12 Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress Yang Terbukti Berhasil

6 Likes Comment
cara meningkatkan kecepatan wordpress

12 Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress Yang Terbukti Berhasil – Waktu loading sebuah blog atau situs web secara simultan berpengaruh pendapatan. Hingga saat ini, Google menganggap bahwa kecepatan loading situs web sebagai salah faktor penentu dalam peringkat di search engine. Dan inilah mengapa kecepatan situs web dan blog sangat penting digunakan saat ini.

Sebenarnya, saya juga membahas bukan saja untuk meningkatkan kecepatan loading wordpress, tetapi juga Blogger. Jika anda menggunakan blogger, mungkin soluisnya akan berbeda dengan yang akan saya sampaikan. Meski strateginya sebagian besar sama.

Mengapa kecepatan sangat penting?

Tahukah anda kalau sebuah situs e-commerce saat ini mengahasilkan $100.000 per harinya hanya dengan meningkatkan kecepatan selama 1 detik? Dan sebaliknya akan kehilangan sekitar $2,5 juta dalam setahun jika situs web tersebut melambat 1 detik saja.

Meski memang diakui, kecepatan situs web tidak dipengaruhi secara tunggal, tetapi oleh banyak hal. Namun bukan berarti anda tidak dapat meningaktkan kecepatan situs web atau blog anda.

Situs web yang dimuat dengan cepat memiliki peluang yang lebih besar dalam hal perolehan peringkat, apalagi jika situs web atau blog tersebut tersebut dibuat untuk tujuan komersial. Semakin cepatn sebuah situs web diakses, semakin besar peluangnya untuk dikunjungi orang lain.

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Migrasi Ke WordPress

Misalnya, dalam sebuah artikel yang diangkat dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa 47% pembaca berharap situs web bisa diakses dalam waktu 2 detik, sementara penundaan lebih dari 3 detik akan membuat pengunjung meninggalkan situs tersebut.

Jadi sudah cukup jelas kan mengapa kecepatan situs web anda itu sangat penting. Kalau anda memaksimalkan hal ini, mungkin peluang untuk tampil diperingkat pertama pencarian Google akan terbuka lebar.

Nah karena itulah saya ingin mengulasnya dalam postingan yang satu ini. Berikut disajikan artikel tentang 12 cara meningkatkan kecepatan wordpress.

1. Hapus plugin yang tidak diperlukan

Para pengguna WordPress yang masih baru biasanya menginstal terlalu banyak plugin untuk situs web mereka tersebut. Alhasil, situs tersebut diakses lebih lambat dari kebanyakan situs web lain. Memang sih, ada jutaan plugin yang tersedia di WordPress, dan itu dapat digunakan oleh siapa saja.

Entah plugin itu gratis atau berbayar, kalau anda sudah menggunakan WordPress.org, sudah tentu anda bisa menggunakan plugin tersebut. Namun terkadang, penggunaan plugin yang berlebihan bisa memperlambat situs web anda.

Berikut beberapa tips yang dapat and abaca sebelum menggunakan plugin di WordPress.

a. Nonaktifkan plugin yang tidak terpakai

Coba hapus terlebih dahulu plugin seperti importir blogger apabila anda pernah mengimpor konten dari Blogger ke WordPress. Hapus juga plugin lain seperti All in one favicon, ubah saja favicon bawaan dai template anda, plugin sosial, pinterest pin it plugin (dan anda dapat menggantinya dengan shareaholic yang memiliki tombol pin itu untuk gambar default).

b. Gunakan satu plugin untuk banyak tugas

Nah untuk meminimalisir penggunaan, usahakan agar anda menggunakan satu plugin saja yang dapat mengatasi kinerja plugin lain. Ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan plugin yang tidak perlu.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual foto Tebraik Saat Ini

Saya sarankan sih gunakan plugin Jetpack saja untuk hal ini. Selain itu, saya juga menyarankan agar anda gak usah memasang plugin analytics, sitemap, dan SEO secara terpisah tetapi gunakan saja Yoast SEO untuk menutupi semua fungsi plugin ini.

2. Gunakan hosting yang baik

Salah satu keunggulan menggunakan WordPress adalah memugkinkan anda menghost blog atau situs web anda ke hosting website mereka. Tetapi bukan berarti anda tidak boleh menggunakan hosting lain, namun ada baiknya sih gunakan hosting situs mereka secara langsung.

Untuk blog yang kecil, saya sarankan gunakan Niagahoster tetapi jika anda mencari penyedia hosting professional, yang memungkinkan anda untuk meningkatkan kecepatan situs web lebih cepat lagi gunakan WordPress. Selain karena fiturnya sudah dilengkapi LiteSpeed dan banyak fitur unggul lainnya.

3. Gunakanlah tema yang cepat

Jika anda ingin benar-benar serius dalam ngeblog, tentu saja anda tidak ingin menggunakan tema gratis. Memang sih banyak tema gratis yang tersedia di internet saat ini, namun tentu saja fiturnya terbatas sertia anda tidak akan mendapatkan updatenya setiap kali ada pembaharuan dari tema tersebut.

Tema gratis tidak saja dibangun dengan script yang gak bagus, tetapi juga biasanya ada kode-kode tertentu yang gak baik untuk situs web kita sendiri. Selain itu, ada link kredit footer yang menjadi indikasi awal bahwa blog kita gak di kelola dengan professional.

Baca Juga : Cara Memasukan Sitemap di WordPress

Karena itu, jangan sesekali gunakan tema gratis. Sudah loadingnya lambat, anda tidak punya kewenangan untuk menghapus link kredit tersebut karena sudah dibawah perlindungan Common Copyrights.

Soal ini saya belum ada rekomendasi, carilah tema-tema yang ada di internet saat ini, yang menurut anda cocok dan belilah tema tersebut kalau anda sudah punya cukup modal.

Tema premium mendukung optimasi sehingga ini menjadi salah satu cara untuk Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress.

4. Optimalkan gambar

Sering kali, saat menggunggah gambar kita tidak mengopitmalkannya hanya langsung download lalu masukan ke dalam website. Terkadang juga kita hanya mengambil link gambar lalu memasukannya ke blog.

Meski memang diakui bahwa gambar dapat meningaktkan daya tarik visual untuk blog, tetapi anda harus tahu bahwa gambar dapat menjadi salah satu penyebab blog jadi lambat.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar

Untuk itu, saya punya solusi untuk mengotpimalkan gambar yang berukuran besar agar bisa meningkatkan kecepatan situs web anda. Anda bisa menggungah gambar ke galeri WordPress setelah mengopitmalkannya. Berikut cara-caranya:

a. Kurangi ukuran gambar menggunakan plugin Smush It

Smush itu adalah sebuah layanan dari Yahoo yang digunakan untuk mengompres gambar dan tetap mempertahankan kualitasnya. Artinya, dengan plugin ini gambar akan tetap dipertahankan, hanya dikurangi ukurannya.

b. Jika gambar tidak berformat PNG

Anda bisa mengubahnya dengan plugin TinyPNG yang merupakan salah satu alat terbaik untuk mengoptimalkan gambar tanpa kehilangan kualitasnya.

c. Muat gambar secara kondisional menggunakan Lazy Load

Tujuannya adalah untuk memunculkan gambar saat pengguna menggulir ke bagian bawah. Dengan cara ini, anda bisa meningaktkan waktu muat tanpa mempengaruhi kualitas dan pengalaman pengguna.

5. Gunakan CDN

Conten Delivery Network (CDN) atau jaringan pengiriman konten merupakan jaringan server web yang didistribusikan di seluruh negara dan membantu memberikan konten yang lebih cepat dan efisien meskipun sumber konten tersebut berasal dari wilayah yang jauh.

Facebook, Gooogle dan banyak situs web lainnya menggunakan CDN ini. Dengan CDN, waktu muat blog anda kurang lebih sama dengan waktu muat di wilayah asal konten.

CDN lebih efisien daripada server tunggal untuk menyajikan konten kepada orang lain dibelahan dunia manapun.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Orang-Orang Menggunakan CDN Untuk Situs Web

Tetapi kalau blog anda hanyalah blog kecil, dan berbahasa Indonesia. Maka gak perlu repot pakai CDN ya. Tetapi kalau blog anda sudah berbahasa Inggris, maka ini agak sedikit wajib sih. Karena saya belum pernah menggunakan CDN ini, maka untuk saat ini tidak ada rekomendasi saya untuk layanan-layanan CDN terbaik.

6. Memperkecil script

Saat blog anda dianalisis, analisis palign pertama biasanya adalah Script atau kode yang ada didalam blog anda, setelah itu atribut lain misalnya gambar, widget, dan iklan.

Misalnya, jika anda menggunakan pingdom atau Google PageSpeed Insight, indeks kecepatan laman akan ditunjukan kepada anda, elemen apa yang memakan waktu lama saat loading.

Biasanya, setelah itu, anda akan diarahkan pada laman tertentu misalnya, kode HTML tertentu seperti widget belangganan yang berat, bagian CDATA, JavaScript dan lain sebagainya yang berat sehingga memakan waktu lama saat pemuatan.

Baca Juga : Blogger Atau WordPress, Mana Yang Lebih Baik?

Terkadang juga, template blog anda ditanam elemen CSS tertentu yang malah menghambat kecepatan situs web blog anda. Untuk itu, anda harus menghapus semua elemen ini.

Anda bisa menghapusnya secara manual atau mengunakan Plugin seperti Autoptimize di WordPress untuk mengompresi elemen CSS dan HTML tersebut. Ada juga tools online seperti Minifier untuk meminialisir kode-kode tersebut jika anda bukan pengguna WordPress.

7. Jangan terlalu menampilkan banyak postingan di beranda

Ini sangat berpengaruh bagi situs web anda. Dan sebagian besar tema memiliki opsi untuk membatasi jumlah postingan yang tampil diberanda blog dan anda bisa membatasinya, misalnya 3-7 postingan saja.

Untuk membatasi postingan ini jika anda menggunakan WordPress silahkan buka Menu Settings> Reading> Blog pages show at most lalu masukan angka yang ingin anda tambahkan.

8. Jangan gunakan JS dibagian atas blog

Script JS untuk terhubung ke media sosial seperti di Twitter dan Facebook dalam menjadi salah satu faktor melambatnya situs web/blog anda. Untuk itu, jangan tempatkan JS dibagian atas blog.

Maksudnya apa ya? Maksudnya adalah anda boleh menempatkan JS seperti kode analytik google dibagian footer yang akan membuat blog anda membuat lebih cepat dengan sendirinya setelah semua konten anda ditampilkan.

9. Jangan gunakan terlalu banyak iklan

Menempatkan iklan didalam blog untuk memonetisainya sudah terlalu umum saat ini. Namun anda perlu hati-hati dalam penggunaan iklan, karena bisa memperlambat loading blog anda. Gunakan iklan yang seadannya saja, di posisi-posisi tertentu saja.

Baca Juga : 9 Cara Mengoptimalkan Konten Yang Terbukti Berhasil

Jika anda menggunakan iklan pihak ketiga, usahakan agar anda jangan menempatkan jenis iklan GIF sebab ini biasanya dapat memperlambat situs web anda.

Jika anda menggunakan AdSense, anda bisa menggunakan kode iklan asinkron yang tidak menghambat pemuatan blog anda. Tetapi jika blog malah lebih melambat, anda bisa menggunakan jenis iklan Sinkron.

10. Periksa selalu kesehatan server web yang anda gunakan

Jika situs web anda sudah digunakan lebih dari setahun, mungkin anda harus melakukan beberapa metode untuk mengevaluasi kecepatan situs web anda tersebut. Perhatikan juga plugging yang anda gunakan, jika ada kode yang sudah using, dan perlu pembaharuan segera perbaharui.

11. Tingkatkan Kecepatan Loading untuk postingan populer

Setiap situs tentu memiliki halaman yang paling banyak di lihat, beberapa diantaranya memang tidak. Untuk memeriksa halaman terpopuler di blog anda, bisa gunakan Analytics lalu optimalkan agar postingan populer tersebut bisa dimuat lebih cepat.

Untuk meningkatkan kecepatan loading postingan populer di WordPress berikut cara-caranya:

  • Hapus saja iklan didalam halaman dan tempatkan di beberapa elemen saja. Seperti dibagian awal, tengah dan akhir postingan. Jika ada iklan pihak ketiga, ada baiknya anda hapuskan saja, dan tempatkan di tempat lain. Usahakan agar postingan itu bebas dark ode-kode tertentu, seperti misalnya atribut tambahan, style dan lain sebagainya.
  • Optimalkan gambar didalam postingan populer tersebut
  • Sembunyikan elemen tertentu di sidebar blog untuk meningkatkan waktu loading blog tersebut.

12. Gunakan plugin cache

Terkadang menggunakan pluging cache di WordPres sangat berguna untuk blog. Anda bisa menggunakan plugin darei W3 Total Cache atau Cache LiteSpeed.

Karena dengan cache orang-orang dapat mengunjungi versi cache saja di brower apalagi jika pengunjung tesebut sudah pernah mengunjungi blog anda. Dengan demikian, kecepaan situs web anda menjadi lebih baik lagi.

Penutup

Meningkatkan kecepatan WordPress [situs web/blog] adalah salah langkah yang paling penting untuk mendapatkan pengunjung, memperoleh peringkat dan juga meningkatkan pendapatan.

Jika anda tidak memperhatikan masalah ini, maka blog anda akan sulit bersaing diperingkat pertama pencarian Google. Nah demikian artikel tentang 12 cara meningkatkan kecepatan WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *