6 Pelari Paling Greget Kebanggaan Indonesia Sepanjang Masa

6 Likes Comment
Pelari Paling Greget Kebanggan Indonesia

Pelari Paling Greget Kebanggaan Indonesia – Salah satu hal yang paling membanggakan bagi bangsa Indonesia adalah ketika para atletnya mampu menjadi juara di pentas olahraga internasional.

Memang sih, ada banyak sekali pentas olahraga internasional. Yang paling bergengsi tentu saja Olimpiade yang dilaksanakan 4 tahun sekali.

Di kawasan Asia, juga ada beberapa perhelatan olahraga yang juga tak kalah bergengsi seperti SEA Games, Asian Games dan lain sebagainya.

Beberapa cabang olahraga yang diikuti oleh anak bangsa tersebut bahkan bisa menorehkan sejarah baru dalam pentas tersebut.

Beberapa cabang yang cukup lekat dengan nama Indonesia dan sudah berulang kali Indonesia berhasil menyabet juara.

Salah satu pentas olahraga yang baru-baru ini membuat bangga Indonesia adalah Lari marathon dengan 100 meter.

Pada saat itu, Muhammad Zohri berhasil membawa pulang emas untuk kategori lari junior 100 meter putra.

Karena prestasi inilah masyarakat kemudian menaruh harapan besar kepada para atlet untuk terus mengukir prestasi di ajang demi ajang.

Baca Juga : 4 Kapal Pertama Dari Belanda Yang Berlabuh di Nusantara

Tetapi tentu saja kita tak boleh lupa dengan atlit-atlit kita dulu, yang berhasil mengukir prestasi dan jauh dari popularitas yang diperoleh Muhammad Zohri.

Karena itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang 6 Pelari paling greget kebanggaan Indonesia sepanjang masa.

Sebagai pelari, mereka telah menjadi salah satu legenda yang menjadi panutan bagi banyak orang, terlebih bagi kaum muda yang ingin berprestasi di cabang serupa.

6 Pelari Paling Greget Kebanggaan Indonesia Sepanjang Masa

Nah berikut disajikan artikel tentang 6 Pelari Indonesia paling greget sepanjang sejarah. Siapa saja mereka? Ini dia daftarnya.

1. Surya Agung Wibowo

6 Pelari Paling Greget Kebanggan Indonesia Sepanjang Masa
via buku-otobiografi.blogspot.com

Merupakan salah satu pelari Wakil Indonesia yang sukses meraih emas pada SEA Games 2007. Suryo meraih emas di Kategori 100 meter, Emas 200 meter, perak 4×100 Meter Relay. Dua tahun kemudian, pada SEA Games 2009, Suryo juga meraih emas dikategori yang sama.

2. Mardi Lestari

6 Pelari Paling Greget Kebanggan Indonesia Sepanjang Masa
via republika.co.id

Ia merupakan salah satu pelari asal Indonesia yang berhasil menyabet medali perunggu pada Kejuaraan Junior Asia pada tahun 1986 untuk kategori 100 meter.

Satu tahun setelahnya, pada SEA Games tahun 1987, Mardi meraih medali Perak 100 meter diikuti prestasi-prestasi lainnya diantarannya, medali Emas untuk kategori 100 dan 200 meter pada SEA Games 1989, medali emas 100 meter pada SEA Games 1991, dan juga meraih emas pada SEA Games tahun 1993 untuk kategori 100 meter.

3. Purnomo Yudhi

6 Pelari Paling Greget Kebanggan Indonesia Sepanjang Masa
via galamedianews.com

Mendengar nama Purnomo Yudhi pasti kita akan langsung teringat pada Olimpiade Los Angeles yang menjadi catatan tersendiri bagi Indonesia. Dimana, saat itu, salah satu altet larinya berhasil menjadi semifinalis Asia Pertama di Olimpiade tahun 1984.

Baca Juga : 7 Perempuan Yang Berperan Penting Saat Proklamasi

Ia juga berhasil menjadi semifinalis Asia Pertama di Kejuaaraan Dunia IAAF pada tahun 1983 di Helsinki dan meraih emas di kejuaraan Atletik Asia yang digelar tahun 1985 untuk kategori 100 meter dan 200 meter.

4. Gurnam Singh

6 Pelari Paling Greget Kebanggan Indonesia Sepanjang Masa
via malesbanget.com

Kalau yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Gurnam berhasil menyabet medali Emas pada Asian Games 1962 di Jakarta untuk kategori sekaligus yakni 5000 meter 10000 meter dan juga Maraton.

5. Mohammad Sarengat

6 Pelari Paling Greget Kebanggan Indonesia Sepanjang Masa
via merahputih.com

Mohammad Sarengat adalah salah satu atlet legendaris Indonesia yang berhasil menyabet medali emas untuk kategori 100 meter, 110 meter, lari Gawang dan juga meraih perunggu 200 meter pada Asian Games 1962 yang digelar di Jakarta.

6. Lalu Muhammad Zohri

6 Pelari Paling Greget Kebanggan Indonesia Sepanjang Masa
via bisnis.com

Lalu Muhammad Zohri adalah salah seorang atlet asal Indonesia yang berhasil meraih medali emas 100 meter di Kejuaraan Asia Junior tahun 2018 lalu dan juga meraih Emas 100 meter di Kejuaraan Dunia IAAF U-20 pada tahun yang sama.

Penutup

Kita tentu berharap, kedepannya, para atlet muda mampu mengikuti jejak para pendahulunya dan mengukir prestasi lebih banyak lagi terutama di cabang lari.

Demikian artikel tentang 6 pelari paling greget kebanggaan Indonesia sepanjang masa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *