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga : Syarat, Kelebihan, Kekurangan Dan Cara Mendaftar di Google News

Sementara hidrogen yang ada akan membentuk molekul air yang aman dan sehat sebelum diekskresikan lewat sistem ekskretoris manusia.

Air hidrogen mengandung pH netral 7-8 yang sangat cocok digunakan oleh manusia tanpa latar belakang usia, jenis kesehatan dan keadaan lain.

Namun, pembatasan konsumsi air hidrogen hanya bisa dikaitkan dengan terbatasan mengkonsumsi air secara umum dan bukan pada kehadiran H2 yang terdapat didalamnya.

21. Air apa yang bisa digunakan dalam generator hidrogen?

Untuk menghasilkan air hidrogen anda bisa menggunakan air minum biasa entah yang kemasan, galon dan lain sebagainya. Bahkan, air yang sudah anda rebus sekalipun bisa digunakan.

22. Apakah aman menggunakan air hidrogen kepada hewan?

Seperti juga manusia, hewan pun demikian. Untuk manfaat yang lebih baik, dianjurkan untuk sering mengganti minuman hewan peliharaan anda. Karena, air hidrogen cepat sekali menguap dari air terlebih pada wadah terbuka.

23. Bagaimana pH dan ORP dapat berubah setelah volatilisasi hidrogen?

Sebenarnya, tidak berubah. Karena, ph dan ORP tidak bergantung pada konsentrasi hidrogen itu sendiri namun bergantung pada proses elektrolisis. Seiring waktu berjalan, pH juga tidak akan berubah dan AFP yang dihasilkannya juga tetap positif.

24. Apakah ada cara lain untuk memperoleh air hidrogen di rumah selain menggunakan alat khusus?

Sejauh ini, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperoleh air hidrogen secara alamiah yakni menggunakan ionizer air alkali, generator air hidrogen atau batang magnesium dan juga tablet H2.

Generator hidrogen dirancang khusus untuk memproduksi air dengan pH netral dan konsentrasi tinggi hidrogen. Karena pH air tidak berubah dan tidak ada deposit mineral pada skala elektrolal yang perlu dikhawatirkan karena konsentrasi hidrogen air yang dapat menurun.

Selain itu, ada banyak model generator hidrogen baik portabel atau biasa. Semuanya alat tersebut memungkinkan anda untuk memperoleh manfaat dari air hidrogen kapan saja dan dimana saja.

Dengan alat tersebut, anda juga bisa memperoleh air hidrogen dengan konsentrasi yang tinggi dalam waktu beberapa menit.

25. Apakah boleh meminum air hidrogen setelah berolahraga?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Profesor MD Noriko Nagao yang merupakan pengajar Pascasarjana di Universitas Software Medic, Jepang menemukan bahwa penggunaan air hidrogen saat berolaharaga dapat mengurangi kerusakan DNA akibat asupan oksigen yang relatif kurang pada atlet.

Selain itu, air hidrogen juga dapat meningkatkan fungsi otot, mengurangi kelelahan dan bisa memproduksi asam laktata (penyebab rasa sakit pada otot setelah berolahraga), meningkatkan stamina, membantu mengurangi berat badan dan memperbaiki proses hidrasi.

26. Mengapa air hidrogen memiliki sifat pemberi energi?

Air hidrogen adalah air yang diperkaya dengan hidrogen (H2), dengan pH netral 7-8 dan ORP negatif. Itu berarti, air hidrogen berfungsi sebagai antioksidan yang bertujuan untuk menetralisir radikal bebas dan beracun, melindungi serta menjaga fungsi organ dan sistem pada tubuh manusia.

Akibatnya metabolisme pada tubuh manusia akan meningkat sementara makanan yang masuk ke dalam tubuh akan lebih mudah diserap.

Baca Juga : 5 Cara Mengembangkan Psikososial Anak Di Rumah

Apabila makan lebih mudah diserap maka ia akan menjadi energi sementara racun yang terdapat pada makanan tidak akan disimpan sebagai lemak.

Juga air hidrogen memainkan peran penting dalam proses peremajaan sel yang berguna bagi tubuh manusia pada tingkatan apapun.

Misalnya, pada tingkat hidrasi dan viskositas darah normal (OVP), air hidrogen akan meningkatkan transportasi zat pada tubuh sehingga stamina tubuh dapat meningkat.

27. Apakah air hidrogen bisa menurunkan berat badan?

Air hidrogen dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan dapat bertindak stabilizer untuk memperoleh nutrisi yang tepat.

Penggunaan air yang diperkaya dengan hidrogen juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, hormon dan meningkatkan sekresi hati atau fibrolast 21.

Baca Juga : Cara Dapatkan Kuota Dan Bonus Telepon Gratis dari Telkomsel

Selain itu, dapat meningkatkan faktor pertumbuhan lewat sensitivitas insulin, membersihkan glukosa dan mengurangi konsentrasi trigliserida sehingga bisa mencegah naiknya berat badan.

Juga, mengkonsumsi air hidrogen bisa membuat makanan yang di konsumsi lebih mudah diserap oleh tubuh dan energi yang didapatkan lebih cepat terserap.

28. Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa merasakan manfaat dari air hidrogen?

Air hidrogen sangat berguna bagi tubuh manusia karena mengandung molekul hidrogen dari secangkir air untuk menangkal radikal bebas yang beracun, mencegah stress oksidatif dan menjaga serta memelihara kesehatan tubuh pada tingkatan paling kecil yakni sel. Untuk hasil yang lebih baik, anda bisa meminum air hidrogen setiap hari.

29. Apakah memungkinkan mengganti air hidrogen dengan asupan vitamin dan makanan yang mengandung antioksidan?

Sebaiknya hindari hal ini karena molekul hidrogen adalah antioksidan alami yang secara efektif dapat mengaktifkan pertahanan antioksidan dalam tubuh, melengkapi serta memperkuatnya. Semua zat tersebut saling bekerja sama dengan zat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

30. Apakah bisa mencampur air hidrogen ke dalam teh atau infus?

Pada dasarnya bisa. Namun, sebaiknya hindari penggunaan air hangat yang sudah dicampur dengan air hidrogen dan bukan air matang yang sangat panas.

Untuk mencampur air hidrogen pada tubuh perhatikan juga kondisi dan suhu yang ada. Biasanya suhu maksimum dari air yang dicampur dengan hidrogen tidak lebih dari 35 derajat Celcius.

Infus juga dianjurkan untuk digunakan dalam toples atau botol berisi air ke atas dan tertutup rapat untuk mempertahankan konsentrasi air hidrogen.

31. Apakah bisa menjenuhkan jus, susu, teh dan minuman lain dengan air hidrogen langsung pada alat hidrogen?

Tidak. Alat seperti produksi air hidrogen dirancang untuk menjenuhkan air minum yang bersih. Cairan dan minuman lain itu akan membuat mesin yang ada pada alat itu rusak dan tidak dapat berfungsi lagi.

32. Bagaimana cara memeriksa konsentrasi hidrogen?

Air hidrogen molekuler yang terdapat [ada air dapat dengan mudah ditemukan melalui dua cara berikut ini. Antara lain:

a. melalui larutan biru metilen dengan koloid platinum (reagen).

Dihadapan hidrogen molekuler, setelah  reagen biru ditambahkan lalu diaduk air maka air akan kembali transparan. Satu tetes reagen direaksikan dengan 0,1 ppm molekul hidrogen sehingga dapat dihitung jumlah tetesan air.

Apabila warna air tidak berubah maka dapat diperkirakan jumlah molekul hidrogen yang terdapat pada air secara langsung.

b. Melalui pengujian alat hidrogen

Ada beberapa alat yang dapat mendeteksi jumlah air hidrogen. Pada pengujian hidrogen molekuler, nilai akan muncul pada layar yang telah didigitalisasi menggunakan tester portabel hidrogen.

Dengan cara ini, maka hasilnya dapat dihitung. Namun bergantung pada konsentrasi hidrogen yang ada pada air. Biasanya, saat mengukur konsentrasi hidrogen indikator awalnya adalah 0.

33. Apa itu radikal bebas?

Radikal bebas adalah molekul aktif yang melayang-layang dalam skala elektron. Sayangnya, radikal bebas mempengaruhi elektron lain serta mengubah komposisinya.

Jika satu elektron sudah diubah konsentrasinya oleh radikal bebas, molekul itu akan menjadi radikal bebas yang baru sehingga ada kemungkinan terjadi reaksi berantai pada molekul lain.

Saat radikal bebas menaklukan molekul lain, proses itu dikenal sebagai oksidasi radikal bebas. Hal ini juga yang menjadi utama rusaknya sel pada tubuh manusia seperti protein, membran sel, DNA dan juga RNA.

Baca Juga : 15 Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh

Setiap hari, sel dan DNA akan menyalin diri mereka sendiri dalam bilangan miliar. Semua kesalahan didalamnya juga disalin dan terakumulasi dari waktu ke waktu.

Saat sel tersebut hancur makan akan terjadi mutasi sementara yang lainnya akan mati. Radikal bebas juga dapat mengganggu fungsi jaringan seperti jaringan saraf dan organ.

Juga dapat memicu proses peradangan, kerusakan DNA (Materi genetik manusia) dan dapat menciptakan kondisi untuk manifestasi cacat lahir pada generasi selanjutnya.

Tubuh manusia tidak mampu beradaptasi dengan cepat terhadap faktor lingkungan yang terus berubah dari waktu ke waktu sehingga kerusakan sel akibat radikal bebas dapat diidentifikasi dengan penuaan awal.

34. Apa itu antioksidan?

Antioksidan adalah asisten utama dalam perang melawan radikal bebas diatas yang cenderung agresif. Tubuh manusia memiliki sistem internal perlindungan antioksidan.

Tetapi dengan jumlah besar radikal bebas dan faktor usia, antioksidan lamat-lamat akan berhenti melawan.

Sumber tambahan diperlukan seperti antioksidan yang diperoleh dari makanan dan air. Yang paling terkenal diantara antooksidan tersebut adalah asam Askorbat (vitamin C), vitamin E dan B-koroten.

Baca Juga : 6 Cara Menjaga Kesehatan Lidah Dengan Mudah dan Berhasil

Dalam jumlah besar, antioksidan ditemukan pada buah-buahan segar dan sayuran juga terdapat pada kacang, cokelat dan teh hijau.

Sementara, kadar antioksidan yang terdapat pada air hidrogen fungsinya 176 kali lebih kuat dibanding Vitamin C.

35. Apa sih keunggulan utama hidrogen dibandingkan antioksidan lain?

Dibandingkan dengan antioksidan lain, hidrogen memiliki ukuran yang kecil sehingga dapat dengan mudah menembus sel dan mitokondria dalam tubuh manusia.

Serta mudah untuk mengatasi pembekuan darah dan menjadi penghalang darah untuk mengalir ke otak serta proses restorasi sel dapat dilakukan dengan cepat.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Kesehatan

Hidrogen juga dapat menghilangkan radikal bebas yang berbahaya tanpa mempengaruhi fungsi tubuh lain. Hasil dari reaksi hidrogen dengan radikal bebas ini adalah air yang aman untuk di minum, mudah dihilangkan melalui proses dari sistem ekskretoris.

Artinya, tidak seperti antioksidan lain, hidrogen molekuler tidak meninggalkan limbah berbahaya bagi tubuh sehingga benar-benar aman untuk digunakan.

36. Apa ada efek positif yang dirasakan langsung setelah menggunakan air hidrogen aktif?

Ada beberapa efek positif dari penggunaan hidrogen aktif. Namun proses ini adalah suatu akumulasi penggunaan secara terus menerus. Sehingga, hasil yang diperoleh tidaklah instan dan cepat.

Secara umum, ada beberapa efek positif yang dirasakan oleh tubuh setelah mengkonsumsi air hidrogen antara lain :

  • Molekul hidrogen secara instan mengubah radikal hidroksil yang beracun pada tubuh menjadi air
  • Hidrogen juga dapat dengan mudah menembus ke dalam sel dan menetralkan oksigen radikal sitotoksik, sehingga melindungi DNA, RNA dan protein dari strees oksidatif
  • Hidrogen molekuler mendukung tingkat homeostatis sendiri dengan fungsi antioksidan dalam tubuh manusia
  • Molekul ini juga menghasilkan enzim tambahan seperti glutathione, siperozide dismutase, katalase dan lain sebagainya yang menjadi protein utama untuk melindungi sel-sel pada tubuh manusia
  • Molekul hidrogen berfungsi sebagai sinyal yang mempengaruhi komunikasi antar sel, metabolisme sel dan ekspresi gen
  • Dapat menghasilkan efek anti-inflamasi, anti alergi dan apoptosis, serta
  • Molekul hidrogen terkecil dikenal sebagai cluster dapat mengubah muatan listrik dalam air sehingga molekul air yang ada akan terbentuk pada kelompok yang lebih kecil dengan fungsi hidrasi vitamin tubuh dan transportasi mineral.

37. Apa saja metode untuk memperoleh manfaat dari air hidrogen?

Ada beberapa metode yang digunakan untuk mendapatkan manfaat dari air yang diperkaya dengan hidrogen aktif antara lain melalui proses elektrolisis yang memungkinkan listrik membagi air dari H2O menjadi Hidrogen (H2) dan oksigen (O2).

Reaksi air dengan logam alkali tanah adalah unsur kimia yang termasuk dalam kelompok kedua tabel periodik Mandeleyev (misalnya magnesium).

38. Bagaimana hidrogen dapat dihasilkan dari alat hidrogen aktif?

Semuanya dihasilkan menggunakan teknologi pertukaran proton yang merupakan satu-satunya metode produksi hidrogen sehingga air hidrogen aktif dapat diproduksi.

Saat tegangan listrik di pasok ke sel elektrolit, molekul air di anoda akan teroksidasi menjadi oksigen dan proton, sementara elektron dilepaskan.

Proton (H+) melewati membran proton ke katoda yang mana dapat membuat molekul ini bertemu elektron satu dengan yang lain sehingga bisa mengurangi gas hidrogen.

39. Bagaimana cara menggunakan air hidrogen?

Cara efektif dan paling sederhana untuk menggunakan air hidrogen adalah dengan meminumnya. Yang penting, air yang diminum tersebut sudah diperkayar dengan air hidrogen.

Selain diminum, ada juga beberapa cara lain untuk mendapatkan manfaat dari air hidrogen, antara lain:

  • Menghirup gas hidrogen yang memungkinkan hidrogen dapat di konsumsi
  • Injeksi larutan fisiologis jenuh dengan air hidrogen
  • Dan cara lain

40. Apakah benar air hidrogen dapat menyembuhkan seseorang dengan penyakit serius?

Betul. Air hidrogen adalah produk unik bagi kesehatan, bahkan dapat digunakan untuk meremajakan kulit dan juga untuk produk kecantikan.

Selain itu, air hidrogen juga memiliki manfaat terapeutik yang bisa membantu seseorang cepat pulih dari penyakit yang dideritannya.

Air hidrogen dapat dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat berada ditempat kerja, dengan meminum segelas air hidrogen bisa membantu meningkatkan dan mengaktifkan otak untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Saat berolahraga, air hidrogen dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga keseimbangan air pada tubuh dapat dikembalikan dalam kadar yang tepat, bisa juga meredakan nyeri otot dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Baca Juga : Cara Menghindari Hoax Kesehatan di Media Sosial

Secara ilmiah telah dibuktikan bahwa air yang diperkaya dengan hidrogen aktif akan memerangi radikal bebas berbahaya, menurunkan stress oksidatif bagi tubuh dan mencegah kerusakan DNA selama latihan olahraga yang intensif.

Seseorang dengan beban mental juga dapat memanfaatkan air hidrogen ini guna meningkatkan konsentrasi dan perhatian termasuk aktivitas otak sehingga lebih fokus dalam bekerja.

Anda juga dapat menggunakan air hidrogen ini saat berkendara. Dengan meminum segelas air hidrogen membantu anda memperoleh energi juga dapat membantu anda untuk lebih berkonsentrasi pada kendaraan di sekitar termasuk juga lalu lintas yang anda serta bisa menyingkirkan rasa kantuk.

Dalam rutinitas sehari-hari, penggunaan air hidrogen juga berkontribusi terhadap peningkatan organisme di tingkatan sel, memperkuat kekebalan tubuh serta penyerapan maksimum dari vitamin juga nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

41. Bagaimana cara untuk memperoleh manfaat dari air hidrogen untuk aktivitas dalam kehidupan sehari-hari?

Salah satu karakteristik dari air hidrogen adalah manfaatnya yang kompleks dalam kehidupan manusia. Selain untuk minum, air hidrogen juga dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan manusia, seperti:

  • Menggunakan air hidrogen untuk kosmetik yang dapat meningkatkan efektivitas krim yang digunakan dan menghambat penuaan
  • Mandi dengan air hidrogen dapat membantu seseorang lebih rileks setelah seharian bekerja, mampu menengkan sistem saraf, meredakan bengkak karena lama berdiri dan memperkuat sistem kardiovaskular termasuk pernafasan
  • Membantu meningaktkan rasa berbagai sereal, cemilan dan makanan lain serta menghilangkan zat berbahaya
  • Dapat memperpendek waktu memasak
  • Dapat digunakan untuk pemurnian buah dan sayuran juga bisa menghilangkan kandungan pestisida pada buah-buahan dan sayuran, termasuk bahan kimia lain
  • Untuk tanaman, air hidrogen juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tanaman

42. Apa itu hidrogen inhalasi?

Hidrogen inhalasi adalah cara atau metode dalam mengirim hidrogen molekuler (H2) pada tubuh manusia dimana, air hidrogen yang telah dihasilkan menggunakan alat yang dapat memproduksi hidrogen aktif akan dihirup lewat kanula hidung atau melalui headset pernafasan khusus.

43. Bagaimana proses hidrogen inhalasi terjadi?

Pada bagian tengah inhaler hidrogen serta alat alat khusus lain menggunakan metode elektrolisis membran. Dimana, air akan dimurnikan dengan cara dituangkan ke dalam tungku khusus, yang selama proses elektrolisis itu, oksigen dan hidrogen (H2) akan terurai.

Dalam proses ini, sebagian kecil hidrogen (H2) akan larut dalam air, sisanya dalam bentuk gas yang akan muncul dari kanula yang sudah terhubung ke perangkat lalu masuk ke dalam tubuh manusia lewat proses inhalasi.

44. Butuh waktu proses inhalasi hidrogen ini terjadi?

Inhalasi hidrogen akan berlangsung selama 20 menit–2 jam. Untuk prosesnya, dapat dilakukan selama kurang lebih 30-45 menit setelah istirahat malam atau saat santai.

Peningkatan konsentrasi hidrogen (H2) yang ada pada tubuh manusia juga bisa berkontribusi pada peningkatan inhalasi hidrogen.

45. Apakah mungkin menggabungkan inhalasi hidrogen dan penggunaan air hidrogen?

Sangat mungkin. Cara ini juga adalah salah satu cara paling efektif untuk memperoleh manfaat dari molekul hidrogen (H2).

46. Apakah mungkin menerima manfaat dari gas hidrogen (H2) tanpa melalui proses inhalasi?

Tentu saja bisa. Karena gas H2 memiliki sifat disipasi dan memang dianjurkan untuk memasang selang atau kanula dengan pasokan H2 sesuai dengan kebutuhan manusia.

47. Apakah ada perbedaan efek yang dirasakan antara menghirup atau meminum air hidrogen untuk tubuh?

Ketika hidrogen terhirup berarti akan lebih banyak H2 yang didistribusikan ke otot. Karena gas yang anda memiliki sifat disipasi aktif yang cukup tinggi. Juga akan terangkut oleh lemak lewat arteri.

Namun jika diminum manfaat yang didapatkan lebih banyak. Air hidrogen akan masuk lewat perut, lalu tinggal disana beberapa lama, sehingga memungkinkan H2 menembus organ yang didekatnya sebelum menyebar ke seluruh tubuh.

Penutup

Air hidrogen aktif punya banyak manfaat manusia. Selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas, juga dapat membantu meningkatkan stamina saat bekerja atau berolahraga.

Apabila anda punya pertanyaan lain seputar air hidrogen aktif ini dan belum terjawab pada artikel ini, coba tinggalkan di kolom komentar.

Nah demikian artikel tentang 46 pertanyaan terkait dengan hidrogen aktif dan jawabannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. | Referensi Institut Molekul Hidrogen

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *