6 Kesalahan Blogger Pemula

2 Likes Comment
Kesalahan Blogger Pemula

6 Kesalahan Blogger Pemula – Semua yang saya tulis dibawah ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya sering meremehkan hal-hal seperti yang saya tuliskan dibawah ini saat pertama kali terjun dalam dunia blogging.

Sejak tahun 2015 lalu memang saya sudah terjun ngeblog. Pada waktu itu, saya menggunakan blog saya untuk menulis hal-hal yang gak penting, kebanyakan berisi materi-materi dan tugas-tugas kuliah, puisi dan segala hal yang menurut saya gak jelas.

Saya juga beberapa kali berganti blog, mulai dari menggunakan .webnode gratisan, blogspot gratisan, wordpress gratisan, kompasiana, catatan facebook dan lain sebagainya. Akhirnya, pada pertengahan tahun 2016 saya kemudian ingin fokus ngeblog dan membuat konten yang lebih bermanfaat untuk orang lain.

Pada waktu itu, saya mulai fokus membuat blog baru menggunakan blog gratisan dari WordPress. Tapi lama kelamaan saya bosan sendiri. Akhirnya, hanya berselang 6 bulan kemudian, saya pindah ke blogspot. Konten-konten saya dari WordPress.com, yang sebagian besar kontennya juga berisikan opini karena konten tersebut saya migrasikan ke blogspot.

Dan sekali lagi, selama terjun ngeblog, saya tetap melakukan 6 Kesalahan Blogger Pemula yang bakal saya ulas dibawah ini. Andaikata sejak dulu saya sudah terjun ngeblog mungkin sekarang ini saya sudah bisa mentraktir kopi teman-teman saya dan mungkin waktu yang saya gunakan waktu itu gak sia-sia. Tapi menyesal kemudian tetap gak ada gunannya, kan?

Nah untuk anda yang baru terjun dalam dunia ngeblog, baik fokus atau gak, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal dibawah ini sebelum ngeblog. Setidaknya, dengan memperhatikan hal-hal dibawah ini, anda bisa belajar satu hal dalam dunia blog.

1. Konten

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah konten. Kalau anda bertanya ke blogger-blogger yang sudah malang melintang di dunia blogging mungkin jawabannya konten. Ya, content is the king dan itu benar. Karena itu, sebelum benar-benar terjun ngeblog anda baiknya anda bertanya ke diri anda sendiri: Apa yang mau saya tulis di blog?

Kalau blog anda berisikan opini, ya itu sudah baik. Karena opini berarti anda menyampaikan apa yang menjadi pandangan dan gagasan anda, misalnya pandangan terhadap isu-isu sosial dan politik yang sedang tren disini. Karena itu, memutuskan niche apa yang anda ambil terlebih dahulu adalah hal pertama, karena ini yang menentukan masa depan anda di dunia blogging. Kalau opini ya Opini gak usah bahas yang lain.

Baca Juga : Cara Menulis Konten Yang Baik Dan Benar

Kalau anda ingin membuat blog gado-gado itu gak masalah, asalkan blog tersebut bermanfaat bagi orang lain. Selain bermanfaat, tentu saja blog tersebut bisa memberikan nilai tambah bagi pengunjung.

Nilai tambah ini bisa dari pengetahuan anda sendiri, dari buku, pernyataan dan seterusnya. Tapi, jangan pernah buat konten plagiat. Ingat, jangan pernah buat konten Duplikat.

2. Template

Jika anda menggunakan blogger, saya sarankan agar anda menggunakan template bawaan dari blogger. Sah-sah saja kalau anda ingin menggunakan template orang lain, tapi biasanya ini disisipkan dengan kode-kode tertentu, salah satunya terkait dengan slot iklan.

Selain itu juga, jika anda menggunakan template gratisan tersebut, ada kredit link yang menancap dibagian footer template. Karena itu, saya sarankan sih gunakanlah template bawaan dari blogger seperti Contempo. Meskipun tampilannya sederhana namun template ini sangat dan cocok dengan tujuan anda ngeblog.

Selain itu tidak ada kode-kode seperti yang saya maksud diatas, dan hanya menyisahkan credit linknya saja tetapi template ini sudah lebih dari cukup. Setelah itu, jangan terlalu sering berganti template.

Usahakan gunakanlah satu template saja. Kalau perlu, anda tinggal mengedit dan menyesuaikan dengan yang anda inginkan asalkan tidak mengganti secara keseluruhan.

3. Konten Berbasis SEO

Nah inilah yang menjadi kelemahan para blogger baru. Mereka tidak tahu, bahwa konten-konten yang ada di internet itu sebagian besar dioptimalkan. Metode pengoptimalan ini yang dikenal dengan SEO. Mengapa SEO itu penting? Karena SEO-lah yang menjadi penentu apakah blog yang digunakan itu populer atau gak.

Banyak blogger baru kebanyakan asal-asalan dalam membuatkonten, dan tanpa proses pengeditan mereka biasanya langsung memposting di blog. Alhasil konten tersebut tampil tidak beraturan di blog. Mereka juga tidak memperhatikan soal linknya, soal tag headingnya dan lain sebagainya.

Apalagi jika blog itu adalah blog Opini. Maka sudah pasti kontennya tidak akan dioptimalkan. Sekedar posting saja, dan berharap ada pengunjung yang nyasar di blog tersebut. Ada sih yang nyasar, tetapi hanya satu dua orang setiap bulan. Untuk itu, jika anda blogger pemula baiknya perhatikan tiga hal ini: Link artikel, Tag H1 dan juga keyword. Karena tiga ini adalah inti dari SEO.

4. Tidak Perhatikan ALT Gambar

Ini juga gak diperhatikan dan menjadi kesalahan yang lazim ditemui oleh Blogger pemula. Banyak yang menggunakan gambar secara sembarangan, dan bahkan tidak menyertakan sumber. Tanpa tahu mungkin saja gambar ilustrasi yang digunakan adalah gambar berhak cipta.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis 

Jika baru ini saja sudah gak diperhatikan bagaimana dengan ALT Gambar? Padahal, ini juga merupakan poin penting dari SEO seperti yang dibahas pada poin tiga diatas. Untuk itu, baiknya anda memperhatikan tag ALT Gambar. Jika anda kurang tahu bagaimana caranya, lihat artikel saya yang satu ini.

5. Buat konten acak-acakan

Maksudnya apa ya konten yang acak-acakan itu? Konten yang acak-acakan itu adalah konten yang tidak beraturan, baik soal font, jarak antar huruf yang tampil di blog, dan termasuk untuk rata kiri dan kanan.

Sebenarnya, terkait dengan hal ini saya juga sudah membuat salah satu artikel yang mengulas tentang cara membuat konten yang acak-acakan ini sekaligus untuk menghindari style huruf yang masih nempel jika sebelumnya kita mengetik konten tersebut di Microsft Word. Jika anda ingin membacanya silahkan baca artikel saya itu dengan judul 5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Sebelum Mempublikasikan Konten.

6. Tidak memperhatikan kesehatan blog

Kesehatan blog adalah salah satu hal penting untuk membuat blog tetap eksis di internet dan pada akhirnya memperoleh pengunjung. Salah satu hal yang berkaitan dengan kesehatan blog adalah navigasi, backlink dan tentu saja template yang digunakan.

Baca Juga : 9 Cara Mengoptimalkan Konten Blog Yang Terbukti Berhasil

Salah satu indikator utama apakah blog anda sehat adalah ada peningkatan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu. Jika blog anda setiap hari sepi pengunjung, mungkin anda yang salah didalanya. Dan mungkin saja itu dikarenakan konten yang anda buat, backlink yang masuk dan juga tidak optimalnya konten didalamnya.

Tanpa kita sadari, setiap hari ada blog yang dibuat. Dengan demikian, setiap hari ada saja blogger baru yang datang dengan mimpi yang besar, seperti misalnya memperoleh uang yang banyak dari blog. Baiknya pikir-pikir dulu deh.

Gak mudah mendapatkan uang dari blog. Butuh kerja keras, usaha dan waktu yang tak terbatas. Selain itu juga, anda bersaing dengan korporasi dan blogger yang sudah makan banyak asam garam di dunia perbloggingan.

Bukan mau mematahkan semangat anda, melainkan untuk memperkuat komitmen anda. Salah satu caranya adalah dengan menghindari 5 kesalahan blogger pemula seperti yang saya ulas dalam artikel ini. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *