5 Cara Hilangkan Sariawan Dengan Cepat Tanpa Obat

4 Likes Comment
Cara Hilangkan Sariawan Dengan Cepat

Cara Hilangkan Sariawan Dengan Cepat – Sariawan atau yang lazim disebut dengan luka canker atau postemillas adalah lesi kecil yang terdapat dalam mulut dan cukup menggangu. Biasanya timbul di sekitar lidah dan bibir. Ada banyak penyebab mengapa seseorang terkena sariawan tetapi biasanya disebabkan karena konsumsi makanan asam.

Langkah-langkah untuk menghindari sariawan yang akan dijelaskan dalam artikel ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana, seperti mengindari makanan yang terlalu asam, pedas dan makanan asin lain karena bisa menyebabkan sariawan.

Selain itu juga, saat anda sedang mengalami sariawan, baiknya juga menghindari jenis makanan ini karena ini bisa menyebabkan iritasi pada luka sehingga proses penyembuhannya menjadi lambat. Nah berikut disajikan artikel tentang 5 Cara Menghilangkan Sariawan Dengan Cepat Tanpa Obat. Berikut caranya.

1. Teh hitam

Teh hitam dipercaya dapat menghilangkan sariawan dalam waktu yang singkat. Teh hitam juga merupakan alternatif untuk menghilangkan sariawan dengan cepat tanpa obat karenan kandungan yang terdapat didalamnya seperti tanin, yang merupakan zat astrigen yang dapat menghilanglkan limbah dan kotoran dalam mulut.

Baca Juga : 5 Cara yang Harus Dilakukan Setelah Mencabut Gigi

Untuk menghilangkan sariawan dengan cepat tanpa obat menggunakan teh hitam pertama-tama siapkan 1 sachet teh hitam dan satu cangkir air panas lalu campurkan dan aduk secara merata. Setelah itu dinginkan beberapa saat tapi jangan sampai dingin betul. Saat masih hangat silahkan oleskan langsung dibagian yang terkena sariawan.

2. Air hangat dan garam

Selain teh hitam, air hangat dan garam juga mampu menghilangkan sariawan dengan cepat. Air hangat dan garam dapat mendisinfeksi luka sariawan dan mempercepat penyembuhan karena garam memiliki sifat aksi bakterisida yang kuat, sehingga dapat menghilangkan bakteri dari area tersebut.

Baca Juga : 8 Jenis Nyeri Yang Paling Umum Dialami Oleh Manusia dan Cara Mengobatinya

Untuk menghilangkan sariawan menggunakan air hangat dan garam, silahkan tambahkan 1 sendok garam ke dalam gelas yang berisikan air hangat dan bilas didaerah yang terkena sariawan selama beberapa menit. Untuk hasil yang lebih baik gunakan metode ini dua kali sehari.

4. Susu kaya magnesium

Selain dua cara diatas, menghilangkan sariawan dengan susu kaya magnesium juga dapat menjadi alternatif. Karena susu kaya magenesium dapat melapisi dan melindungi lesi bakteri serta dapat mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga : 3 Cara Alami Putihkan Gigi Dengan Cepat Dan Terbukti Berhasil

Untuk menghilangkan sariawan menggunakan susu kaya magnesium, silahkan campur satu sendok susu kaya magnesium didalam 1 gelas air putih dan lumuri di daerah yang terkena sariawan.

5. Yoghurt

Mengkonsumsi Yogurt juga bisa menghilangkan sariawan. Karena Yoghurt mengandung bakteri bifido atau dengan probiotik yang membantu menjaga usus, memperkuat pertahanan alami tubuh juga bisa digunakan untuk menghilangkan sariawan. Selain itu, mengkonsumsi Yoghurt juga memungkinkan risiko terkena sariawan lebih kecil.

Baca Juga : 8 Cara Hilangkah Sakit Gigi Dengan Cepat

Selain 5 cara diatas, salah satu alternatif untuk menghilangkan sariawan adalah dengan bikarbonat. Namun ini cara ini tidak disarankan ya. Karena bikarbonat dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa terbakar pada daerah-daerah yang terkena sariawan.

Hanya saja, bikarbonat dapat membantu meningaktkan proses penyembuhan karena kandungan pH Saliva. Tetapi bukan dengan mengoleskan langsung di daerah yang terkena Sariawan tetapi dengan metode-metode khusus seperti dibawah ini.

Baca Juga : 8 Penyebab Utama Mengapa Gusi Sakit

Siapkan 1 sendok makan baking soda lalu taruh didalam gelas yang sudah berisikan air. Setelah itu bilas di daerah yang terkena sariawan minimal 2-3 kali sehari.

Saat terkana sariawan, perlu anda ketahui untuk menghindari penggunaan obat kumur yang mendangung alkohol karena bisa menyebabkan rasa sakit yang lebih parah lagi.

Makanan dengan bumbu yang pedas, asam dan asin juga tidak disarankan karena hanya akan meningkatkan rasa sakit. Demikian artikel tentang 5 Cara Hilangkan Sariawan Dengan Cepat Tanpa Obat. Semoga artikel ini bermanfaat.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *