7 Penyebab Mulut Pahit

4 Likes Comment
Penyebab Mulut Pahit

Sebenarnya, penyebab mulut pahit itu bervariasi dan bergantung pada pola makan dan pola hidup anda sendiri. Penyebab yang paling umum adalah karena kebersihan mulut tidak terjaga, penggunaan obat-obatan atau masalah lain yang serius seperti infeksi jamur atau refluks.

Rokok juga bisa menjadi penyebab mengapa mulut pahit namun biasanya hanya berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam. Biasanya, rasa pahit pada mulut itu berada di langit-langit mulut dan akan membaik setelah makan, minum air atau menyikat gigi.

Baca Juga : 5 Cara yang Harus Dilakukan Setelah Mencabut Gigi

Namun jika rasa pahit pada mulut bertahan dalam jangka waktu yang lama, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter umum atau ahli gastroenterologi untuk mengidentifikasi penyebab mengapa mulut pahit. Yang mungkin disebabkan oleh adanya penyakit tertentu.

Namun umumnya ada beberapa penyebab mengapa mulut pahit yang telah diulas dalam artikel ini. Berikut 7 penyebab mengapa mulut pahit. Antara lain:

1. Kebersihan mulut yang tidak terjaga

Ini adalah penyebab utama rasa pahit di mulut, dan sering dialami saat bangun tidur. Dan ini biasanya disebabkan karena penumpukan bakteri di lidah yang biasanya muncul dari gigi dan gusi, sehingga dan menjadi penyebab utama mulut berbau.

Baca Juga : 8 Jenis Nyeri Yang Paling Umum Dialami Oleh Manusia dan Cara Mengobatinya

Untuk mencegahnya ada beberapa cara yang harus dilakukan, diantara adalah dengan menyikat gigi sesering mungkin atau sehabis makan, atau bisa mennyikat gigi dua kali sehari misalnya setelah bangun pagi atau sebelum tidur malam. Selain itu juga, sangat penting untuk menyikat lidah dengan baik karena lapisan lidah adalah penyebab utama rasa pahit didalam mulut.

2. Penggunaan antibiotik atau antidepresan

Ada beberapa obat yang, ketika dikonsumsi lalu diserap oleh tubuh akan dilepaskan lewat air liur. Beberapa obat ini mungkin menyebabkan perubahan rasa pada langit-langit mulut dan membuat mulut terasa pahit.

Beberapa contoh dari jenis obat ini adalah antibiotik seperti Tetrasiklin, Allopurinol, Lithium atau beberapa obat lain yang sering digunakan untuk pengobatan penyakit jantung.

Selain itu juga, orang-orang yang mengkonsumsi obat antidepresan juga bisa membuat mulut kering sehingga mengubah rasanya dalam mulut menjad pahit. Hal ini sifat papila yang lebih tertutup.

Baca Juga : 3 Cara Alami Putihkan Gigi Dengan Cepat Dan Terbukti Berhasil

Untuk menghindari penggunaan obat antibiotic dan antidepresan yang dapat membuat mulut mejadi pahit ada beberapa cara untuk menghindarinya, namun biasanya rasa pahit tersebut akan hilang dalam beberapa menit setelah menelan obat jenis ini.

Tetapi jika rasanya tetap konstan dan bertahan sekalipun anda telah makan dan menyikat gigi, baiknya langsung berkonsultasi ke dokter terdekat untuk mengevaluasi kemungkinan penggunanan obat lain yang tidak memiliki efek samping seperti mulut menjadi pahit.

3. Hamil

Dysgeusia, juga dikenal sebagai rasa pahit dalam mulut untuk wanita yang hami merupakan gejala yang sangat umum bagi beberapa wanita hamil terutama untuk bulan-bulan trimester apalagi jika baru pertama kali hami.

Ini terjadi karena perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita, sehingga langit-langit mulut menjadi sensitif. Bahkan rasa pahit dimulut ini membuat tidak nyaman seperti seolah-olah ada koin didalam mulut dan kalau minum air rasanya seperti meminum logam.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Sariawan Dengan Cepat Tanpa Obat

Lalu bagaimana cara menghindarinya? Cara terbaik untuk menghilangkan rasa pahit dalam mulut  saat hamil adalah dengan minum limun atau menghisap permen lolipop. Karena keadaan ini merupakan perubahan yang umum terjadi pada wanita hamil dan hanya berlangsung selama beberapa hari dan akan menghilang secara alami.

4. Menggunakan suplemen vitamin

Beberapa suplemen vitamin yang mengandung banyak zat logam seperti seng, tembaga, besi, atau kromium dapat menyebabkan rasa pahit didalam mulut. Efek samping ini sangat umum terjadi dan biasanya muncul saat suplemen tersebut sudah diserap oleh tubuh.

Baca Juga : 8 Cara Obati Sakit Gigi Dengan Cepat

Untuk menghindarinya, dalam kasus ini, tunggu saja beberapa menit dengan tujuan untuk membiarkan tubuh menyerap suplemen secara penuh. Jika rasa pahit dialami dengan intens dan muncul saat anda tidak lagi mengkonsumsi suplemen tersebut ada baiknya anda berkonsulitasi ke dokter untuk mengevaluasi penyebabnya.

Tapi jika anda masih mengkonsumsinya, namun dalam takaran yang sedikit, ada baiknya anda tetap mengurangi penggunaanya suplemen tersebut atau mengubah jenis suplemennya.

5. Refluks gastroesofagus

Refluks terjadi saat isi lambung kosong dan biasanya terjadi setelah pencernaan. Pada saat itu, lambung akan mengangkut asam ke dalam mulut, dan membuat mulut terasa pahit dan bahkan menimbulkan bau tak sedap di mulut.

Baca Juga : 8 Penyebab Utama Mengapa Gusi Sakit

Untuk menghindari refluks gastroesofagus ada baiknya anda menghindari makan makanan yang berlemak atau makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Karena biasanya makanan jenis ini bisa meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu juga, hindari makan makanan yanng berlebihan karena bisa membuat perut sulit untuk menyerapnya dan bahkan bisa menyebabkan anda muntah-muntah.

6. Hepatitis dan sirosis hati

Saat hati tidak berfungsi dengan baik, tubuh mulai menampung sejumlah amonia yang tinggi, yang merupakan zat beracun, dan biasanya diubah menjadi urea oleh hati dan akan dikeluarkan lewat urin.

Peningkatan kadar hormon ini menyebabkan perubahan rasa, mirip dengan rasa ikan mentah atau bawang.

Baca Juga : Cara Hilangkan Gusi Sakit Tanpa Obat Dengan Cepat

Bagaimana cara menghindarinya? Biasanya saat anda mengalami masalah hepatitis atau sirosis hati, disertai dengan gejala lain seperti pusing atau lelah yang berlebihan. Jika gejala awalnya seperti diatas, kemungkinan anda mengalami sirosis hati.

Untuk itu, anda harus segera berkonsultasi ke dokter hepatologis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut sekaligus melakukan melakukan tes darah, mendiagnosanya agar dilakukan perawatan yang perlu.

7. Sinusitis dan infeksi lainnya

Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek, rinitis, sinusitis, atau radang amandel juga menjadi penyebab utama mengapa mulut pahit. Biasanya dikarenakan adanya zat yang dihasilkan oleh bakteri dari jenis infeksi ini.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Sakit Gigi Pakai Lemon

Untuk menghindarinya, dalam kasus ini, penting untuk minum air yang banyak, setidaknya 2 liter per hari karena dapat membantu mengurangi rasa pahit didalam mulut dan memfasilitasi pemulihan dalam tubuh.

Namun yang paling penting yang perlu anda ketahui adalah selalu berkonsultasi dengan dokter untuk setiap penyakit dan gejala yang anda alami, salah satunya terkait dengan mulut pahit ini. Demikian artikel tentnag 7 Penyebab Mengapa Mulut Pahit. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *