5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Untuk Bisa Sukses

3 Likes Comment
dilakukan blogger untuk bisa sukses

5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Untuk Bisa Sukses – Menjadi blogger yang sukses adalah impian setiap orang yang terjun ke dunia blog. Tetapi terkadang, mimpi untuk menjadi blogger yang sukses itu akhirnya berhenti ditengah jalan, karena kecewa dan tak ingin total dalam dunia blog.

Namun, menjadi blogger professional, atau menjadi blogger yang total dalam ngeblog membutuhkan keberanian. Selain karena pendapatannya yang naik turun, juga diharuskan kita memiliki berbagai macam kemampuan yang sifatnya multitasking. Untuk itu, menjadi blogger yang sukses tidaklah mudah.

Tetapi anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk agar anda bisa menjadi seorang blogger yang sukses. Apa saja langkahnya? Berikut telah dirangkum 5 langkah yang harus dilakukan blogger untuk bisa sukses.

1. Tidak pernah berhenti belajar

Belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Dan belajar tidak harus diruang-ruang formal, bisa juga di ruang informal. Artinya, belajar tidak melulu ada didepan kelas, duduk dan mendengarkan guru menerangkan. Seperti pameo lama, yang berbunyi ‘Berhenti belajar sama saja mati’. Bukan mati dalam artian yang sesungguhnya, melainkan sudah tidak produktif lagi.

Baca Juga : Mana yang lebih bagus, blog atau Youtube?

Dalam dunia blogger, tidak produktif lagi dapat diartikan dalam beberapa hal, seperti tidak lagi mempublikasikan konten, membuat artikel serta merawat blognya tersebut.

Untuk itu, jika anda ingin menjadi blogger yang sukses, hal pertama yang harus anda lakukan adalah tidak pernah berhenti belajar. Belajar apa saja yang anda dapatkan, terutama untuk meningkatkan kemampuan ngeblog anda. Ini adalah hal paling utama agar anda bisa sukses sebagai seorang blogger.

2. Belajar Konsisten

Ada banyak kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan oleh blogger pemula, antara lain: sering berganti template, tidak membuat konten yang orisinal, tidak konsisten pada satu niche dan lain sebagainya. Alih-alih, blognya tersebut terlihat tidak konsisten.

Untuk itu, jika anda ingin fokus ngeblog, maka usahakan agar anda konsisten, sebagaimana yang saya sebutkan diatas. Memang ada banyak kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula, dan itu wajar. Tetapi, kalau kesalahan-kesalahan yang anda lakukan itu selalu berputar-putar, dalam artian anda tidak konsisten, maka sebaiknya pikirkan dulu tujuan anda ngeblog.

Jika sudah, maka anda bisa melanjutkan ke tahap-tahap yang lebih tinggi, yakni soal bagaimana menerapkan SEO yang baik, meminimalisir kesalahan-kesalahan penulisan dan lain sebagainya.

3. Terus Belajar SEO

SEO adalah hal yang amat penting dari sebuah blog. Sebab SEO yang baik akan menjadi indikator persaingan anda di mesin telusur. Kalau SEO anda tidak baik, maka jangan harap akan ada peningkatan didalam blog anda.

Baca Juga : Cara memilih target kata kunci yang baik dan benar

Ada dua macam SEO yakni Off page dan On Page. Tetapi intinya, saya ingin mengatakan dua hal disini, yakni perbanyak link internal yang mengarah ke artikel lain di blog anda, dan juga memperbanyak backlink yang mengarah ke blog anda.

Jangan lupa, salah satu faktor penting dari SEO adalah template blog anda. Soal kecepatannya. Untuk itu, pilihlah template yang kecepatannya bagus. Saya merekomendasikan template buatan Kompi Ajaib, salah satunya adalah Kompi Flexible, seperti template blog ini.

4. Meningkatkan jaringan ke sesama blogger lain

Jangan pikir ini tidak penting. Dalam dunia internet, meningkatkan jejaring berarti meningkatkan pemahaman anda atas sesuatu hal, termasuk dalam dunia blogging. Anda dapat bergabung ke komunitas blogging di Facebook atau di Google+ bahkan juga di Aplikasi Chatting seperti di WhatsApp atau telegram.

Baca Juga : Mengapa banyak blogger yang mencari artikel cara menghapus link kredit footer?

Jangan sungkan bertanya, jika anda tahu, jangan sungkan untuk memberikan tanggapan dan masukan. Ini menunjukan eksistensi anda sebagai blogger dan sekaligus memperkenalkan diri anda dan blog anda. Itu artinya, anda sedang berusaha mengasah brand anda, nama blog anda. Ini adalah faktor penting yang juga dapat menjamin kesuksesan anda di masa mendatang sebagai blogger.

5. Jangan cepat puas

Pada poin ini, merupakan perluasan dari jangan berhenti belajar sebagaimana yang dijelaskan pada poin pertama. Jangan cepat puas disini diartikan sebagai sebuah upaya untuk terus meningkatkan ketrampilan anda dalam dunia blog.

Ada beberapa ketrampilan, seperti mengelola blog, mengasah brand, berhubungan dengan pengunjung seperti dengan cara membalas komentar mereka dan lain sebagainya.

Pada akhirnya, poin 5 ini menjadi faktor penentu apakah anda bisa menjadi seorang blogger yang sukses atau tidak. Sebab, disini anda akan terus berusaha meningkatkan pengunjung, mengasah brand sekaligus meningkatkan penghasilan anda dari waktu ke waktu.

Kira-kira demikian artikel tentang 5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Untuk Bisa Sukses. Semoga langkah-langkah diatas bisa menjadi pedoman bagaimana menjadi seorang blogger yang sukses. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *