8 Cara Obati Sakit Gigi Dengan Cepat

4 Likes Comment
Cara Obati Sakit Gigi Dengan Cepat

Mungkin anda sudah membaca artikel sebelumnya tentang cara obati sakit gigi tanpa obat. Disini sebenarnya saya juga mengulas hal yang sama, yakni bagaimana cara obati sakit gigi dengan cepat tanpa obat.

Sakit gigi adalah salah satu gejala paling umum dialami oleh manusia. Ada banyak alasan mengapa orang sakit gigi, salah satu alasannya adalah karena perawatan gigi yang tidak baik atau karena makanan yang dikonsumsi. Selain itu juga, faktor-faktor lain seperti gigi berlubang, ginsul dan lain sebagainya juga menjadi penyebab mengapa anda menderita sakit gigi.

Baca Juga : 8 Penyebab Utama Mengapa Gusi Sakit

Lalu bagaimana jika sakit gigi menyerang saat tengah malam? Tanpa ada obat? Beberapa metode-metode yang ditawarkan sebelumnya mungkin bisa berguna. Tapi bagaimana jika metode tersebut tak mempan? Cara dibawah ini mungkin solusinya.

Cara menghilangkan sakit gigi tanpa obat

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya anda mengidentifikasi dulu gigi mana yang sakit dan melakukan verifikasi apakah daerah disekitar mulut anda tersebut ada nanah, meradang dan ada gejala lain. Karena dalam kasus tersebut diperlukan antibiotic.

Baca Juga : Cara Hilangkan Gusi Sakit Tanpa Obat Dengan Cepat

Namun jika penyebab utama sakit gigi adalah gigi yang berlubang, sisa-sisa makanana yang menempel disela-sela gigi, flek, celah kecil pada gigi dan gigi bungsu silahkan coba cara dibawah ini.

1. Lakukan flossing

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan flossing alias membersihkan gigi terlebih dahulu. Seperti membersihkan sela-sela gigi, menghilangkan makanan yang tersisa diantara gigi dan mungkin menjadi penyebab utama gigi anda sakit. Agar lebih bersih, anda bisa menggunakan benang untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari iritasi pada gigi.

2. Sikat gigi

Setelah flossing ada baiknya anda langsung menyikat gigi. Pakai sikat yang biasa anda pakai, kalau memungkinkan boleh juga pakai sikat gigi yang baru. Jangan lupa juga pakai obat gigi, obat kumur dan beberapa obat gigi lain yang tersedia saat itu.

3. Bilas dengan air garam

Langkah selanjutnya adalah membilas mulur dengan air garam alias berkumur. Ini akan membantu membersihkan gigi dan membantu gigi melawan mirkoorganisme yang menajdi penyabab utama gigi sakit.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Sakit Gigi Pakai Lemon

Takarannya adalah mengambil 1 sendok makan yang sudah terisi dengan garam dan masukan kedalam 1 gelas air. Setelah itu aduk sampai merata dan berkumur selama kurang lebih 30 detik. Usahakan untuk berkumur 1 kali dalam waktu 1 jam. Setelah berkumur langsung buang airnya dan jangan ditelan.

4. Obati pakai Cengkeh india

Minyak cengkeh india memiliki sifat analgesic dan antibakteri yang membantu melawan infeksi, menghilkangkan rasa sakit dan paradangan. Untuk menggunakannya, silahkan teteskan 2 kali pada gigi yang meradang. Jika sakit gigi tidak hilang anda boleh juga meneteskan minyak cengkeh india 3 kali sehari.

5. Berkumur dengan teh Marcela dan Propolis

Teh Marcela mampu meredam rasa sakit pada gigi serta memiliki sifat ani-inflamasi, sementara Propolis mampu menghilangkan antibakteri yang terdapat dalam mulut dan gigi.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Oleh karena itu, keduanya bisa membantu menghilangkan sakit gigi dan membersihkan area yang maradang. Anda boleh meneteskan 5 tetes propolis pada gelas bersamaan dengan teh Marcela, lalu berkumur. Kalau sakitnya juga tidak hilang coba berkumur 2 kali sehari.

6. Tempel pakai Es-Batu

Untuk membantu meredakan rasa sakit lebih cepat silahkan kompres pakai es batu didaerah gigi yang sakit. Sebelumnya, silahkan lumuri dulu dengan kain bersih. Usahakan agar anda menempelkan es batu selama kurang lebih 15 menit dan lakukan proses ini 3 kali sehari.

7. Minum obat

Untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi, obat analgesic dan antiinfalamsi seperti Paracetamol dan Ibuprofen juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Namun, langkah-langkah tertentu harus diambil dan usahakan untuk tidak memberikan obat jenis ini kepada anak-anak tanpa resep dari dokter.

8. Berkonsultasi ke dokter Gigi

Jika sakit gigi masih berlanjut, silahkan berkonsultasi langsung pada dokter gigi terdekat. Memang sih, obat rumahan bisa membantu meringankan rasa sakit pada gigi namun hanya menghilangkan rasa sakit untuk sementara.

Baca Juga : 5 Cara yang Harus Dilakukan Setelah Mencabut Gigi

Jika dalam 2 hari gigi tidak juga sembuh atau jika terdapat nanah di daerah tempat gigi sakit dan sering berdarah, sesegera mungkin untuk konsultasi ke dokter gigi terdekat guna mengindetifikasi masalah pada gigi dan untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

Nah demikian artikel tentang 8 cara Obati Sakit Gigi Dengan Cepat. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika bermanfaat jangan lupa share ya. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *