Jenis Nyeri Yang Sering Dialami Manusia dan Cara Mengobatinya

4 Likes Comment
Jenis Nyeri yang sering dialami manusia
Jenis Nyeri Yang Sering Dialami Manusia dan Cara Mengobatinya – Obat-obatan yang sering digunakan untuk nyeri biasanya berupa obat analgesic, anti-inflamasi atau pelemas otot. Jadi, agar efeknya lebih baik untuk meredakan rasa sakit, penting untuk mengetahui obat mana yang lebih cocok digunakan, karena biasanya penyebab rasa sakit itu berbeda-beda.

Saat ini, obat-obatan sudah bebas digunakan asalkan itu sesuai dengan resep dari dokter, perawat, apoteker. Namun yang paling penting yang harus anda ketahui adalah resep harus diberikan langsung dokter, apalagi jika anda mengalami nyeri seperti sakit punggung dan juga tenggorokan.

Hal ini sangat penting karena penggunana obat yang berlebihan dapat meningkatkan risiko pengembangan hepatitis atau sirosis hati, serta mungkin tidak memiliki efek penyembuhan.

Sayangnya, banyak dari kita yang menggunakan obat-obatan itu tanpa resep langsung dari dokter bahkan hanya mendengar dari mulut ke mulut.

Jenis nyeri yang sering dialami manusia

Jika anda tidak sempat untuk berkonsultasi ke dokter dan tidak mengetahui obat-obatan yang digunakan untuk sakit yang diderita, seperti yang ada dalam dafar ini, ada baiknya anda mengetahui obat-obatan mana yang lebih cocok untuk dikonsumsi. Nah berikut artikel tentang 8 Jenis Nyeri Yang Paling Umum Dialami Oleh Manusia dan Cara Mengobatinya. Apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. Obat untuk sakit tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh peradangan. Oleh karena itu, obat-obatan yang paling diindikasikan untuk menghilangkan rasa sakit jenis ini adalah obat anti-radang dalam bentuk tablet seperti Ibuprofen; Diklofenak; Nimesulide.

Baca Juga : 3 Cara Alami Putihkan Gigi Dengan Cepat Dan Terbukti Berhasil

Obat-obat diatas harus digunakan sesuai dengan resep dokter atau sesuai dengan dosis obat dan jika sakit tenggorokan tak kunjung membaik dalam jangka waktu 2 hari atau malah timbul gejala tambahan seperti demam dan dingin, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter umum atau dokter otolaringologi. Karena mungkin rasa sakit ditenggorakan disebabkan oleh tonsilitis atau faringitis, dan dalam kasus ini penggunaan antibiotik diperlukan.

2. Obat untuk sakit gigi

Sakit gigi dapat timbul secara tiba-tiba dan biasanya disebabkan oleh pembusukan pada gigi atau radang gusi. Oleh karena itu, dalam kasus ini dapat digunakan obat jenis analgesik atau anti-inflamasi dalam bentuk tablet.

Jika sakit disertai peradangan:

  1. Ibuprofen;
  2. Naproxen

Jika sakit tanpa peradangan:

  1. Paracetamol;
  2. Dipirona.

Meskipun sakit gigi dapat dikurangi dengan penggunaan obat-obatan ini, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengidentifikasi penyebab rasa sakit, karena mungkin saja langkah-langkah penting lain seperti pencabutan gigi perlu diambil, atau perawatan tambahan untuk gigi yang sakit menggunakan antibiotik misalnya untuk mengobat sakit gigi akibat abses.

3. Obat untuk sakit telinga

Sakit telinga harus selalu dievaluasi oleh otorhinolaryngologist karena, dalam banyak kasus, sakit telinga disebabkan oleh infeksi saluran telinga yang harus segera diobati dengan penggunaan antibiotik dan anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan.

4. Obat untuk sakit perut

Nyeri perut biasanya disebabkan oleh iritasi mukosa lambung atau kelebihan makanan di dalam lambung. Penggunaan obat untuk sakit perut tergantung pada gejala yang disajikan. Nyeri dan mules akibat mengkonsumsi makanan pedas misalnya dapat disembuhkan dengan beberapa obat dibawah ini:

  1. Aluminium hidroksida;
  2. Cimetidine;
  3. Ranitidine

Jika disertai mual dan nyeri:

  1. Metoclopramide;
  2. Domperidone

Selain itu, dalam beberapa kasus, perlindungan tambahan untuk lambung seperti Omeprazole atau Lansoprazole dapat digunakan 15 menit sebelum sarapan untuk mencegah mukosa lambung terjadi dan dapat menyebabkan iritasi di siang hari sehingga bisa mencegah rasa sakit timbul.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Sariawan Dengan Cepat Tanpa Obat

Jika sakit perut tak kunjung sembuh selama seminggu meskipun sudah minum salah satu daftar obat diatas, baiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter ahli seperti dokter ahli gastroenterologi untuk mendiagnosa penyebabnya yang mungkin disebabkan oleh endoskopi, dan untuk mendapatkan perawatan dan solusi yang tepat.

5. Obat-obatan untuk sakit punggung

Nyeri punggung sering disebabkan oleh masalah otot karena postur tubuh yang buruk, latihan berlebihan di gym atau kerja berlebihan. Obat yang paling umum digunakan untuk meredakan sakit punggung adalah:

  1. Relaksan otot;
  2. Parasetamol.

Namun, jika rasa sakitnya tidak hilang lebih dari 1 minggu disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter ahli traumatology. Karena mungkin sakit punggung yang dialami disebabkan oleh masalah pada tulang belakang yang harus diidentifikasi untuk mendapatkan perawatan yang perlu diambil.

6. Obat untuk sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala yang paling sering dialami oleh manusia karena biasanya disebabkan oleh demam, stress yang berlebihan atau kelelahan. Beberapa obat yang paling umum digunakan untuk meredakan sakit kepala adalah:

  1. Paracetamol;
  2. AAS

Meskipun sakit kepala dapat membaik setelah menggunakan obat-obatan ini, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter umum ketika sakit kepala dialami lebih dari 3 hari untuk memperoleh resep obat yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Alami Obati Gigi Saat Hamil

Dan jika penyebab sakit kepala adalah kelelahan yang berlebihan, rasa sakit di bagian lain dari tubuh, peningkatan demam sehingga terkadang menyebabkan kebingungan usahakan banyak istirahat dan tetap berkonsultasi ke dokter terdekat.

7. Obat untuk kram menstruasi

Kram menstruasi disebabkan oleh kontraksi berlebihan dari organ reproduksi wanita atau peradangan, dan dengan demikian, obat yang paling umum digunakan adalah:

  1. Antispasmodik
  2. Anti-radang

Namun, kram menstruasi juga dapat dikurangi dengan bahan-bahan yang ada didalam rumah seperti mengompresnya dengan air hangat di daerah pinggul atau minum teh dari daun pohon mangga.

8. Obat untuk nyeri otot

Nyeri otot biasanya disebabkan oleh peradangan pada serat otot yang terjadi ketika otot berkontraksi untuk waktu yang lama, seperti saat berolahraga di gym atau stress. Obat-obatan yang paling umum digunakan untuk meredakan nyeri otot adalah:

  • Relaksan otot;
  • Anti-inflamasi: Ibuprofen, Nimesulide atau Naproxen;
  • Analgesik: Parasetamol atau Dipirone.

Ada juga cara untuk mengobati nyeri otot dengan cepat yakni dengan menggunakan bahan-bahan dari rumah. Salah satu caranya adalah dengan cara relaksasi otot atau mengompresnya dengan air hangat dibagian otot yang nyeri.

Baca Juga : 7 Penyebab Mengapa Mulut Pahit

Dalam beberapa kasus nyeri otot membutuhkan waktu lebih dari 1 minggu untuk sembuh. Jika nyeri yang dialami tak kunjung membaik, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli traumatologi agar dilakukan tes diagnostik untuk mengidentifikasi penyebabnya yang mungkin disebebkan oleh distensi, tendinitis atau radang sendi sekaligus untuk mendaptkan perawatan yang diperlukan.

Nah demikian artikel tentang 8 Jenis Nyeri Yang sering Dialami Manusia dan Cara Mengobatinya. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *