6 Alasan Kenapa Harus Mengedit Artikel Lama di Blog

3 Likes 1 Comment
edit artikel lama

Ada beberapa alasan penting kenapa harus mengedit artikel lama di blog. Alasan-alasan ini berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan potensi konten agar lebih banyak dibaca oleh pengunjung.

Beberapa blogger tidak terlalu memikirkan hal ini. Bahkan ada yang berpandangan bahwa mengedit artikel lama di blog justru membuat postingan tersebut kehilangan posisinya di SERPs.

Padahal, yang terjadi justru sebaliknya. Oleh karena itu, artikel lama perlu diedit. Bukan sekedar untuk meningkatkan posisi di mesin pencari tetapi untuk menyempurnakan tulisan yang ada.

6 Alasan Mengapa Harus Mengedit Artikel Lama di Blog

Sampai saat ini, secara berkala, setiap 1 bulan sekali saya selalu mengedit konten-konten lama di blog ini. Konten-konten lama tersebut adalah konten yang saya posting 6 bulan atau 1 tahun sebelumnya.

Lalu apa alasan mengapa harus mengedit artikel lama di blog? Ada beberapa alasan menurut saya pribadi. Anda boleh setuju boleh juga tidak. Berikut alasannya:

1. Memperbaiki kesalahan penulisan

Meskipun artikel telah melalui pengeditan yang baik, namun yang namanya tulisan tentu tidak akan pernah sempurna. Oleh karena itu, agar lebih bagus lagi ada baiknya anda memperbaiki artikel lama di blog anda.

Salah satu alasannya adalah kesalahan penulisan. Ada beberapa bagian dari maksud kesalahan penulisan ini antara lain:

a. Typo

Typo atau kesalahan penulisan kata sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi apalagi jika blog tersebut di kelola sendiri.

Oleh karena itu, memperbaiki artikel lama bisa berfungsi untuk menyempurnakan sekaligus menghilangkan huruf dan kata yang typo.

b. Persepsi dan maksud

Tahukah anda bahwa setiap orang punya interpretasi yang berbeda-beda dari setiap kalimat yang anda tulis di blog? Interpretasi ini pada akhirnya akan membuat kesalahan persepsi antara anda dan orang yang membaca konten anda.

Oleh karena itu, jika anda ingin mengedit keslaahan penulisan, perhatikan setiap kalimat yang anda tulis di blog.

Apakah mampu dimengerti oleh semua kalangan, mudah dipahami oleh pembaca atau tidak. Jika belum, silahkan ubah kalimat, paragraf atau mungkin kata-kata yang bisa menimbulkan ambiguitas.

2. Memaksimalkan SEO

Setiap hari ada blog baru yang dibuat dengan tujuan yang berbeda-beda. Dengan kata lain, setiap hari akan ada saingan anda.

Oleh karena itu, untuk memantapkan posisi anda di SERPs sekaligus agar posisi anda tidak tergeser oleh blog-blog baru karena kontenya lebih berkualitas maka ada baiknya anda mengedit kembali artikel yang posting sebelumnya.

Baca Juga : Cerita Diterima AdSense dengan 7 Artikel

Hanya ada satu pilihan jika anda ingin mengedit kembali artikel di blog dengan tujuan untuk memaksimalkan SEOnya yakni membuatnya lebih panjang dan berkualitas.

Google sangat menyukai artikel-artikel yang berkualitas apalagi yang diperbaharui terus. Hal ini membuka peluang konten atau artikel anda di mesin telusur di halaman pertama Google terbuka dengan lebar.

Tapia da beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mengedit postingan lama di blog anda, antara lain:

a. Tidak usah ubah permalink

Ingat, permalink adalah salah satu kunci SEO. Jika posisi blog anda di mesin telusur terus menurun mungkin disebabkan karena konten anda kalah kualitasnya dengan konten dari blog lain. Nah untuk mengetasi ini ada baiknya anda meningkatkan kualitas artikel.

Apalagi jika konten yang bersangkutan itu tidak masuk di halaman pertama Google. Maka sudah hal WAJIB untuk mengupdatenya.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Foto Referensi Untuk Konten di Blog

Coba bayangkan, meskipun otoritas domain blog anda bertambah seiring waktu namun posisi di SERPs masih bebegitu saja alias tidak naik atau malah turun.

Pasti anda berpikir bahwa ada yang salah dengan konten anda? Untuk mengetahui kesalahan tersebut langkah paling pertama yang harus anda lakukan adalah mengeditnya.

b. Tanggal postingan

Disini anda punya dua pilihan, apakah ingin memposting artikel itu lagi atau tidak. Dengan kata lain, apakah artikel lama tersebut anda ubah tanggal postingannya menjadi artikel yang lebih baru atau mempertahankannya.

Ada baiknya anda sesuaikan dengan tahun pembuatan konten. Jika konten tersebut tidak pernah diubah selama 3 tahun atau mungkin lebih ada baiknya anda memperbaharuinya.

Caranya? Adalah mengubah postingan itu menjadi postingan yang lebih baru. Untuk cara mengubah postingan lama menjadi postingan baru adalah dengan mengubah tanggal postingan.

Hal ini bertujuan agar meningkatkan jumlah pembaca untuk konten dimaksud. Sebab biasanya pengunjung sebelum meninggalkan blog akan masuk ke beranda dulu untuk melihat konten-konten terbaru anda. Manfaatkan hal ini untuk meningkatkan frekuensi pembaca di postingan lama anda.

3. Memaksimalkan kualitas konten

Konten yang berkualitas adalah konten yang membahas suatu topik dari A-Z. Maksudnya jika anda membahas tentang cara berhenti merokok, sudah sepatutnya anda membahas tentang manfaat berhenti merokok, tujuan, gejala, kandungan dalam rokok dan lain sebagainya. Semua ini memiliki keterkaitan satu dengan yang lain.

Terkadang, jika blog lama sudah tidak pernah di Update maka akan ketinggalan dengan blog-blog baru, yang kontennya lebih berkualitas.

Oleh karena itu, jika sebelumnya konten-konten dalam blog anda hanya membahas informasi dengan setengah-setengah atau mungkin jumlah katanya masih dibawah 500 kata baiknya segera ubah dan perbaiki.

Setiap bulan, standar kualitas konten di halaman pertama Google berubah. Coba perhatikan rata-rata blog yang ada di halaman pertama, kontennya panjang dan berkualitas. Anda bisa melakukan hal yang sama untuk konten lama di blog anda.

4. Mengetahui link yang mati atau gambar yang rusak

Mengedit artikel lama juga bisa membantu anda untuk mengetahui apakah ada gambar yang rusak atau link blog yang mati.

Kadang kala, tanpa anda sadari, gambar didalam blog anda itu rusak. Jika anda pengguna WordPress mungkin disebabkan oleh kesalahan hosting. Jika anda pengguna blogger, mungkin gambar tersebut rusak dari server.

Atau mungkin, gambar yang anda gunakan sudah berhak cipta sehingga berdampak pada postingan di blog anda yang dihapus dari SERPs.

Selain itu, jika dalam konten blog anda itu dikaitkan dengan artikel lain, anda bisa mengecek setiap linknya, apakah anda yang mati atau tidak.

Memang sih ada tools yang memungkinkan anda untuk mengecek broken link dalam postingan blog. Dengan kata lain, jika ada link atau tautan yang rusak anda bisa mengubah link tersebut. Saat mengubah, ada baiknya juga anda memperbaiki artikel dimaksud.

5. Mengikuti perubahan logaritma Google

Katanya, setiap bulan atau mungkin setiap 3 bulan logartima Google diperbaharui. Setiap pembaharuan ini sangat berdampak pada blog anda.

Jika anda tidak siap terhadap pembaharuan, maka bisa membuat blog anda terhempas dari mesin telusur sehingga anda kehilangan pengunjung dari waktu ke waktu.

Baca Juga : 3 Tipe Broken Link Yang Berbahaya Bagi Blog

Dengan mngikuti perubahan logaritma Google tersebut berarti anda berusaha memaksimalkan SEO konten tersebut seperti yang dimaksud di poin 2 diatas.

Disini juga anda bisa memanfaatkan Latent Sematik Keyword, memaksimalkan kekuatan SEO dan lain sebagainya. Semuanya tentu dengan tujuan agar postingan lama anda bisa memperoleh peringkat yang lebih baik lagi.

6. Update

Dunia berubah dengan cepat dan terkadang ada informasi yang disampaikan didalam blog sudah tidak relevan lagi dengan keadaan yang sekarang.

Jika anda ingin tetap up to date positngan yang ada dengan keadaan yang sekrang ada baiknya anda mengedit kembali postingan blog yang sudah basi tersebut.

Baca Juga : Cara Mencari Ide Untuk Membuat Postingan di Blog

Saat ini, ada banyak sekali konten yang sudah usang. Bahkan ada bebrapa keyword yang tampil di halaman pertama SERPs adalah konten yang dibuat 8-9 tahun lalu dan tidak pernah di update. Tentu saja konten tersebut sudah usang dan basi.

Meskipun anda mengangkat niche yang relevan seperti misalnya kesehatan atau fakta dan misteri, tetap saja membutuhkan update.

Update postingan itu penting. Bukan hanya soal agar postingan itu tampil lebih baik dari mesin telusur tetapi lebih jauh dari itu. Yakni, untuk menyampaikan informasi yang jujur, benar dan tidak dibuat-buat kepada orang lain.

Penutup

Selain 6 poin diatas, ada banyak mafaat yang anda dapatkan jika anda secara berkala mengedit postingan-postingan di blog anda.

Pada akhirnya, ini yang akan menentukan apakah anda adalah seorang blogger yang sukses atau justru sebaliknya.

Nah demikian artikel tentang 6 manfaat mengedit postingan lama di Blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

1 Comment

  1. Bener gan.Terutama itu artikel tutorial. Karena terkadang ada tutorial versi terbaru, atau jika sebuah aplikasi, mungkin updetan terbarunya juga berpengaruh pada tutorialnya. Maka dari itu penting untuk selalu memperbaharui artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *