3 Langkah Mudah Agar Artikel Cepat Terindeks Di Mesin Pencari

4 Likes Comment
artikel cepat terindeks di mesin pencari

3 Langkah Mudah Agar Artikel Cepat Terindeks Di Mesin Pencari – Jika anda blogger pemula, mungkin anda tidak tahu bahwa artikel didalam blog kita dapat dengan cepat terindeks oleh Google. Jika artikel kita cepat terindeks oleh Google berarti artikel kita memiliki potensi untuk dibaca oleh orang lain lebih cepat.

Karena itu, bagi anda yang ingin mempercepat artikel anda terindeks oleh Google segala cara harus anda lakukan. Dan saya akan memaparkan tiga cara untuk mempercepat artikel anda terindeks oleh Google. Cara-cara ini sudah saya coba satu per satu.

Dan semuanya menunjukan bahwa artikel saya dapat terindeks oleh Google kurang dari 24 jam. Untuk itulah artikel ini saya buat. Lalu bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai habis.

Langkah 1. Share ke Media Sosial

Artikel yang dishare ke media sosial ternyata dapat mempercepat proses pengindeksan. Silahkan anda coba sendiri jika anda tidak percaya. Selain itu share ke media sosial berpotensi meningkatkan trafik website kita sendiri.

Mengapa artikel yang di share di media sosial cepat sekali terindeks oleh Google? Karena metode pengindeksan di dalam blog, atau media sosial berupa link, lebih cepat terbaca. Apalagi jika artikel tersebut cukup populer dan telah dibaca oleh ribuan orang.

Maka tanpa perlu mendaftar di Webmaster Tools, artikel itu sudah ada di Google. Ini adalah salah satu strategi Google dalam hal konten. Sebab, artikel-artikel yang sedang viral di media sosial menggerakan orang untuk mencari informasi lain, atau informasi tambahan di mesin telusur.

Sudah tentu Google tidak ingin hasilnya tidak relevan kan? Bisa saja para pengguna akan beralih ke Bing atau Yahoo, yang jelas-jelas sangat merugikan Google dalam hal marketing.

Baca Juga : 4 Hal penting yang harus dilakukan oleh Blogger

Tetapi bagaimana jika artikel itu bukanlah artikel yang viral seperti yang saya jelaskan diatas? Tidak jadi masalah.

Anda dapat melakukan uji coba, dimana artikel yang baru saja anda terbitkan dan anda posting di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, LinekdIn, Pinterest dan media sosial lain.

Dan lihat hasilnya, biasanya kurang dari 24 jam sudah terindeks oleh Google. Bahkan mungkin kurang dari 1 jam. Itulah yang menjadi kekuatan dari media sosial yang harus anda manfaatkan sebagai seorang blogger.

Langkah 2. Masukan URL blog ke Youtube

Mengapa harus memasukan URL di Youtube? Jawabannya sederhana. Youtube saat ini sudah menjadi search engine terbesar kedua setelah Google dan Youtube milik Google. Ada yang lain? Tentu saja ada.

Anda tidak perlu repot-repot memanfaatkan Insepksi Video untuk mempercepat pengindeksan di Youtube, itu berarti proses pengindeksan di Youtube di lakukan secara real time.

Artinya, setiap kali anda memposting video di Youtube orang-orang bisa langsung menemukan video anda detik itu juga. Sekalipun mereka melakukan pencarian untuk video yang baru saja anda posting tersebut.

Lah, bagaimana jika saya tidak punya Chanel Youtube? Gampang, anda bisa memasukan link artikel anda di Komentar pada suatu video yang pembahasan sama.

Baca Juga : Mengapa Sitemap Perlu Di Perbaharui Setiap Kali Ada Perubahan Di Blog Kita?

Dengan demikian, artikel anda tidak perlu repot lagi untuk menggunakan inspeksi URL. Tetapi jika anda tidak ingin menggunakan dua metode ini, maka metode ketiga ini adalah solusinya.

Langkah 3. Memanfaatkan fitur Inspeksi URL

Inspeksi URL adalah salah satu strageti yang membantu para blogger untuk mempercepat pengindeksan artikel didalam blog anda. Ini adalah salah satu metode yang sangat populer dikalangan para blogger.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis di Internet

Dulunya, di Google Search Console yang lama, fitur ini dinamakan Fetch As Google, dan kemudian diubah di Google Search Console yang baru menjadi Inspeksi URL.

Nah untuk anda yang ingin mempercepat pengindeksan artikel didalam blog anda, anda wajib memanfaatkan fitur gratis milik Google ini. Caranya? Silahkan ikut cara-caranya dibawah ini.

  1. Salin URL baru anda, yang anda inginkan agar Google cepat mengindeksnya
  2. Buka Dashboard Search Console
  3. Klik inspeksi URL/Langsung klik menu bar yang kosong dibagian atas
  4. Klik enter lalu tunggu loadingnya beberapa saat
  5. Klik minta pengindeksan> terkadang anda diminta memasukan Chaptca> selesai

Sampai disini anda artikel anda sudah bisa terindeks oleh Google. Dalam beberapa kasus butuh waktu untuk bisa terindeks, apalagi jika anda sudah menggunakan fitur ini lebih dari 10 kali dalam 1 hari. Maka artikel anda akan masuk di URL pengecualian/atau belum saja diindeks.

Jadi terbatas ya fitur Insepksi URL ini. Jika sudah begitu, solusinya adalah ikuti langkah-langkah 1 dan 2 diatas. Nah demikian artikel tentang 3 Langkah Mudah Agar Artikel Cepat Terindeks Di Mesin Pencari. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *