5 Alasan Mengapa Domain Authority Blog Turun

1 Like Comment
5 Alasan Mengapa Domain Authority Blog Turun – Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Beberapa waktu lalu, Domain Authority blog saya turun. Kasus ini benar-benar langka menurut saya. Sebab, selama mengelola beberapa blog pengalaman ini baru pertama kali saya alami.

Meski blog ini tergolong blog yang aktif, setiap hari ada saja postingan yang dibuat namun tetap saja DA blog ini turun. Meski aktif tapi ternyata bukan jadi jaminan bahwa domain authority akan naik perlahan-lahan. Dalam artikel ini saya akan membeberkan 5 alasan mengapa domain authority blog turun dan apa yang menjadi penyebabnya. Berikut 5 alasan mengapa domain authority blog turun.

1. Page Authority yang terlalu tinggi

Saya pernah melihat sebuah blog dengan domain authority 4 tetapi page authoritynya 32. Ini adalah blog dengan niche unik misteri. Beberapa minggu kemudian setelah saya mengeceknya ulang page authority blog tersebut ternyata turun. Saya mengeceknya menggunakan tools check Moz.

Ini yang menjadi salah satu penyebab mengapa domain authority kita turun. Biasanya, page autorithy yang terlalu tinggi menjadi penyebabnya. Biasanya page authority yang terlalu tinggi dikarenakan banyaknya backlink yang didapatkan sementara blog tersebut baru memiliki 4-5 potingan saja. Dilain pihak, 70-90% pengunjung blog tersebut mungkin datang dari backlink.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Page Authority Blog Turun

Apalagi jika kita jarang update maka sudah pasti page auhority blog bakalan turun. Untuk itu, jika anda tidak ingin page authority blog anda turun ada baiknya tetap pertahankan jarak antara Page Auhtority dan Domain Auhtority. Jarak aman antara dua hal ini adalah 2-5. Misalnya, DA blog anda 4 maka usahakan PA-nya 6-7. Karena ini normal.

2. Jarang update

Salah satu alasan mengapa page Authtority blog kita tinggi adalah updatenya. Semakin sering update dilakukan semakin besa kemungkinan Domain Auhtority naik. Namun bagaimana jika blog kita itu sudah tidak di update selama 6 bulan? Saya yakin anda pasti sudah tahu jawabannya yakni PA blog akan turun.

3. Spam Score yang tinggi

Ada banyak faktor mengapa spam skor blog kita tinggi salah satunya adalah terlalu banyaknya konten duplikat didalam blog kita atau backlink yang kita dapatkan dari situs web P*rno, jud* dan lain sebagainya. Jika sudah begini maka ada baiknya kita berhati-hati karena bisa saja blog kita tersebut akan dihapus dari SERPs karena melanggar kebijakan dari Google.

Baca Juga : Cara Mengecek Skor Domain Authority Dan Page Authority Untuk Blog

Untuk itu, usahakan untuk tetap membuat konten yang original dan terus memeriksa link yang masuk atau link yang mengarah ke blog kita. Jika ada link yang mencurigakan silahkan periksa. Kalau memang merupakan situs web demikian maka silahkan blokir saja link masuk tersebut.

4. Terlalu banyak berganti template dan editing artikel

Jika anda tidak percaya, coba lakukan perubahan ini. Cari salah satu artikel didalam blog anda yang cukup populer lalu edit artikel tersebut. Edit saja kata-kata didalamnya, lebih bagus kalau anda melengkapinya dengan menambahkan beberapa paragraf. Dan lihat hasilnya.

Dalam kurun waktu beberapa hari artikel tersebut pasti akan kehilangan pengunjung. Mengapa? Karena ini mempengaruhi struktur dan model crawling Google. Google sebenarnya berusaha memahami blog anda, dan mereka menyukai konten yang sama, tanpa perubahan. Artinya konten tersebut sudah dibuat dengan sempurna dan telah melewati proses editing sebelum di publikasikan.

Baca Juga : Dampak Terlalu Banyak Berganti Template

Selain itu juga, perubahan template juga mempengaruhi domain Auhtrity blog. Apalagi perubahan template yang dilakukan malah membuat blog lebih lambat dan sulit diakses dibanding sebelumnya. Tentu ini gak baik buat reputasi blog anda di masa depan.

Dan dari sini saya kira anda sudah tahu apa yang harus dilakukan. Pertama, usahakan sebelum memposting artikel anda sudah melakukan pengeditan dan penyempurnaan konten terlebih dahulu. Kedua, usahakan template yang anda gunakan itu tidak diganti secara radikal. Anda hanya perlu menyesuaikan saja pada struktur template sesuai kemauan anda seperti gambar gradasi, warna latar belakang, font dan lain sebagainya. Selain itu, jika anda ingin memilih template maka usahakan untuk memilih template yang ringan dan minimalis. Maksudnya adalah pilihlah template yang kecepatan loadingnya lebih baik dari template anda sebelumnya.

5. Terlalu banyak broken link didalam blog

Ada tiga tipe broken link, tentang tiga tipe ini sudah saya jelaskan pada salah satu artikel saya yang berjudul 3 Tipe Broken Link dan bagaimana menyelesaikannya. Jika terlalu banyak broken link akan berdampak pada Domain Authority blog. Untuk itu, selalu deteksi adanya broken link didalam blog dan segera perbaiki.

Nah demikian artikel tentang 5 Alasan Mengapa Domain Authority Blog Turun. Salah satu indikasi dari menurunnya domain authority blog adalah berkurangnya secara bertahap pengunjung blog dan juga menurunnya page rank blog di mesin telusur. Semoga bermanfaat ~

You might like

About the Author: Charlie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *