5 Alasan Mengapa Page Authority Blog Menurun

4 Likes Comment
Page Authority Blog Menurun

5 Alasan Mengapa Page Authority Blog Menurun – Otoritas halaman atau page Auhrotity adalah salah satu hal yang menunjukan tingkat popularitas blog di mesin telusur. Seperti juga domain Authority, Page Authority blog juga ternyata bisa turun bahkan dalam beberapa kasus penurunan ini drastis.

Ada banyak faktor untuk mengukur tingkat popularitas suatu blog, diantaranya Kualitas backlink yang didapatkan dan page view dari backlink termasuk juga jumlah pengunjung organik yang datang dari SERPs. Namun terkadang, Page Authority blog menurun tanpa anda ketahui alasannya.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Domain Authority Blog Turun

Kasus ini saya jumpai pada blog saya sendiri. Terkait dengan alasan-alasannya, disini saya telah mengulasnya. Menurunnya ini biasanya diiringi dengan penurunan Domain Authority dan salah satu cara untuk mengindetifikasi menurunnya page Authority ini adalah menurunnya jumlah kunjungan blog dari hari ke hari. Lalu apa saja penyebab Page Authority blog menurun? Ini dia daftarnya.

1. Backlink Yang Tidak Tertarget

Backlink yang tidak tertarget ini biasanya dapat anda lihat pada media-media nasional, yang hanya mengambil sekitar 100 karakter pertama dan sisanya mengarahkan ke blog anda. Misalnya backlink yang anda dapatkan dari viva.co.id atau dari Liputan6.

Dan mungkin juga anda pernah membaca salah satu artikel dari beberapa blog diatas dan setelah di scroll ke bawah ada tulisan Baca Selengkapnya… dan ketika anda mengklinknya anda akan diarahkan pada blog atau situs web lain. Jenis backlink seperti yang kemudian disebut sebagai backlink yang tidak tertarget.

Memang sih anda bisa memperoleh pengunjung blog dengan cepat dari backlink model ini dan mampu meningkatkan PA dan DA blog seketika. Tapi saat artikel tersebut sudah tidak memperoleh pengunjung maka biasanya page Authority blog juga menurun.

Sebagai contoh, salah satu artikel Pau Lipu pernah dikirimkan di blog viva.co.id dan mendapatkan backlink serupa. Besok harinya, page Authority Pau Lipu naik ke angka 9 padahal dua hari sebelumnya masih di angka 5. Selain itu juga domain pau lipu baru saja di beli 4 hari lalu. Namun karena sudah banyak artikel jadi gak mengherankan kalau domain Authority naik ditambah backlink yang didapat itu dari situs dengan DA dan PA diatas 80.

Baca Juga : 10 Cara Cerdas Memperoleh Backlink Berkualitas Untuk Blog

Salah satu artikel itu mendapatkan kurang lebih 1200 pengunjung. Namun hanya satu hari saja, besok harinya pengunjung yang datang dari link tersebut tinggal belasan sampai akhirnya benar-benar habis. Lalu setelah di cek, page Authority blog saya turun dari 9 menjadi 6.

Dari sinilah saya kemudian menyimpulkan bahwa backlink jenis ini, adalah backlink yang tak tertarget dapat membuat PA blog turun. Karena biasanya hanya mendapatkan popularitas dalam jangka waktu yang pendek dan bukan dalam jangka waktu panjang.

2. Backlink Dari Domain Yang Page Authority Rendah

Memperoleh backlink yang tinggi untuk blog adalah salah satu impian yang ingin di capai. Apalagi jika anda bisa mendapatkan ribuan backlink yang mengarah langsung ke blog anda.

Namun jika anda ingin mendapatkan backlink, misalnya dengan cara melakukan pengeposan tamu, usahakan blog tersebut harus memiliki domain dan Page Authority yang lebih tinggi dari blog anda.

Baca Juga : Cara Cepat Menaikan Skor Otoritas Domain Dan Otoritas Halaman Blog

Karena meskipun backlink yang anda daptkan banyak tetapi kalau asal backlink datang dari blog yang ber DA dan PA tinggi maka seperti backlink yang sifatnya sementara dan gak terlalu berpengaruh untuk blog.

Mungkin saja domain authority blog bisa naik karena mendapatkan backlink yang banyak namun akhirnya turun ulang hanya karena domain authority dan PA blog yang menautkan itu rendah. Jika sudah begini maka bisa saja domain Authority blog anda juga akan menurun.

3. Pengunjung blog yang berkurang dari waktu ke waktu

Ada banyak faktor yang membuat blog anda sepi atau populer. Salah satu faktor tersebut adalah konten dan target kata kunci blog. Namun jika semakin hari pengunjung blog anda semakin kurang maka tentu ada yang salah.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Dan mungkin diperlukan evaluasi. Karena bisa saja berdampak pada skor page Authority blog anda. Sebab salah satu faktor naik turunya page Authority dan domain Authority blog adalah popularitas blog tersebut.

4. Duplikasi kata kunci

Duplikasi kata kunci juga berdampak pada DA dan PA blog termasuk popularitas anda blog di mesin telusur. Soal ini sebenarnya sudah saya bahas pada salah satu artikel saya yang berjudul Kanibalisasi Kata Kunci. Disitu saya tentang cara mendeteksi duplikasi kata kunci di blog dan solusinya.

Jika anda ingin mencari cara bagaimana mengidentifikasi duplikasi kata kunci dan juga cara bagaimana untuk membereskan masalah itu, silahkan baca saja artikel diatas. Namun, salah satu indikasi utama dari duplikasi kata kunci ini adalah menurunnya page Authority blog secara bertahap dan ini juga berdampak pada skor domain Authority dan juga page rank.

5. Banyaknya link eksternal dan internal yang eror

Ada banyak jenis link baik yang eksternal dan internal. Salah satu cara mudah untuk mengidentifikasi adanya link eksternal dan internal yang eror di blog adalah dengan mengeceknya menggunakan tools gratisan seperti Broken Link Checker.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mengidentifikasi link eror tersebut dan menyelesaikannya. Apalagi jika link eksternal dan internal itu banyak sekali yang eror maka usahakan untuk segera perbaiki secepat mungkin. Nah kira-kira itu 5 alasan mengapa page Authority blog  menurun. Semoga artikel bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *