5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Sebelum mempublikasikan Konten

3 Likes Comment
mempublikasikan konten blog

5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Sebelum mempublikasikan Konten – Sebenarnya artikel ini merupakan bagian dari artikel sebelumnya yang membahas tentang cara membuat konten yang baik dan benar. Disitu telah dibahas hal-hal penting terkait dengan pembuatan konten.

Tetapi ada salah satu bagian yang belum diulas, terkait dengan langkah-langkah penting yang harus dilakukan blogger sebelum mempublikasikan konten. Dan ini yang kita bahas dalam artikel ini.

Mengapa kita harus membahasnya? Karena ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas artikel, dan untuk memaksimalkan konten anda tersebut didalam mesin telusur.

Langkah-langkah ini juga berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan ini saya terapkan sebelum saya mempublikasikan konten di blog.

5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Sebelum mempublikasikan Konten

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan artikel tentang 5 langkah yang harus dilakukan blogger sebelum mempublikasikan konten. Langkah apa saja itu? Berikut ini daftarnya:

1. Menulis artikel

Internet saat ini sudah kegemukan konten, tetapi bukan berarti kegemukan informasi. Ada informasi yang disiapkan berulang-ulang dalam suatu kejadian. Biasanya informasi ini, dalam dunia jurnalistik dikenal dengan istilah angle atau sudut pandang.

Sudut pandang inilah yang menjadi pembeda antara satu informasi dengan informasi lain, meskipun membahas fakta yang sama.

Sebagai contoh, misalnya dalam berita Debat Capres dan Cawapres pada saat pemilu, banyak media yang membuat berita mengenai debat tersebut, tetapi berdasarkan angle dan sudut pandang berbeda-beda.

Baca Juga : 5 Mitos Yang Sering Di Dengar Blogger Pemula

Faktanya sama, yakni siapa yang debat, kapan dilaksanakan, apa tujuannya, bagaimana jalannya debat dan lain sebagainya. Kronologinya sama, tetapi ada informasi yang menyajikan dengan cara yang berbeda. Singkatnya, itulah angle.

Dalam membuat konten, anda harus mencoba mengambil sudut pandang ini. Karena inilah yang menjadi pembeda antara satu konten dengan konten yang lain. Kira-kira begitu.

2. Proses editing

Setelah anda menulis, misalnya anda menulis artikel tentang ‘langkah-langkah yang harus diambil sebelum membuat konten’ maka setelah anda menuliskannya, anda harus mengeditnya.

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Segera Diatasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Fungsinya apa? Fungsinya untuk memperbaiki struktur tulisan, memperbaiki masalah typo kata, maksud dan lain sebagainya.

Kalau memungkinkan anda juga bisa memperbaiki soal frasa, tata bahasa dan EYD. Ini penting untuk menjaga profesionalitas blog anda menjadi lebih baik lagi.

3. Menyalin ke Notepad

Jika anda mengetik di Microsoft Word, usahakan jangan langsung mencopy-paste kan ke dalam postingan blog anda.

Mengapa? Sebab biasanya format dari MS Word tersebut masih menempel didalam tulisan yang anda buat tersebut. Akhirnya tampilannya akan tidak beraturan.

Baca Juga : Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends

Untuk menghindari hal itu, anda bisa memanfaatkan Notepad. Ini untuk menghilangkan program-program tertentu dari MS Word, dan untuk membuat tampilan tulisannya menjadi lebih baik lagi. Termasuk soal jarak huruf, bentuk huruf, jarang kata dan lain sebagainya.

Ini yang sering saya lakukan setelah saya membuat artikel. Setelah rampung, biasanya saya langsung mengedit dan menempelkannya di Notepad.

4. Buat postingan baru diblog lalu pastekan artikel dari notepad

Jika anda telah melakukan poin ketiga tadi, langkah selanjutnya adalah mempastekan di postingan blog anda. Setelah mempastekan, disini anda menerapkan strategi SEO, seperti tag h1, h2 dan seterusnya.

Jangan lupa beri tanda tertentu seperti huruf miring untuk bahasa asing, atau huruf tebal untuk kata-kata tertentu, termasuk kata kunci yang anda targetkan.

Baca Juga : Cara Sederhana Membangun Blog Dari Nol

Untuk lebih memahami hal ini, anda bisa membaca artikel-artikel lain tentang cara menerapkan SEO dalam postingan blog, membuat artikel SEO, dan beberapa sumber daya lain tentang SEO. Disitu dapat anda baca untuk menambah pengatahuan anda tentang SEO.

5. Posting

Eits, tunggu dulu, jangan langsung posting ya. Setelah anda melakukan langkah-langkah nomor 4 diatas, langkah selanjutnya adalah memasukkan artikel, gambar, link dan deskripsi penelusuran. Jika anda sudah mengaktifkan hal ini.

Baca Juga : 18 Artikel Pertama Yang Di Publish Di PAULIPU

Jangan lupa aktifkan Alt gambar, dan juga menaruh kata kunci di link blog anda. Untuk cara memasukan alt gambar caranya sangat mudah.

Begitu juga dengan menaruh kata kunci di Link blog anda. Anda bisa membaca artikel saya tentang cara membuat gambar ALT dan serta cara menaruh kata kunci di link blog yang baik dan benar.

Setelah itu, anda siap memposting artikel yang anda buat tersebut. Anda juga bisa memilih pilihan lain yang serupa seperti, menjadwalkannya atau mungkin masih menyimpannya dalam bentuk draf.

Jika anda langsung mempostingnya, jangan lupa langsung daftarkan ke Google Webmaster Tools. Jika anda bingung caranya? Silahkan baca artikel tentang Cara cepat agar artikel terindeks Oleh Google.

Nah demikian 5 langkah yang harus dilakukan blogger sebelum memposting artikel blog. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *