9 Cara Mengoptimalkan Konten Blog Yang Terbukti Berhasil

6 Likes Comment
Cara Mengoptimalkan Konten Blog

Banyak blogger yang salah kaprah soal cara mengoptimalkan konten blog yang akan saya ulas disini. Entahlah dengan alasan apa tetapi yang jelas penerapan yang mereka lakukan didalam blog jauh dari syarat-syarat pengoptimalan konten blog yang baik dan benar.

Ini berarti banyak blogger yang menerapkan kata kunci berdasarkan apa yang mereka tahu dan bukan apa yang seharusnya dipahami dan diotpimalkan. Padahal ada banyak sekali tools di internet yang dapat membantu anda mengoptimalkan kata kunci yang memungkinkan mereka bisa meraih peringkat yang lebih baik di mesin telusur.

Sebelum postingan ini diterbitkan, disalah satu grub di Facebook telah mengulas tentang pengoptimalan kata kunci ini. Ia juga membagikan e-book tentang SEO diakhir postingannya.

Gratis!

Ebook yang dibagikan itu pada dasarnya adalah sebuah metode pengotimalan kata kunci standar dan paling umum. Maksudnya apa? Maksudnya adalah pengotpimalan kata kunci yang ia uraikan didalam ebooknya itu mengambil salah satu sudut pandang SEO.

Sudut pandang ya? Iya sudut pandang. Karena selama ini kita percaya bahwa SEO memiliki banyak aliran.

Gak!

SEO tidak memiliki banyak aliran, hanya banyak sudut pandang. SEO hanyalah sebuah metode pengotpimalan kata kunci di mesin telusur, dengan cara memprioritaskan suatu konten dengan kata kunci dominan.

Jadi, kalau blog anda baru ada satu postingan tetapi sudah duduk diperingkat pertama, itulah salah satu metode penerapan kata kunci. Dan ada faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti: Kueri unik, kepadatan kata kunci dan juga kualitas konten. Tiga bagian ini saja sudah cukup.

Cara mengoptimalkan konten blog

Tapi bagaimana dengan blog saya yang sudah memiliki banyak postingan tetapi tidak ada salah satu postingan yang muncul di halaman pertama pencarian Google? Berarti anda tidak mengoptimalkannya, tidak melakukan riset kata kunci yang baik dan benar, menargetkan keyword yang kompettif atau kualitas konten anda itu buruk atau konten tersebut pendek.

Saya disini tidak ingin bicara banyak soal strategi on-page dan off-page sebab saya tahu strategi ini merupakan sebuah strategi usang namun tetap berpengaruh pada peringkat blog. Namun tidak dimasa mendatang.

Artinya adalah anda harus mengubah strategi SEO blog anda agar tetap relevan sampai 10 tahun mendatang. Bayangkan, kata kunci yang anda targetkan itu berada diperingkat pertama pencarian Google selama 10 tahun?

Baca Juga : 5 Jenis Traffic Blog Yang Harus Dimaksimalkan Oleh Blogger

Tetapi bagaimana jika salah satu postingan anda tidak dapat masuk ke peringkat pertama pencarian Google selama 10 tahun? Lagi-lagi kita kembali berbicara soal kualitas konten. Salah satu aliran SEO bukan hanya pada tiga elemen tadi, tetapi juga pada elemen lain seperti banyaknya konten.

Banyaknya konten menjadi salah satu pengaruh untuk memperoleh peringkat di mesin telusur. Semakin banyak konten yang dibuat, semakin bagus page rank suatu blog. Sebab, page rank dipengaruhi oleh konten blog anda, sementara nilai page rank juga dipengaruhi oleh skor Domain Authority dan Page Authority.

Jadi, mana yang ingin anda terapkan?

Ada beberapa hal yang mempengaruhi SEO, dan ini adalah bagian-bagian dari alirannya. Menerapkan 1 saja dari 10 strategi pengoptimalan kata kunci sudah sangat baik untuk blog anda, apalagi jika anda menerapkan semua strateginya.

1. Banyaknya Konten

Semakin banyak konten yang dibuat semakin bagus posisi page rank blog anda. Untuk itu, rajin-rajinlah menulis konten dan buat batasan mengenai konten yang anda buat tersebut. Jangan asal buat konten, perhatikan juga konten yang anda buat. Ada beberapa cara untuk membuat konten tersebut menjadi menarik, sepert:

a. Pikirkan konsepnya

Disini anda harus memikirkan konsep dari konten yang anda buat agar sesuai dengan niche yang anda angkat. Kalau anda mengangkat tentang niche marketing maka usahakan konten-konten anda mengulas tentang marketing. Sebab ini adalah metode dasar untuk mengoptimalkan konten blog anda di kemudian hari.

Ide marketing sebenarnya adalah ide umum, didalamnya anda bisa membahas mengenai hal-hal tentang marketing seperti misalnya pemasaran digital, pemasaran online, media sosial, pemasaran video, pemasaran aplikasi dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Menulis Konten Yang Baik Dan Benar

Yang terakhir adalah prospek, berikan alasan mengapa anda mengendepankan ide pemasaran tersebut. Kalau memungkinkan, buat konten berbasis studi kasus. Sebab orang-orang lebih menyukai konten berdasarkan studi kasus.

b. Buat kerangka tulisan

Kerangka tulisan adalah bagian-bagian penting dari tulisan anda, seperti daftar isi. Kerangka inilah yang akan menjabarkan bagian-bagian tertentu dari konten anda. Dengan kerangka tulisan yang bagus dan terstruktur menunjukan bahwa tulisan anda memiliki perencanaan yang baik dan sebuah kerangka tulisan yang lebih baik menunjukan optimalnya suatu konten blog.

c. Mulai menulis

Setelah membuat kerangka tulisan sekarang saatnya untuk menulis. Tulisan yang anda buat tersebut harusnya memiliki tiga sisi utama: Sesuai dengan kerangka tulisan, menyampaikannya dengan sederhana dan menarik.

d. Editing

Bagi para blogger ini yang sering menjadi masalah. Mereka terkadang malas melakukan editing, dan ini sering terjadi untuk konten-konten tertentu didalam blog mereka, sehingga terlihat tidak rapi.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Dengan editing, berarti anda berusaha menyempurnakan konten buatan anda menjadi lebih baik, lebih terstruktur dan menyampaikan dengan bahasa dan gagasan yang terang benderang. Tahu maksudnya kan soal terang benderang? Maksudnya adalah mudah dimengerti oleh siapa saja.

e. Sentuhan akhir

Biasanya sentuhan akhir jarang dilakukan oleh para blogger dan semua orang yang bergerak ke bidang pemasaran digital. Padahal ini cukup penting. Seperti misalnya setelah melakuakn editing, tinggalkan 1-2 hari konten yang anda edit tadi lalu buka lagi dan baca kembali.

Ada banyak sekali perbedaanya. Dan sentuhan akhir ini biasanya dilakukan oleh para novelis untuk menyempurnakan novel yang mereka buat. Meski terkadang pekerjaan yang dilakukan tersebut serupa melakukan edit tetapi itu tidak masalah. Kepuasan pembaca adalah faktor utama disini.

2. Panjang Konten

Awal saya membuat blog ini, 10 artikel pertama saya dibuat diatas 2500 karakter. Ini memang panjang, tapi ini sudah sesuai dengan niche yang saya angkat yakni soal blogging. Karena memang saya mengangkat tentang hal itu, dan saya ingin bersaing di peringkat pertama mesin telusur panjang konten harus dimaksimalkan tentunya.

Tahu gak rata-rata berapa karakter untuk postingan yang membahas tentang SEO? Setelah melakukan riset singkat, rata-rata postingan SEO yang nongkrong di halaman pertama SERP itu terdiri dari 1500 karakter.

karena itu, semakin panjang konten yang anda buat semakin menunjukan kalau konten anda tersebut memiliki nilai lebih, informasi lebih dan mungkin strategi yang lebih baik lagi ketimbang blog lain.

Ini sudah pasti!

Karena itu, jangan pernah sepelekan masalah ini, apalagi jika anda bergerak dibidang yang sama, yakni konten marketing. Kalau blog anda membahas tentang tutorial, atau niche-niche lain silahkan saja. Tetapi usahakan agar anda menghukum diri anda soal panjang konten. Misalnya anda menentukan panjang konten untuk setiap artikel anda harus 500 karakter, pertahankan itu. Karena ini cukup baik untuk blog anda kedepannya.

3. Tautan internal

Salah satu elemen penting dari usaha untuk mengoptimalkan konten blog adalah tautan internal. Ini adalah salah satu strategi untuk mengoptimalkan konten blog yang paling umum. Tautan internal berarti anda mengaitkan setiap kata kunci yang sama yang sudah anda dibahas diartikel blog anda yang lain.

Banyak orang yang sebenarnya enggan menerapkan strategi ini, alih-alih karena konten mereka terbatas, mereka menerapkan strategi tautan internal acak didalam blog anda. Misalnya, dengan menerapkan stretgi tautan internal BACA JUGA…

Untuk kategori yang masih sama ini gak masalah, tetapi untuk kategori yang lain, tampaknya gak terlalu bagus.

Mengapa gak terlalu bagus?

Karena orang-orang mengunjungi suatu web untuk mencari suatu jawaban dan informasi. Visi dan google juga untuk itu yakni menyediakan informasi dan jawaban. Informasi yang jawabannya biasanya beragam dan lewat strategi tautan internal ini memungkinkan anda bisa menjawab suatu pertanyaan dengan tiga atau empat jawaban yang berbeda.  Sebenarnya soal ini saya sudah membahasnya diartikel saya tentang kanibalisasi kata kunci.

Sah-sah saja kalau blog anda membahas tentang strategi kata kunci dengan mengaitkan per kata atau dengan menambahkan tulisan BACA JUGA. Itu gak apa-apa asalkan masih relevan dengan topik yang anda ulas atau memiliki keterkaitan satu sama lain. Sebab jika tidak, sangat kecil kemungkinan orang mengkliknya.

4. Preferensi

Maksudnya apa ya? Maksudnya adalah preferensi untuk blog anda. Saat pertama kali anda membuat blog, katakanlah itu jika anda membuat blog gratisan atau blogspot. Ada bebrapa hal yang harus anda atur seperti dekskripsi. Inilah yang disebut preferensi dan ada beberapa bagian preferensi ini, antara lain:

a. Dekrispi blog dan deskripsi penelusuran

Ini seharusnya ditulis dengan dua kata yang sama persis. Seperti deskrispsi penelusuran blog saya ini.

Mengapa?

Sebab ini untuk memberi tahu Google tentang blog anda dan juga niche yang bakal anda angkat. Karena, boot google sebenarnya diatur untuk memahami isi blog. Ketika boot google kurang memahami mengenai isi blog anda, dan itu bisa saja disebabkan oleh kelakukan anda, yang akan dijelaskan pada poin 10 nanti, maka ia akan kesulitan memberikan peringkat bagi blog anda.

Alih-alih blog anda akan sepi pengunjung. Untuk itu, jangan terlalu sering berganti template blog, mengganti deksripsi penelusuran, mengedit tampilan blog, melakukan pengeditan konten secara berkala misalnya seminggu sekali dan lain sebagainya.

Tindakan kecil apapun yang anda lakukan semua berpengaruh pada metode crawling yang dilakukan Google. Sebisa mungkin untuk menghindarinya termasuk untuk kata kunci yang ditargetkan setiap konten.

b. Robots.txt, tag tajuk robots khusus dan juga ads.txt

Karena Google burusaha memahami blog anda dari setiap sudut, maka anda harus membatasinya. Dengan cara menseting robots.txt, tag tajuk robots khusus dan juga ads.txt

Setingan ini adalah setingan teknis yang cukup penting bagi blog anda. Cara kerja Robots.txt adalah untuk membuka pintu bagi Google mengcrawl blog anda, dan kemungkinan besar memberikan kesempatan bagi Google untuk mengcrawlnya lebih cepat dan lebih sering.

Sementara, robots khusus untuk memberitahukan kepada Google halaman mana saja yang bisa diindeks dan tidak bisa di indeks. Misalnya, anda hanya mengisinkan agar Google mengindeks konten anda dan tidak mengisinkan google mengindeks halaman dan arsip blog anda.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Domain Authority Blog Turun

Serta ads.txt yang menunjukan mitra periklanan yang ada didalam blog anda. Misalnya, jika anda hanya menggunakan mitra periklanan dari AdSense, maka ads.txt berfungsi untuk memberi tahu Google iklan mana yang relevan untuk ditampilkan didalam blog anda.

Tiga ciri ini adalah ciri utama tentang bagaimana Google berusaha memahami tentang blog anda. Preferensi ini sangat penting karena menjadi indikator bagi Google untuk memberikan penilaian kepada blog anda nantinya.

c. Tag kanonikal

Sejak tahun 2012 lalu, penerapan Tag Canoncial mulai digunakan oleh Google. Tujuannya adalah untuk membantu boot google melihat duplikasi konten dan link didalam blog serta memberikan peluang yang adil di search engine.

Ini juga merupakan upaya Google untuk menyiapkan informasi yang berimbang kepada para penggunanya sekaligus untuk menghindari duplikasi topik yang justru membuat hasil pencarian di SERP berulang-ulang untuk konten yang sama.

Baca Juga : 3 Tipe Broken Link Yang Berbahaya Untuk Blog

Ada beberapa cara untuk mengecek masalah ini, seperti misalnya melakukan prates tag kanonik didalam blog. Kalau ada duplikat kata kunci segera perbaiki sebab ini bisa berdampak pada konten anda yang lain.

5. Pengotpimalan Gambar

Sama seperti yang sudah dibahas diatas, pengoptimalan gambar tidak saja berputar-putar soal bagaimana menempatkan alt text dan title text didalam blog anda. Karena mengoptimalkan memiliki banyak bentuk.

Salah satu upaya mengoptimalkan gambar adalah dengan membuat gambar original atau gambar buatan anda sendiri. Bagaimana Caranya? Sederhana, ya lakukan pengeditan.

Pengeditan paling umum mungkin hanyalah mengubah ukuran gambar, bentuk gambar, dan attributnya. Tetapi, ini tentu saja tidak terlalu optimal, sebab atribut gambar tersebut tidak benar-benar terhapus. Solusinya? Buat gambar yang baru, simpan dalam format PNG.

Setelah itu baru optimalkan alt text dan title text. Disegmen ini ada bebrapa hal yang harus anda pahami:

a. alt text bertujuan untuk memberikan kategori pada gambar tersebut

Kategori itu bisanya berakitan dengan kategori dari konten buatan anda. Misalnya, jika gambar itu ditempatkan untuk konten yang membahas mengenai afiliasi marketing, maka alt textnya diberi nama dengan afiliasi marketing ini.

b. titile text bertujuan untuk memberi tahu tentang judul dari gambar tersebut

Soal ini disarankan untuk memasukan judul gambar sama dengan judul postingan yang anda buat. Jadi ketika artikel anda muncul di halaman pertama SERP, terkadang gambar juga muncul di bagian pertama penelusuran gambar.

6. Tautan Eksternal

Tautan eksternal dibagi menjadi dua bagian, yakni:

a. tautan dari blog anda yang mengarah ke blog lain

Ini adalah tautan dimana anda berusaha mereferensikan konten buatan anda, misalnya, yang didalamnya ada percakapan, dan ketika ada pengunjung yang mengkliknya maka akan diarahkan pada pernyatan tautan referensi ini.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Bagaimana membuat tautan referensi yang baik untuk blog? Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebenarnya. Misalnya, popularitas konten, relevasi tautan serta kualitas blog yang menjadi referensi anda termasuk untuk tautan yang tertarget.

b. tautan yang mengarah ke blog anda

Ini biasanya disebut backlink. Ketika anda mendapatkan backlink dari orang lain itu berarti blog anda mendapatkan kepercayaan dari orang lain sehingga mereka mengaitkan konten mereka ke konten anda.

Dua hal diatas sebenarnya saling berakitan satu dengan yang lain. Tetapi dua-duanya harus diperhatikan bahwa tautan keluar dan tautan masuk tersebut tidak datang dari blog-blog promosi, j*udi, p*rnografi dan lain sebagainya.

Sebab ini dapat membahayakan blog anda, dan menjadi indikator bahwa blog anda itu membahas hal yang serupa. Yang paling penting yang harus anda perhatikan kurangi link ke luar dan perkuat link ke dalam.

Misalnya untuk pengaturan teknisnya, anda bisa membuat konten yang diatas dari 1000 karakter ada 1 tautan yang mengarah ke luar dan 8 tautan internal yang mengarah ke konten lain didalam blog anda.

Baca Juga : Panduan Menggunakan Google Search Console Yang Baru

Jadi total ada 9 tautan didalamnya. Dan usahakan agar anda bisa memperoleh backlink dari blog-blog atau situs web besar seperti Kaskus, Detikcom dan lain sebagainya. Ini adalah metode menanam backlink yang cukup populer yang bisa anda terapkan untuk memperoleh backlink.

7. Pengoptimalan Tag H1, H2, dst…

Ini juga cukup penting, tetapi bagi blogger pemula banyak sekali yang tidak mengoptimalkan tentang tag H1, H2 dan H3 ini. Alasannya sederhana, karena mereka belum tahu apa fungsinya dan apa manfaatnya. Dibagian atas sebenarnya saya sudah menyinggung tentang bagaimana mengoptimalkan konten blog anda dengan cara memahami blog anda.

Sebab begitulah cara Google mengcrawl blog anda. Salah satu kesalahan paling umum untuk memahami mengenai blog anda tersebut adalah template yang digunakan. Dan beberapa template sudah diatur bahwa tag H1 adalah kategori atau navigasi.

Beberapa template blog yang memang tidak seperti ini. Untuk itu, anda perlu mengaturnya didalam postingan. Makanya, sebelum menggunakan template baiknya pahami dulu template yang digunakan. Jika tag H1 ada dibagian kategori blog maka silahkan optimalkan saja tag-tag selanjutnya. Misalnya subheadingnya dan minor headingnya untuk yang menggunakan platform blogspot.

Baca Juga : Cara Buat Blog Menggunakan Blogger Dari Awal Sampai Mahir

Jika tag H1 bukan dari kategori blog maka silahkan maksimalkan didalam konten anda. Tag H1 atau heading berfungsi menjadi bab dari pembahasan anda, subheading atau H2 berfungsi menjadi sub bab dan minor heading atau h3 berfungsi untuk menjadi poin-poin inti dari sub bab. Jadi, jangan salah kaprah soal ini, untuk itu, jika anda ingin mengotpimalkan konten didalam blog anda, kenali dulu template yang digunakan.

8. Kelakuan pengguna

Banyak dari pemilik website atau blog yang frustasi karena selama berbulan-bulan tak ada pengunjung yang mengunjungi blog tersebut sekalipun sudah menerapkan strategi SEO yang baik, sekaligus telah menerapkan strategi tambahan yang diperlukan agar bisa tampil diperingkat pertama pencarian Google termasuk dengan menggunakan plugin.

Jika pengunjung blog tak kunjung datang, maka lakukan evaluasi terhadap diri sendiri untuk tiga hal dibawah ini:

a. Apakah saya sudah melakukan riset kata kunci dengan baik dan benar?

Banyak dari kita, misalnya, hanya melakukan riset kata kunci menggunakan Google Trends. Padahal, sudah tentu kata kunci yang populer tersebut kompetisinya sangat ketat dan tidak memungkinkan bagi blog kita untuk tampil diperingkat pertama pencarian Google. Apalagi jika DA dan PA blog kita masih rendah.

Untuk itu, lakukan riset kata kunci yang baik dan benar, targetkan kata kunci yang kompetisinya rendah. Dengan demikian, potensi anda untuk tampil diperingkat pertama pencarian Google semakin besar. Ini adalah salah satu strategi paling penting yang harus anda ketahui.

b. Apakah template yang saya gunakan SEO-Friendly?

Salah satu indikasi template yang SEO friendly adalah dapat dibuka di media apapun, entah itu di desktop, handphone dan juga tablet. Indikasi lain navigasi, kecepatan loading dan tentu saja tidak ada script yang justru memperlambat loading blog.

Meski demikian, ada satu hal yang harus anda perhatikan disini bahwa mungkin penyebab utama blog anda sepi pengunjung adalah terlalu sering berganti template. Jika iya? Sudah saatnya anda berhenti berganti template.

Karena itu, pilihlah template yang cocok dengan tujuan anda ngeblog. Jika tujuan blogging adalah untuk blog personal maka memilih template seperti yang saya gunakan ini dan ini sudah lebih dari cukup.

Template ini sendiri adalah template buatan dari kang Adhy Suryadi pemilik Kompi Ajaib. Saya sendiri mendapatkan template ini secara gratis dari give away yang dilakukan oleh Mastimon. Terima kasih sudah membagikan template ini.

c. Niche blog

Ini juga adalah faktor tambahan lain. Jika anda banyak mengangkat niche didalam blog alias blog gado-gado maka itu bisa menjadi salah satu indikasi yang bisa menjadi penyebab blog anda sepi pengunjung.

Mengapa? Sebab biasanya, niche gado-gado ini tidak peduli tentang konten yang akan dibuat, yang penting menulis. Tetapi bagaimana jika itu justru semakin membuat blog anda sepi pengunjung? Mungkin ada yang salah dan harus anda benahi.

Meski diatas sudah saya sampaikah salah satu faktor penentu dari page rank adalah banyaknya konten. Pun sudah dibahas di nomor 1, tetapi masih juga sepi pengunjung? Salah satu solusinya adalah fokus. Fokus pada satu niche saja dan konsisten. Konsisten pada niche tersebut. Ini menjadi upaya bagi anda untuk meningkatkan kemampuan menulis dan menganalisa.

9. Kata kunci di tautan artikel

Inilah yang banyak ditekankan oleh problogger dan webmaster untuk tidak memilih blogger sebagai platform blog mereka melainkan WordPress. Alasannya ada pada kata kunci tautan.

Dengan WordPress mereka bisa memilih kata kunci ditautan, dan mereka memilih kendali untuk menyetel tautan tersebut termasuk untuk tanggal tautan. Sementara, di blogger terdapat tanggal di setiap tautan tersebut. Dan kata kunci dengan tautan yang pendek cenderung lebih tidak disukai karena persaingannya yang tinggi.

Jadi apa solusinya nih?

Solusinya ya gunakanlah WordPress. Saya juga sering melihat para pakar SEO, ditautan mereka hanya ditempatkan kata kunci yang mereka targetkan saja dan tidak menemaptkan tanggal didalam tautan tersebut. Dengan begitu, konten mereka lebih relevan di mesin telusur dan lebih bagus dalam hal SEO dalam beberapa tahun ke depan.

Tetapi ini bukan masalah tunggal. Masalah lainnya adalah anda tidak menempatkan kata kunci yang anda targetkan di keyword. Untuk itu, tempatkan kata kunci yang anda targetkan di keyword dan pilihlah kata kunci diatas 3 kata. Misalnya anda menargetkan kata kunci cara mengoptimalkan konten blog.

Maka buatlah link tautan menjadi bloganda.com/09/09/mengoptimalkan-konten-blog.html jika anda pengguna blogger dan menerapkan hal yang serupa untuk pengotimalan kata kunci di WordPress sekalipun anda sudah menggunakan YoastSEO.

Nah demikian artikel tentang 9 Metode Pengoptimalan Konten Untuk Meningkatkan Pengunjung Di Blog Dengan Aman. Jangan saran, masukan dan kritikan terkait dengan postingan ini. Silahkan tinggalkan saja di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *