6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat

3 Likes Comment
bukti kalau fisika sudah berkembang pesat

Apa bukti kalau fisika sudah berkembang pesat? Pasti pertanyaan itu terlitas oleh pembaca ketika membaca judul diatas. Percayalah, ilmu fisika sudah berkembang pesat. Penerapannya saja tidak terbatas pada fisika, tetapi juga pada ilmu pasti lain seperti statistika dan ekonomi.

Fisika adalah salah satu ilmu paling ketat soal penelitian. Sejak bertahun-tahun lalu, para ahli sudah banyak sekali mengungkap fenonema-fenomena dari benda-benda fisik dan telah mengubah cara pandang manusia atas dunia dan alam semesta.

Yang paling fenomenal mungkin adalah tentang teori relativitas yang dikemukakan Einstein. Berkat pemikirannya yang revolusioner, fisika sudah sangat maju saat ini.

Nah berikut disajikan 6 bukti kalau fisika sudah berkembang besat. Apa saja buktinya? Berikut bukti-buktinya.

1. Bintang Pulsar

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via id.youpost.info

Bintang neutron adalah benda dengan putaran paling cepat yang pernah dikenal di alam semesta. Sebagai informasi, bintang pulsar adalah jenis bintang neutron yang dapat memancarkan sinar radiasi yang bisa disebut juga sebagai denyut cahaya.

Baca Juga : 5 Misteri Terbesar Dalam Fisika Yang Berhasil Di Ungkap

Laju denyut ini memungkinkan para astronom untuk mengukur rotasinya. Bintang pulsar yang paling cepat yang pernah dikenal adalah PSR J1748-2446ad yang berputar dengan kecepatan 70.000 kilometer per detiknya.

2. Singularitas

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via giphy

Saat bintang mati, ia akan menciptakan lubang hitam. Seperti orang tua yang baik yang mengakhiri hidupnya dengan tenang. Ketika bahan bakar nuklirnya terbakar habis, perlahan-lahan akan memudar menjadi katai putih. Namun, itu tidak terjadi pada bintang yang lebih besar.

Katakanlah bintang dengan besar 20 kali daripada matahari. Saat bintang seperti itu kehabisan bakar bakar, gravitasi akan menguasi dan melumpuhkan inti sementara lapisan lain akan terlempar ke angkasa.

Baca Juga : 7 Pertanyaan Seputar Fisika Yang Akhirnya Terjawab

Ini disebut dengan Supernova. Inti yang tersisa kemudian menjadi singularitas, titik masa padat tanpa batas dan hampir tidak ada volume. Ngomong-ngomong, Itu nama lain dari lubang hitam!

3. Prinsip kesetaraan

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
Via behance.net

Einstein adalah orang yang menciptakan teori relativitas jika menggunakan prinsip kesetaraan. Inilah yang disebut oleh Stephen Hawking bahwa Penggunaan teori Einstein dari kesetaraan massa inersia dan gravitasi untuk menurunkan prinsip kesetaraanya, dan akhirnya semua relativitas umum, berjumlah tanpa henti dari penalaran logis yang tidak tertandingi dalam sejarah pemikiran manusia.

Dan itu adalah pujian yang paling tinggi dari satu orang pintar ke orang pintar lainnya. Ya dalam hal ini pujian dari Hawking ke Einstein.

4. Sifat alam semesta

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via Medium

Pencarian akan sifat ini tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Menjelaskan sifat alam semesta bukan tugas yang mudah, tapi mulia.

Bill Bryon, penulis A Short History of Nearly Everything menulis bahwa:

Fisika sebenarnya tidak lebih dari pencarian akan kesederhanaan, tetapi sejauh ini semua yang kita miliki saat ini adalah kekecauan yang elegan.

6. Perpetual Motion

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via futurism.com

Hukum pertama Newton, First Law of Motion menjelaskan bagaima proses inersia mempengaruhi objek yang bergerak dan tidak bergerak menjadi harus tetap diam atau bergerak dengan kecepatan konstan dalam garis lurus kecuali diteruskan oleh kekuatan yang tidak seimbang.

6. Paham kan?

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via Gifer.com

Salah satu kutipan terkenal dari Albert Einstein adalah, “Tuhan tidak bermain dadu.” Beberapa kutipan telah disalah pamai secara radikal. Banyak orang mengasumsikan bahwa Einstein mengacu pada Tuhan yang dikita kenal. Bukan itu ternyata. Kutipan penuhnya adalah sebagai berikut:

“Tuhan tidak bermain dadu dengan alam semesta.”

Ini adalah bantahan Einstein terhadap prinsip ketidakpastian Heisenberg, yang ditolak mentah-mentah oleh Albert Einstein.

Dia percaya harus ada hukum dasar atas alam semesta yang dapat menentukan partikel dan memungkinkan untuk menghitung kecepatan dan posisi partikel tersebut. Namun tidak ada bukti untuk itu, dan semua bukti Eksperimental justru membuktikan bahwa mekanika kuantum itu nyata.

Namun, mekanika kuantum (bidang dimana prinsip ketidakpastian menjadi raja) tidak sesuai dengan teori lain yang secara luas dikecualikan, untuk teori relativitas dan relativitas umum Einstein.

Mekanika kuantum mungkin didukung oleh bukti tetapi tetap menjadi misteri total tentang bagaimana hal itu cocok dalam fisika yang kita kenal sekarang ini.

Nah demikian artikel tentang 6 hal yang menjadi bukti kalau fisika sudah berkembang pesat. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *