11 Cara Agar Postingan Tampil Sebagai Featured Snipped atau Cuplikan Unggulan di Google

3 Likes Comment
cara agar postingan tampil sebagai featured snipped

11 Cara Agar Postingan Tampil Sebagai Featured Snipped atau Cuplikan Unggulan di Google – Sejak beberapa waktu lalu, penelusuran di Google memungkinkan orang untuk melihat hasil cuplikan unggulan di crawling suatu blog atau website.

Cuplikan unggulan ini diperoleh berdasarkan hasil penelusuran, yang ketika diperhatikan cukup berguna bagi pengunjung tetapi sebenarnya cukup merugikan bagi para blogger.

Mengapa sangat merugikan? Tentu saja ini dikarenakan orang-orang tidak perlu lagi membuka link untuk melihat hasilnya, melainkan hanya pada bagian-bagian penting yang ditampilkan. Oleh karena itu, ini jelas merugikan bagi para blogger dalam hal penghasilan.

Disamping itu juga, banyak blogger yang menginginkan agar konten didalam blog dapat tampil dipostingan unggulan. Selain itu, postingan unggulan ini memungkinkan agar blog anda memperoleh lebih banyak pengunjung, karena akan tampil dihalaman pertama pencarian Google.

Google juga mengizinkan agar postingan anda tidak di munculkan di postingan unggulan, terkait dengan hal itu sebenarnya saya sudah membahas disalah satu artikel tentang cara agar postingan didalam blog anda tidak muncul di postingan unggulan Google.

Baca Juga : 8 Jasa Yang Dapat Anda Buka Sebagai Blogger Untuk Meningkatkan Penghasilan

Nah untuk anda yang ingin agar postingan anda muncul di postingan unggulan atau featured Snipped, berikut ada beberapa tips yang wajib anda coba. Perlu saya ingatkan juga, tips-tips ini dipengaruhi oleh banyak hal, namun sebagian besar berputar-putar pada apa yang dibahas disini.

Cara buat postingan muncul sebagai cuplikan unggulan di Hasil penelusuran Google. Oke langsung saja pada pembahasan. Berikut ini cara buat agar postingan muncul sebagai cuplikan unggulan di hasil penelusuran Google.

1. Perbanyak artikel didalam blog

Semakin banyak artikel yang ada didalam blog andasemakin besar peluang bagi salah satu artikel anda untuk tampil di hasil penelusuran ini.

Selain itu, artikel yang banyak memungkinkan agar anda aktif ngeblog dan juga rajin membuat konten.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Semakin rajin membuat konten semakin besar peluang untuk meningakatkan skor SEO blog, termasuk page Rank dan juga DA dan PA blog.

Ini sebenarnya selaras dengan tujuan anda ngeblog, teramsuk untuk memperoleh pengunjung dan meningaktkan penghasilan anda dari blog.

2. Buat standarisasi tulisan

Coba anda perhatikan artikel-artikel yang muncul di featured snipped ini? Rata-rata adalah postingan yang diatas dari 500 karakter. Jika anda ingin membuat agar postingan anda bisa muncul di postingan unggulan ini maka yang perlu anda lakukan adalah buat standarisasi tulisan di blog anda.

Baca Juga : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Page Rank Suatu Blog

Berapa sih idealnya standar tulisan itu? Menurut saya pribadi, idealnya adalah 500 karakter ke atas. Semakin banyak semakin bagus, itu berarti ada peluang yang lebih besar bagi anda untuk bisa tampil di halaman pertama Google.

Semakin panjang tulisan yang anda buat, memungkinkan blog anda memperoleh multikeyword, dan semakin bagus posisi persaingan konten anda didalam SERPS.

3. Fokus ke teks

Perhatikan juga featured snipped yang muncul sebagai postingan ungulan. Rata-rata adalah postingan yang fokus ke teks. Bahkan terkadang postingan itu tidak memiliki gambar sama sekali. Jadi, kalau anda ingin agar postingan di blog anda bisa muncul sebagai featured Snipped maka fokus saja ke teks. Cukup tambahkan satu gambar yang sudah anda edit agar tidak terkena pelanggaran hak cipta.

4. Template AMP?

Sebenarnya ini gak ngaruh sih, entah itu template non-amp dan template AMP. Bahkan termasuk untuk sub domain blogspot dan domain sendiri.

Saya pernah melihat salah satu postingan yang masih numpang host di blogspot, tetapi artikelnya sudah muncul sebagai featured Snipped ini.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan AMP

Cuma, nilai tambahnya ya mungkin itu. Soal featured Snipped tersebut. Jadi, ini tergantung anda sih. Tapi untuk meningaktkan pengalaman pengguna, ya lebih bagus pakai template AMP.

5. Fokus ke konten yang menjawab pertanyaan

Coba anda pikirkan, konten-konten apa saja yang biasanya ditanyakan? Google tampaknya lebih suka model konten tersebut. Sebab, orang-orang yang ingin memperoleh suatu jawaban pasti mencarinya di Google, semeentara orang yang ingin tutorial pasti akan mencarinya di Youtube.

Baca Juga : 3 Langkah Mudah Agar Artikel Cepat Terindeks Di Google

Nah unutk itu, anda harus memanfaatkan hal ini. Buatlah lebih banyak konten yang fokus untuk menjawab pertanyaan. Karean ini memungkinkan konten anda tersebut bisa tampil sebagia featured snipped Google.

6. Buat artikel diatas 1000 kata

Diatas saya sudah membahas standarisasinya, ini terserah anda. Apa yang anda ingin targetkan dalam ngeblog, apakah itu stadarisasi kontennya, atau bukan. Kalau anda ingin menargetkan agar salah satu postingan didalam blog anda bisa muncul sebagia featured snipped maka buatlah konten yang lebih panjang dan fokus pada pertanyaan.

Baca Juga : Cara Memperoleh Pendapatan $100 Per Hari Dari Google AdSense

Saya juga sudah sebutkan stadar konten trsebut, tetapi untuk menyakinkan agar postingan bisa muncul sebagia featured Snipped ya konten buatan anda itu minimal harus diatas dari 1000 kata. Itu memperbesar peluang anda untuk bisa muncul sebagai featured Snipped.

7. Artikel dalam bentuk Listicle

Coba perhatikan artikel-artikel yang muncul sebagai Featured Snipped, rata-rata adalah konten yang dibaut dalam bentuk daftar atau listicle. Nah bagi anda yang ingin agar postingannya muncul sebagai featured Snipped, usahakan agar artikel-artikel didalam postingan blog anda dibaut dalam bentuk listicle.

8. Buat Listicle artikel diatas 8 Daftar

Maksudnya apa ya? Maksudnya adalah postingan listicle anda daftarnya harus diatas 8. Mengapa? Silahkan perhatikan artikel-artikel yang muncul sebagai featured Snipped di Google? rata-rata diatas dari 7 listicle.

Baca Juga : 10 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Blog

Nah untuk itu, supaya lebih memperbesar peluang anda untuk bisa muncul di hasil pencarinan featured Google, buatlah postingan tersebut diatas 7 artikel. Lebih banyak lebih bagus. Bahkan, kalau memungkinkan anda dapat membuat artikelnya sampai 10 keatas.

9. Perhatikan SEO

Ini juga tak kalah penting. Sebenarnya, kalau membahas SEO akan sangat panjang pembahasannya. Tetapi usahakan agar anda menargetkan kata kunci yang spesifik agar peluang anda lebih besar. Mengapa? Rata-rata featured Snipped yang muncul di hasil penelusuran Google target kata kuncinya sangat spesifik dan sudah umum.

10. Faktor pendukung lain

Mungkin anda belum paham yang terakhir ini, rata-rata artikel yang muncul di featured Snipped adalah artikel-artikel yang populer dengan kata kunci yang cukup kompetitif. Jadi tidak mungkin bagi blog anda untuk bersaing pada kata kunci tertentu yang sangat populer dan tingkat persaingganya tinggi.

Baca Juga : Dampak Sering Berganti Template Blog

Tetapi anda boleh menargetkan kata kunci-kata kunci tertentu yang mungkin bisa membaut artikel tersebut muncul sebagai featured Snipped. Karena itu memperlebar peluang anda untuk bisa tampil di hasil pencarian Google. Terus jaga keatifkan ngeblog anda, ikuti tips-tips diatas dan fokus.

Kalau anda fokus maka hasilnya sudah tentu akan baik. Katakan bodo amat pada pengahsilan, karena orientasi ngeblog anda harus benar-benar matang supaya anda tidak kecewa hasilnya di kemudian hari.

Nah demikian artikel 11 Cara buat Agar Postingan Tampil Sebagai Cuplikan Unggulan Atau Featured Snipped di Google. Jika anda punya masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *