7 Fakta Menarik Starbucks Yang Wajib Kamu Ketahui

3 Likes Comment
Fakta Menarik Starbucks

Pernah gak anda duduk santai di café Starbucks? Kalau sudah pernah, apakah kamu tahu fakta menarik tentang Starbucks? Hampir setiap anak muda yang tinggal di perkotaan pasti pernah duduk berkunjung ke tempat ini. Namanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena pamornya yang sudah mendunia.

Starbucks sendiri saat ini memiliki sekitar 20.336 kedai yang tersebar di 61 negara. Hal itu menobatkan Starbucks sebagai perusahaan kopi terbesar di dunia.  Dibalik popularitasnya tersebut ternyata ada beberapa fakta mengenai starbucks yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Dan kali ini kita akan mengulas mengenai 7 fakta menarik Starbucks yang wajib kamu ketahui. Fakta apa saja itu? Ini daftarnya.

1. Hanya para master yang memakai celemek hitam

Fakta Menarik Starbucks
via wsj.com

Kalau anda melihat karyawan starbucks memakai celemek hitam di dadanya maka dia itu sudah berpredikat sebagai master kopi.  Untuk menjaga standar kopi para barista Starbucks harus memiliki sertifikat khusus agar bisa memakain celemek tersebut.  Biasanya, sertifikat itu akan diberikan kepada mereka atas persetujuan manajer.

Baca Juga : 18 Fakta Menarik Tentang Youtube

Namun sebelumnya, mereka harus belajar segala hal yang perlu diketahui tentang kopi untuk mendapatkan predikat sebagai master kopi atau ahli tentang kopi. Jika Anda punya pertanyaan seputar kopi, maka tanya ke mereka. Dipastikan setiap pertanyaan itu disikat habis oleh mereka. Tapi jangan tanya yang aneh-aneh sebelum anda kena siram kopi panas.

2. Starbucks punya label rekaman sendiri

Fakta Menarik Starbucks
via nytimes.com

Selain menyediakan kopi, starbucks juga dikenal dengan musik-musik mereka yang telah dimainkan dilatar belakang tiap toko. Starbucks menganggap bahwa musik adalah hal yang serius dalam industri mereka karena itu mereka membuat lebel musik mereka sendiri dengan nama The Hear Music yang telah dibangun sejak tahun 2007 lalu dibawah studio perekemanan Concord Music Group.

Baca Juga : 8 Fakta Menarik Mengenai Pekerja Tambang

Sudah banyak musisi hebat yang terlibat pada proyek ini antara lain Paul McCartney, James Taylor serta Joni Mitchel. Jika anda mengunduh aplikasinya di Playstore, Anda akan tahu jenis musik apa yang sedang di putar di kedai Starbucks loh. Kadang-kadang, Anda mendapatkan reward yang dapat ditukar dengan unduhan lagu gratis.

3. Logo Starbucks

Fakta Menarik Starbucks
via health.com

Logo starbucks sedari dulu sudah mengundang kontraversi. Banyak orang mengenal logo ini sebagai putri duyung dengan nama Siren. Dalam legenda diceritakan kalau Putri Duyung dikenal karena kecantikannya sebagai manusia setengah ikan setengah Perempuan.

Baca Juga : 5 Bangunan Aneh Yang Dipercaya Buatan Alien

Sementara, Siren adalah putri duyung yang cantik dan terkenal dengan nyanyiannya yang merdu di tengah lautan. Puncak dari kontraversi ini terjadi pada tahun 1987 lalu, dimana saat itu, dalam logo starbucks memperlihatrkan Siren yang tak mengenakan baju dengan bagian dada yang terlihat jelas.  Pada tahun 1992, manajemen Starbucks kemudian mengubah logo itu menjadi sedikit tertutup yang kita lihat sekarang ini.

4. Nama Starbucks berasal dari nama sebuah buku

Fakta Menarik Starbucks
via eater.com

Selain menjadi pelanggan, pernakah Anda bertanya darimana asal nama Starbucks? Ternyata namanya berasal dari sebuah buku yang ditulis oleh Herman Melville. Buku berjudul Moby Dick itu mengambil nama Starbucks sebagai tokoh utama.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Namun, nama awal dari kedai terkenal satu ini adalah Pequod yang merupakan nama sebuah kapal penangkap ikan miliki Captain Ahak di dalam buku yang sama sebelum akhirnya diubah.

5. Di kedai Starbucks hanya terdapat dua jenis meja

Fakta Menarik Starbucks
via rd.com

Pernah gak Anda perhatikan meja-meja yang ada Starbucks? Kalau Anda perhatikan hanya ada dua jenis meja disana yakni meja bundar dan persegi panjang. Ternyata ada dua alasan dibalik pemasangan dua meja ini.

Baca Juga : Gara-Gara Berwajah Boros, 7 Artis Ini Dikira Sudah Berumur

Reader’s Digest mengatakan bahwa meja budar bertujuan untuk membuat pengunjung lebih betah ketika duduk sendirian dikedai seperti sedang berada di dalam rumah begitu juga dengan meja panjang yang bertujuan untuk menjaga kenyamanan pelanggan.

6. Biaya yang dihabiskan lebih besar untuk karyawan daripada untuk membeli Kopi

Fakta Menarik Starbucks
CEO Starbucks, Howard Schultz via billboard.com

Salah satu yang membuat starbucks begitu populer adalah fasilitas yang ditawarkan kedai ini, baik kepada pelanggan ataupun staffnya.

Akibatnya, sebagian besar dari pendapatan Starbucks banyak di dedikasikan untuk karyawan mereka sendiri. Hal itu termasuk asuransi kesehatan bagi para karyawan yang telah bekerja selama 20 jam lebih selama seminggu.

Baca Juga : 9 Tanda Yang Menunjukan Bahwa Kamu Punya Pengangum Rahasia

Pada tahun 2008 lalu, CEO Starbucks, Howard Schultz menghabiskan hampir 300 juta US Dollar untuk jaminan kesehatan bagi setiap karyawan Starbuck. Ini adalah uang yang cukup besar yang mereka keluarkan dari pada ketika membeli biji kopi itu sendiri.

7. Terdapat Ribuan Kombinasi Kopi dan Minuman

Fakta Menarik Starbucks
via trillis.com

Sudah lazim bahwa setiap perusahan-perusahan besar memiliki menu rahasia tak terkecuali dengan Starbucks. Pada dasarnya, menu rahasia adalah menu yang tidak ada dalam daftar menu yang mereka tawarkan. Karena mencicipi semua menu kopi yang ada pasti memakan waktu yang lama.

Baca Juga : 5 Hal Istimewa Jika Kamu Punya Pacar Seorang Guru

“Jika kamu minum semua minuiman utama kami, dengan opsi untuk mengubah dan menyesuikan, kamu akan mendapatkan sekitar 87.000 kombinasi minuman,” kata juru bicara Starbucks Lisa Passe kepada Jurnal Wall Street. Ini adalah kombinasi yang cukup banyak namun tidak mengherankan mengingat reputasi, sejarah dan nama besar dari kedai yang satu ini.

Nah demikian artikel tentang 7 Fakta Menarik Starbucks yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda. Tos ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *