10 Hal Ini Jadi Bukti Kalau Belajar Fisika Sangat Menyenangkan

9 Likes Comment
belajar fisika

Bagi beberapa orang Belajar fisika punya tantangan tersendiri. Tantangan tersebut bahkan disebut salah satu hal yang membuat pembelajaran fisika lebih menarik.

Sebagai salah satu ilmu yang fokus pada fenomena fisik dan perannya dalam kehidupan manusia, fisika menyimpan banyak sekali fakta-fakta menarik.

Entah soal materinya, penyelesaian masalah yang tergolong rumit karena melibatkan unsur-unsur matematis, hingga penjelasannya yang mendalam.

Disisi lain, berkat fisika, berbagai fenomena alam mulai dari makro hingga mikro kosmos berhasil diungkap dengan jelas dan bisa diterima oleh akal sehat.

Salah satu tokoh yang paling berjasa dalam penjelasan fenomena tersebut adalah Albert Einstein lewat karyanya yang berjudul relativitas khusus dan umum.

10 Hal Ini Jadi Bukti Kalau Belajar Fisika Sangat Menyenangkan

Nah, tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 10 fakta menarik yang bisa menjadi bukti kalau belajar fisika itu sangat menyenangkan. Bukti apa saja itu? Berikut daftarnya:

10 Hal yang menjadi bukti kalau belajar fisika sangat menyenangkan disajikan khusus untuk anda yang yang tertarik akan dunia fisika. Lantas apa sepuluh hal itu? Berikut daftarnya

1. Planet Saturnus

10 Hal Ini Jadi Bukti Kalau Belajar Fisika Sangat Menyangkan
via giphy

Dalam fisika, seandainya jika planet Saturnus bisa dimasukkan dalam gelas berisikan air maka ia akan mengembang. Secara teknis ini disebabkan oleh material yang ada didalam planet ini yang sebagian besar berisikan gas yang jauh lebih padat dibanding air.

Selain itu, beberapa fisikawan juga percaya kalau Saturnus dimasukkan ke dalam air, maka ia akan melebur atau hancur. Meski memasukkan saturnus kedalam gelas adalah hal yang tidak mungkin.

Baca Juga : Daftar Lengkap Eksistensi Domain Negara Dari Seluruh Dunia

Saturnus sendiri memiliki diameter sebesar 58.232 km, yang merupakan planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter.

Melihat material Saturnus yang didominasi Gas seolah hendak memberi tahu bahwa di planet tersebut tidak mungkin terdapat genangan air, alias sangat tidak mungkin mendukung adanya kehidupan.

2. Atom

Bukti kalau fisika sangat menyenangkan
via giphy

Atom dipercaya adalah satuan terkecil dari sebuah elemen, namun didalam atom terdapat partikel lagi yang lebih kecil ukurannya.

Partikel tersebut dikenal dengan nama Quark dan Lepton. Elektron merupakan partikel yang terbentuk dari lepton sementara Proton dan neutron merupakan partikel yang terdiri dari tiga Quark.

3. Pertengkaran fisika dan agama

Belajar Fisika
via disqus.com

Dalam penerapannya, fisika sering bentrok dengan pandangan agama. Selain itu, banyak juga fisikawan yang kemudian menjadi ateis karena pendapat ilmiah mereka.

Masih tak percaya kalau fisika sering bentrok dengan pandangan Agama? simak penjelasan salah satu Fisikawan terkenal dunia, Stephen Hawking dibawah ini.

Peran yang dimainkan oleh waktu di awal jagad raya adalah, bahwa saya percaya, kunci terakhir untuk menghilangkan kebutuhan adalah Grand Designer dan mengungkap bagaimana alam semesta terbentuk… waktu itu sendiri harus berhenti. Anda tidak dapat menemukan waktu sebelum big bang terjadi karena tidak ada waktu pada big bang.

Kami akhirnya menemukan sesuatu yang tidak memiliki sebab karena tidak ada waktu yang terjadi tanpa alasan untuk ada.

Bagi saya ini tidak berarti bahwa ada kemungkinan pencipta karena tidak ada waktu bagi pencipta itu untuk ada. Karena waktu itu sendiri dimulai pada saat terjadinya Big Bang.

Baca Juga : Mengenal Paradoks Bootstrap, Paradoks Untuk Mengirim Informasi Ke Masa Lampau

Itu adalah peristiwa yang tidak mungkin disebabkan atau diciptakan oleh siapapun atau apapun. Jadi, ketika orang bertanya kepada saya apakah Tuhan menciptakan alam semesta, saya memberi tahu mereka bahwa pertanyaan itu sendiri tidak masuk akal.

Waktu tidak ada sebelum big bang, jadi tidak ada waktu bagi Tuhan untuk membuat terjadinya jagad raya. Ini seperti menanyakan arah ke ujung bumi. Bumi adalah sebuah bola. Jadi mencari arah ke ujung bumi adalah hal yang sia-sia.

Stephen Hawking sendiri sudah menjadi ateis sejak ia masih muda. Hingga akhir kematiannya, ia tetap memegang teguh pandangan tersebut.

Hawking juga pernah mengatakan bahwa Agama didasarkan pada perintah, sementara Sains didasarkan pada pengamatan dan nalar.

Dua hal ini semakin menguatkan pendapatan bahwa agama dan fisika mungkin tidak akan pernah bisa disatukan.

4. Kekuatan roket

via icons.id

Pada roket, bahan bakar yang terdapat pada ruangan biasanya menghasilkan sejumlah massa dalam bentuk gas yang amat panas.

Gas tersebut kemudian mengembang lalu mengalir mundur ke roket untuk menghasilkan gaya yang kemudian keluar dalam bentuk reaksi ke arah yang berlawanan yang disebut dengan dorongan. Fenomena inilah yang dapat mendorong roket untuk bergerak maju.

Baca Juga : 10+ Cara Membuka Situs Yang Diblokir Internet Positif

Pada awal penemuannya, Robert Goddar menembakkan roket menggunakan propellar cair pada tahun 1926. Saat melakukan aksinya, ia di ejek oleh kawan-kawannya.

Bahkan, kawan-kawannya itu mengatakan kalau teknologi roket hanya dapat digunakan untuk pergi ke bulan. Yang berarti, sesuatu yang sangat mustahil untuk di lakukan manusia.

Meski penemuannya ini sangat penting di dunia modern, namun pada masanya ia tetap tidak di hargai. Bahkan, ia dijuluki sebagai Moony Goddart. Sejak hari itu, ia mulai menghilang dari publik sampai akhir hayatnya.

5. Prinsip ketidakpastian

via photos

Prinsip ketidakpastian yang dikenal juga sebagai prinsip ketidakpastian Heinsenberg adalah salah satu teori paling terkenal abad ini meski sering disalahpahami pengertiannya.

Prinsip ini pada dasarnya menyebutkan bahwa posisi dan momentum pada satu partikel tidak dapat diukur secara bersamaan dalam ukuran presisi yang tinggi.

Baca Juga : 6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat

Dengan kata lain, ada ketidakpastian yang sedang terjadi di alam, yang menjadi batas untuk mengetahui tentang perilaku partikel dan juga alam.

Prinsip ini sendiri banyak ditentang oleh fisikawan dan dicap sebagai sesuatu yang radikal. Namun, semakin lama para fisikawan tersebut semakin sadar akan fakta ini.

Bahwa, tujuan fisika modern tidak lagi untuk memahami sifat-sifat alam semesta secara total namun hanya untuk bisa memahami sampai pada batas-batas prinsip ketidakpastian ini.

6. Roket ruang praktis

via lafsozluk.com

Roket ruang praktis sebenarnya adalah kendaraan peluncur roket yang terdiri dari beberapa unit roket kecil yang sudah disatukan. Penyatuan ini disebut dengan roket langkah.

Prinsip dibalik penyatuan ini adalah agar setiap unit roket bisa menyala selama beberapa waktu kemudian sebelum jatuh saat bahan bakar telah habis digunakan.

Hal ini juga membantu roket lebih ringan dan memungkinkan untuk berkolaborasi lebih cepat. Kolaborasi ini pada akhirnya bisa mempertahankan akselerasi atau kecepatan roket itu sendiri.

7. Inti bumi

via via ekogeo

Suhu inti bumi sangatlah panas dan tidak mungkin ada manusia yang mampu mencapainya. Inti bumi juga terletak sejauh 145 (90 mil).

Baca Juga : Begini Definisi Kilogram Menurut Para Ilmuwan

Inti bumi juga mengandung banyak energi. Jika diandaikan seperti balon, apabila anda menusuknya dengan jarum sampai meledak, maka kekuatannya sampai jutaan kali bom Nuklir.

Para ilmuwan percaya bahwa inti bumi berasal dari campuran beberapa material, seperti besi, nikel dan lain sebagainya. Untuk suhu sendiri diperkirakan mencapai hampir sama dengan permukaan matahari, dan mencapai 5.700 Kelvin (5.430° Celcius).

8. Bisakah fisika menjelaskan cinta?

Belajar fisika
via dribble

Sampai akhir hayatnya, Einstein bersikukuh bahwa alam semesta dapat dijelaskan secara menyeluruh. Einstein sendiri termasuk lelaki yang sentimental.

Yang berarti, ia termasuk ilmuwan yang suka penjelasan humanis tentang ilmu pengetahuan. Ia sendiri pernah mengatakan bahwa seseorang bisa menjelaskan sesuatu secara kimia dan fisika.

Tetapi, menjelaskan fenomena biologis, seperti yang disebut cinta pertama, juga tak kalah pentingnya. Yang berarti, fisika juga harus terlibat untuk menjelaskan pengertian cinta.

9. Ruang vakum total

Belajar fisika
via upost.info

Ruang, seperti yang anda pahami, sebenarnya bukanlah ruang vakum yang total. Misalnya, pada sebuah ruangan dengan ukuran meter kubik terdapat 4 atom.

Ukuran meter kubik sendiri merupakan satuan volume suatu isi benda yang berlaku secara internasional. Kadang kala, meter kubik ini disingkat m3.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Untuk ukuran 1 meter kubik terdiri dari 1000 liter. Agar lebih mudah memahami perspektif ini, coba bayangkan suatu permukaan laut.

Permukaan laut terdapat sekitar 2,5 x 10^25 molekul udara satuan meter kubik. Jadi kira-kira, ntar dulu saya hitung, terdapat 250.000.000.000.000.000.000.000.000.000 atom. Sedikit atau banyak nih?

10. Bintang neutron

10 Hal Ini Jadi Bukti Kalau Belajar Fisika Sangat Menyangkan
via upost.info

Bintang neutron memiliki ukuran sangat padat sehingga satu sendok teh disana sama beratnya sama dengan seluruh penduduk bumi.

Ini merupakan jenis bintang yang terbentuk akibat runtuhnya gravitasi sebelum terjadinya supernova atau ledakan besar.

Bahkan, para ilmuwan setuju, apabila seseorang berada di sana, ia tidak dapat membungkuk atau menekan satu bintang neutron.

Demikian artikel tentang 10 hal ini yang jadi bukti bahwa fisika sudah berkembang pesat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *