15 Rahasia Google Maps Yang Wajib Anda Ketahui Saat Menggunakannya

2 Likes Comment
rahasia google maps

15 Rahasia Google Maps Yang Wajib Anda Ketahui sebelum Menggunakannya – Di dalam Google Maps, anda bisa melihat daftar konta yang anda di ponsel kita. Ini bertujuan agar anda bisa membagikan lokasi pada teman dan kontak anda, atau anda bisa menyalin tautan lokasi ke Cliboard, lalu membagikan lokasi tersebut ke media sosial baik itu Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Google Maps memberikan fitur yang luar biasa bagi para pengguna android. Dengan menggunakan Google Maps, anda tidak takut lagi saat tersesat dan ingin bepergian ke mana saja. Karean Googel Maps bisa memberi tahu kepada anda jalan yang ingin anda tuju dengan mudah.

Baca Juga : 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Namun, perlu anda ketahui, dalam beberapa kasus lokasi yang ditunjukan oleh Google Maps tidak begitu akurat. Meski GM sudah berkembang sangat pesat akhir-akhir ini, tetapi fitur-fitur keren terus di update setiap saat oleh Google. Nah berikut disajikan rahasia google maps.

15 Rahasia Google Maps

Karena itu, kali ini akan dibagikan tips dan trik tersembunyi dari Google Maps untuk anda yang ingin mengubah cara dalam bernavigasi. Lalu apa saja tipsnya? Baca postingan ini sampai habis.

1. Salah satu tips rahasia dari Google Maps adalah anda dapat melihat kecepatan dan batas kecepatan

Fitur ini memang belum terdapat di aplikasi Google Maps bawaan. Jadi anda harus mendownload aplikasi tambahan. Jika anda ingin mendownloadnya, download saja disini. Aplikasi tersebut adalah aplikasi Velociraptor, dan dapat diunduh di Google Play Store dan sangat mudah untuk menggunakannya.

Baca Juga : 5 Aplikasi Chat Dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi

Setelah menginstalnya, anda akan melihat gelembung kecil yang terdapt disamping kiri. Gelembung tersebut akan menunjukan kecepatan anda saat ini dan batas kecepatan jalan yang sedang anda tuju.

Uniknya lagi, anda juga dapat mengatur kecepatan sesuai dengan yang anda mau. Jadi anda dapat mengatur kecepatan berkendara dan jika anda telah melewati batas kecepatan tersebut, maka anda dapat lebih berhati-hati.

2. Tambahkan Pin Stop untuk isi Bahan Bakar

Setelah anda mulai bernavigasi, anda bisa mengetuk tombol search (ikon kaca pembesar) untuk mencari lokasi lain dan dapat menambahkan pin stop disana, misalnya di SPBU jika anda ingin mengisi bahan bakar untuk kendaraan anda. Untuk melakukannya, anda harus menekan tiga titik di kanan atas lalu Add Stop.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Cara ini snagt berguna jika anda sedang mencari SPBU dan Google Maps akan menunjukan kepada anda harga bahan bakar di lokasi yang berbeda sehingga anda dapat menghemat untuk pengisian berikutnya.

3. Hitung waktu saat anda berkendara

Saat anda ingin melakukan perjalanan, misalnya perjalanan yang cukup jauh, Google mpas akan memberi tahu pengguna waktu tempuh tujuan. Nah sebaiknya anda maksimalkan fitur ini, untuk memulai merencanakan waktu tempuh yang tepat. Mulailah dengan menarik arah dari satu lokasi ke lokasi lain seperti biasa.

Lalu ketuk bagian tab transportasi, dan tekan Depart At. Cara ini akan secara otomatis melompat ke waktu saat ini berada, tetapi akan mengubahnya ke waktu yang lain, anda juga dapat merubahnya menjadi Arivve By atau memilih transit terakhir.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pesan Instan Paling Populer Di Dunia

Perkiraan ini dapat anda gunakan jika anda memakai transportasi umum. Sayangnya. Jika anda ingin memperikirakan waktu perjalanan dengan menggunakan mobil, maka anda perlu menggunakan Google Maps di Web untuk fitur yang satu ini.

4. Merubah tampilan interface Google Maps

Anda juga dapat merubah tampilan Google Maps dengan cara merubah orientasi peta dengan cara mengetuk kompas. Ketuk sekali saja maka anda akan diarahkan ke utnara, dan ketuk lagi untuk mengorientasikan tempat anda sekarang ini.

Fitur kedua adalah anda dapat melihat ukuran bagunan secara virtual. Coba rentangkan kedua jarin anda untuk melihat semua bangunan yang ada di berbagai area tertentu. Saat anda ingin kembali ke tampilan lama, cukup cubit dnegan dua jari anda untuk memperkecil kembali.

5. Menambahkan label pada tiap-tiap lokasi

Anda juga bisa menambahkan label pada tiap-tiap lokasi. Dengan cara memberi tanda Star atau bintang dan menyimpannya di My Places. Tetapi, apakah anda tahu bahwa anda bisa menambahkan label pada fitur My Place tersebut? Untuk fitur ini, anda hanya bisa menambahkan label ke tempat-tempat yang sudah terdaftar di Google Maps.

Baca Juga : Cara menempatkan iFrame Google Maps Didalam Postingan Blog

Misalnya saja, jika anda telah mengunjungi sebuah toko dan ingin mengingat tempatnya maka anda bisa memberit anda star atau bintang pada toko trsebut, dan namanya nanti akan muncul dibawah menu Your Places. Tetapi, anda sudah tidak bisa lagi menambahkan lebel ke nama tersebut karena sudah mempunyai nama.

Sebagai contoh, jika anda ingin mengujungi rumah mantan anda, tetapi alamat mantan anda tidakt terdaftar sebagai bisnis di Google Maps, sehingga alat standar akan muncul pada alamat mantan anda tersebut.

Saat itulah anda bisa menambahkan label ke rumah mantan anda tersebut. Misalnya dengan memberi nama dengan nama mantan anda, ataupun kenangan-kenangan anda, dan nanti akan muncul dibawah menu Your Places.

6. Petunjuk arah ke telepon

Jika anda sedang menggunakan Google Maps dari komputer anda, anda bisa mengirim petunjuk arah ke smartphone anda dengan syarat anda harus login dengan akun google yang sama dengan di Handphone and atersebut.

Jika anda sudah masuk dengan akun Google yang sama dengan handphoen anda, anda cukup memilih fitur Send Directrions to your Phone. Dengan demikian, handphone anda akan mendapatkan notifikasi yang akan membawa anda ke Navigasi di Google Maps.

7. Navigasi didalam Gedung ataupun Mall

Google maps tidak hanya menavigasi jalan dan menjadi petunjuk arah saja, tetapi juga bisa menjadi petunjuk jika anda tersesat didalam Mall. Anda bisa menemukan toko-toko tertentu dan bisa mencari toilet bahkan mampu menavigasi untuk pergi ke lantai yang bebeda secara terpisah.

8. Anda dapat melihat tempat-tempat yang pernah anda kunjungi sebelumnya

Dengan menggunakan Google Maps, anda bisa melihat tempat-tempat dimana saja yang pernah anda kunjungi. Cukup dengan membuka menu pada bar di kiri atas layar lalu pilih menu Your Timeline. Disini adan dapat menavigasi ke hari-hari apapun dan dimasa lalu ditempat yang pernah anda kunjungi sebelumnya.

Baca Juga : 8 Fitur Rahasia Google Play Store

Apabila anda merasa riskan dengan privasi anda, maka and adapt menghapus riwayat/histori anda terhadap suatu tempat yang pernah anda kunjungi (atau anda dapat menonaktifkan fitur ini sepenuhnya).

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menambahkan catatan ke hari-hari tertentu untuk mengingat apa yang pernah anda lakukan ditempat tersebut, misalnya foto-foto anda.

9. Double tab untuk Zoom

Cara ini memang cukup sederhana, jika anda ingin memperbesar layar cukup ketuk dua kali pada layar dan untuk mengembalikan anda hanya perlu melakukan tindakan serupa. Karena dengan mengetuk layar 2x lebih cepat dari pada menggunakan dua jari anda untuk zooming.

10. Gunakan voice control untuk menyimpan lokasi

Rahasia Google maps selanjutnya adalah memberi lebel seperti yang sudah dijelaskan pada poin 5 diatas. Salah satu manfaat memberi lebel pada tempat yang sering anda kunjungi dengan cara menyimpan lokasinya adalah anda dapat dengan mudah membuat navigasi yang dapat anda control lewat suara. Ini lebih efisien dan mudah anda lakukan ketimbang anda melakukannya secara manual.

Fitur Google Assistant Voice Control merupaan fitur yang sangat canggih dan modern dan dapat melakukan perintah ini. Apabila anda mempunya dan telah memasang Google Assistant di Andorid, anda bisa menggunakannya dengan suara Navigate To Work.

Baca Juga : 6 Aplikasi Terbaik Buatan Anak Negeri

Maka assistant Google akan membuka Google Maps untuk menavigasi dan akan membuat rute secara otomatis dan anda akan ditunjukan arah menuju tempat kerja anda. Canggih bukan?

Label juga bisa menunjukan kepada and acara melakukan navigasi dengan cepat diamanapun anda berada karean anda telah menyimpan dan menandainya.

Cara ini juga dapat digunakan untuk memberi perintah suara seperti menunjukan sebuah alamat, atau nama resmi dari suatu lokasi (seperti nama POM Bensin, restoran dan tempat hiburan), dan cara ini sedikit rumit dari pada hanya dengan menyebutkan nama yang sudah disimpan pada label juah lebih sederhana dan mudah.

11. Menyimpan rute yang dengan lebih cepat

Jika ada rute yang belum terdaftar di Google atau rute yang belum diketahui oleh Google, dan mungkin anda tahu jalur atau jalan alternatifnya, anda bisa membuat rute sendiri, tetapi untuk saat ini belum adan cara untuk melakukan perintah tersebut secara mandiri di ponsel anda, namun ada solusinya.

Anda hanya perlu membuka Google Maps di PC anda, maka anda dapat merencakan seluruh rute dengan menambahkan tujuan, satu demi satu.

Baca Juga : 10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Setelah anda sleesai membuat rute, belokan demi belokan dan arahnya, anda tinggal menekan tombol Send Directions to your Phone. Maka secara otomatis rute perjalanan anda akan terkirim ke Handphone anda, dan anda bisa menyimpan rute favorit anda di catatan seperti di Notepad yang ada di Android.

Dan setiap rute akan selalu tersedia di ponsel anda dengan sekalis entuh. Tautan link tersebut secara otomatis akan terbuka di Google Maps dengan seluruh rute yang sudah dipersiapkan untuk dinavigasi kapanpun dan dimanapun.

12. Menyimpan tempat ke Kalender anda

Apablia juga anda memiliki acara atau jadwal perjalanan yang akan anda kunjungi, untuk menghemat waktu anda, anda dapat memanfaatkan Google Maps. Disini, anda dapat mengatur untuk membuat event dan alamat event tersebut.

Cara ini memang sangat nyaman jika anda memperoleh undangan pernikahan dari mantan anda, dengan mengatur deneah atau arah rute yang akan anda tuju dan memasukannya ke kalender.

Baca Juga : Perbedaan Antara Hacker Dan Cracker

Cara melakukannya pun mudah anda hanya perlu menekan tiga titik yang ada di sudut kanan atas > share directions dari menu yang tersedia lalu akan muncul piliihan daftar aplikasi. Silahkan pilih opsi Copy to Clipboard dan bukan kalender anda. Lalu buat event dan pastekan share link tadi didalam bidang add location di kalender Google.

Dengan demikian anda sudah berhasil menseting petunjuk arah ke dalam format text. Cara ini juga termasuk dengan tautan untuk membuka rute secara langsung di Google maps sesuai dengan jadwal, tanggal dan jalur acara.

13. Menambah review dan Photo pada lokasi yang anda kunjungi

Anda juga bisa berkontribusi ke Google Mpas dengan cara memberikan review atau pengalaman pada orang lain seperti sedang mengunjungi tempat makan atau restoran ataus sedang mengunjungi tempat wisata dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Membuat Kode QR

Untuk melakukan ini, anda perlu menuju ke Your Contributions di menu Google Maps. Selain dapat meninggalkan review, atau ulasan suatu tempat, anda juga bisa memberi atau menambahakn foto ke ke dalam reviews yang anda lakukan. Foto tersebut nantinya akan diambi dari akun Google Foto yang sudah anda singkronkan ke di Android anda.

Dengan lokasi yang sudah diidentifikasi berdasarkan tempat anda saat anda mengambil foto tadi, maka secara otomatis anda bisa melakukan pada tempat yang pernah anda kunjungi dan pernah mengambil foto disana.

Pada bagian ini, anda bisa memilihnya dengan mengetuk tombol Post maka hasil foto anda bisa langsung sinkron ke Google Maps dan semua orang bisa meliatnya.

14. Memantau perjalanan anak dan Keluarga

Google Maps juga memungkinkan anda untuk bisa memantau dan melacak perjalanan anak dan keluarga anda. Fitur ini terdapat dalam dalam Location Sharing, Jadi anda tidak perlu khawatir lagi karena anda dapat memantau anak, keluarga atau pacar anda kemana saja mereka pergi. Karena merkea bisa dipantau dari setiap perjalanan yang mereka lakukan.

Bagaimana caranya? Silahkan buka Google Maps > Menu > Location Sharing. Lalu pilih Get Started. Setelah itu pilih apakah anda ingin membagi lokasi dalam jumlah waktu tertentu, atau tanpa batas dan juga anda bisa menonatifkan berbagai lokasi. Disini anda harus memilih tiap satu jam akan menerima pemberitahuan anak, keluarga ataupun pacar anda.

Baca Juga : 5 Situs Penyedia Gambar Gratis

Setelah itu, anda dapat memilih seseorang yang ingin anda pantau dari lokasi kotak Google dan ingin berbagi lokasi dengannya, lalu copy tautan link ke Clipboard.

Anda juga bisa memilih aplikasi apa saja untuk membagi, misalnya Twitter, Facebook ataupun WhatsApp untuk memmbagikan tautan secara piblik sesuai interval waktu yang telah diatur.

15. Download peta Offline

Rahasia Google maps yang terakhir adalah anda dapat mendownload peta offline. Fitur ini sangat berguna jika koneksi data anda terganggu dan tentunya dapat menghemat kuota anda saat menggunakan Google Maps. Sulusinya adalah dengan mendownload peta secara offline yang nantinya dapat digunakan ditempat terpencil atau tempat yang sinyalnya susah.

Lalu bagaimana cara mendownloadnya? Disarankan agar anda memakai Wi-Fi karena fitur anda akan mengeluarkan banyak kuota disini jika anda mendownload menggunakan data seluler.

Setelah itu anda klik menu Offline Maps. Setelah itu, cari tujuan lokasi yang anda kunjungi, lalu tekan Download. Anda juga merubah nama peta tadi yang telah di Download.

Dengan cara ini, anda tidak lagi khawatir jika tidak ada jaringan di pelosok atau saat anda sedang dalam perjalanan menuju tempat terpencil yang belum terjangkau dengan jaringan telepon seluler atau saat anda tidak punya kuota.

Perlu anda ketahui disini jika peta yang diunduh biasanya memakan setidaknya 10 MB memori ponsel anda, dan jika anda mendowload area yang lebih besar maka ukurannya juga akan bertambah. Nah demikian 15 rahasia Google Maps yang harus anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

You might like

About the Author: miminpaulipu

Seorang blogger pemula yang masih belajar meramu kata dan berusaha mengais makna kata yang ditulis~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *