4 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Oleh Blogger

8 Likes Comment
hal penting yang harus dilakukan oleh blogger

4 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Oleh Blogger – Saat ini, aktivitas ngeblog sudah menjadi salah satu aktivitas yang banyak digemari di Indonesia. Terlebih khusus di kalangan milaneal.

Tapi, banyak para blogger itu yang akhirnya berhenti, membiarkan blognya terbengkalai begitu saja. Selama berbulan-bulan tidak ada update artikel. Sampai akhirnya blog itu benar-benar vakum.

Saya pernah mendengar beberapa cerita mantan blogger yang akhirnya memilih berhenti ngeblog hanya karena kecewa hasilnya.

Entahlah, mengapa mereka kecewa dengan dunia blogging, itu subjektif. Masing-masing orang berbeda alasannya.

Tapi yang jelas, mereka kecewa karena kurang pengunjung, waktu yang diperlukan untuk memperoleh penghasilan cukup lama dan alasan-alasan lain yang juga subjektif.

Jadi dapat disebut para blogger yang memilih berhenti ngeblog itu dikarenakan mereka tidak konsisten. Berbicara soal konsistensi ngeblog, ada perlu belajar dari hal-hal sederhana.

Seperti misalnya dalam tampilan blog saya ini, blog paulipu.com. Yang sangat sederhana tetapi terlihat menarik dan elegan.

Tahukan maksudnya? Maksudnya tidak banyak embel-embel yang anda lihat didalam blogini seperti tampilan popular post, atau embel-embel lain seperti heading berjalan, dan seterusnya.

Artinya, blog ini tampil lebih luwes. Begitu juga dengan artikel-artikel yang tampil didalamnya. Artikel-artikelnnya lepas, tetapi tetap terikat pada tren di mesin pencari sekarang ini.

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Segera Diatasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Begiyu juga dengan desain blog ini yang juga luwes, fontya yang padat dan menarik dan juga hal-hal lain didalamnya. Dibagian beranda, anda hanya bisa melihat 3 artikel nongol, dan dibagian dalam beranda, link internalnya begitu kuat.

Termasuk artikel Matched content yang dibuat oleh Google, nongol sebagai pengganti artikel daftar related post. Intinya semua yang tampil disini sederhana.

Lalu apa yang dapat anda pelajari dari artikel blog sederhana ini? Jika anda sebagai blogger pemula baiknya anda mempelajari 4 hal yang akan saya paparkan dibawah ini. Apa saja itu? Simak selengkapnya.

1. Konsisten

Terkait dengan kata ini, ada tiga maksud. Yang pertama adalah konsistensi dalam artian membuat konten. Setiap minggu, usahakan sedapat mungkin anda membuat satu artikel saja. Dan usahakan agar artikel tersebut langsung didaftarkan ke Google Webmaster Tools, agar artikel cepat terindeks ke Google.

Konsistensi kedua adalah soal template. Usahakan jangan pernah mengganti template anda, karena ini mempengaruhi performa blog anda tersebut. Kalau memungkinkan, pilihlah tema yang sesuai, yang premium dan lain sebagainya.

Konsistensi yang terakhir adalah soal konten. Jika konten anda telah diterbitkan, sedapat mungkin agar anda tidak usah mengeditnya. Sebab ini sama seperti template diatas, dan Google akan sangat lambat dalam hal mengindeks pembaharuan dalam blog anda.

Baca Juga : 3 Langkah Agar Artikel Cepat Terindeks Ke Mesin Pencari Google

Alih-alih, bukannya pengunjung bertambah malah pengunjung akan berkurang. Jadi empat hal ini perlu anda terapkan jika anda ingin terus ngeblog.

Artinya, anda terus berusaha membuat artikel setiap hari jika itu memungkinkan. Selain menjaga produktivitas ngeblog, anda juga belajar untuk terus teguh pada pendirian, tidak cepat menyerah dan tidak takut gagal.

Lalu mengapa anda harus belajar soal konsistensi dari blog yang sederhana ini? Bukanlah ada juga blogger-blogger yang aktif ngeblog bahkan lebih aktif lagi ketimbang blog ini? Alasannya mungkin juga subjektif.

Tetapi jika anda ingin belajar soal konsistensi dari blog ini satu-satunya hal yang bisa anda pelajari adalah soal mempertahankan tiga prinsip yang disebutkan diatas. Itu sudah lebih dari cukup!

2. Template

Dalam kurun beberapa bulan terakhir, para pembaca setia tidak mungkin melihat ada pergantian template, atau tampilan. Mungkin ada, tapi tidak terlalu mencolok sehingga kurang disadari oleh para pembaca.

Itu berarti, Blog ini tampil apa adanya tanpa banyak embel-embel lain seperti recent post, popular post yang terlampau banyak, header yang norak dan gak nyaman, tampilan iklan yang berlebihan, artikel-artikel yang basi dan cenderung clickbait, dan juga embel-embel footer lain yang justru memperlambat loading blog.

Baca Juga : 5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Agar Bisa Sukses

Itu memang gak masalah, dan menjadi hak tiap blogger. Tetapi usahakan dalam ngeblog anda menunjukan kesederhaaan dalam blog anda tersebut. Dan pertahankan itu.

Sebab, orang-orang, terlebih warga Indonesia, menyukai kesederhanaan. Sebab biasanya hal yang sederhana lebih tampil bersahaja dan cenderung lebih to the poin atas apa yang ia tampilkan.

3. Iklan

Saya pikir mungkin semua pembaca sudah tahu kalau iklan menjadi salah satu pendapatan utama dalam ngeblog. Blog ini, terus berkembang dan bertahan karena iklan. Entah itu dari influencer atau konten placement serta beberapa pendapatan lain.

Baca Juga : 8 Jasa Yang Dapat Di Buka Blogger Untuk Meningkatkan Penghasilan

Tapi, lihat semua iklan yang tampil di blog ini? Semuanya dari adsense. Tidak ada iklan-iklan lain yang nongol disana.  Jadi apa yang kita bicarakan pada poin ini? Ialah soal fokus.

Jika anda fokus pada satu hal, sebagaimana fokus pada satu jaringan periklanan seperti AdSense, maka lama kelamaan penghasilan anda akan bertambah. Berbeda dengan blog-blog lain yang dibangun dengan iklan sana-sini, lalu menghambat loading blog.

4. Aktif di media sosial

Jika ada sebagian dari anda yang bergabung di grub Facebook Adsense Secret Indonesia, sudah pasti pernah membaca postingan dari saya. Misalnya saat menunjukna PV blog beberapa bulan terakhir yang mencapai 20.000 orang dalam sehari. Banyak sekali!

Tapi bukan itu yang mau dibicarakan disini, melainkan tampilnya seorang pengelola blog di media sosial lalu bergabung dengan para pemula, membagi tips dan triknya serta dengan senang membagikan kiat-kiat khusus untuk terus ngeblog.

Baca Juga : Dampak Terlalu Sering Berganti Template Blog

Kalaupun ada blogger dengan PV demikian besar, mereka terkadang mengeksklusifkan diri, membuat akun FB dengan gambar dan foto yang bukan wajah mereka sendiri, lalu hanya memantau. Mereka kadang tidak membagi ilmunya kepada para blogger lain, terutama pada para pemula. Apalagi memberi motivasi.

Padahal, sebagai manusia kita juga harus membantu sesama manusia. Itulah prinsip dasarnya, dan menjadi prinsip paling pertama yakni mampu memberdayakan orang lain dengan kemampuan yang dimiliki. Itu sudah lebih dari cukup.

Jika sudah demikian, maka kredibilitas blog anda sudah pasti akan meningkat dan memungkinkan jika ada seseorang yang mencari sesuatu, dan sesuai dengan niche blog yang anda angkat, mereka akan mengunjungi  blog anda, dengan langsung mengetikan URL blog di mesin telusur. Ini berguna untuk meningkatkan kemapanan blog, terutama dapat meningkatkan otoritas domain blog anda.

Kesimpulan

Nah demikian 4 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Oleh Blogger. 4 Hal yang cukup sederhana, simple dan terkesan tidak berguna, yang sebenarnya menjadi kunci dari kesuksesan suatu blog.

Mudah-mudahan, apa yang disebutkan diatas bisa bermanfaat bagi orang lain, dan bisa menjadi untuk terus ngeblog dan membagikan artikel-artikel yang bermanfaat bagi orang lain. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *