10 Hal Ini Jadi Bukti Kalau Belajar Fisika Sangat Menyangkan

5 Likes Comment
belajar fisika

Belajar fisika memang selalu menarik. Sebagai salah satu ilmu yang fokus pada hal-hal fisik, ada banyak fakta-fakta menarik dalam dunia fisika. Entah itu soal topik pembahasannya, orang-orang yang berjasa dalam dunia fisika dan lain sebagainya.

10 Hal yang menjadi bukti kalau belajar fisika sangat menyenangkan disajikan khusus untuk anda yang yang tertarik akan dunia fisika. Lantas apa sepuluh hal itu? Berikut daftarnya

1. Planet Saturnus

10 Hal Ini Jadi Bukti Kalau Belajar Fisika Sangat Menyangkan
via giphy

Jika planet saturnus dimasukan dalam air ia akan mengembang. Secara teknis ini terjadi karena planet tersebut sebagian besar terdiri dari gas, yang jauh lebih padat daripada air.

Menemukan genang air yang cukup besar mungkin adalah tantangan disana, dan tentu saja, planet itu sendiri mungkin mungkin tidak akan mengapung. Sebagian besar fisikawan setuju kalau saturnus akan hancur dengan cepat jika dimasukan ke dalam air.

2. Atom

Bukti kalau fisika sangat menyenangkan
via giphy

Meski atom adalah satuan terkecil dari sebuah elemen, atom terdiri dari partikel yang lebih kecil yang dikenal sebagai quark dan lepton. Elektron adalah lepton sementara proton dan neutron trdiri dari tiga quark tersebut.

3. Pertengkaran fisika dan agama

Belajar Fisika
via disqus.com

Fisika sering bentrok dengan pandangan agama dan banyak fisikawan yang kemudian menjadi ateis karena pendapat ilmiah mereka.

“Peran yang dimainkan oleh waktu diawal jagad raya adalah, bahwa saya percaya, kunci terkahir untuk menghilangkan kebutuhan adalah Grand Designer, dan mengungkap bagaimana alam semesta terbentuk… waktu itu sendiri harus berhenti. Anda tidak dapat menemukan waktu sebelum big bang terjadi, karena tidak ada waktu pada big bang.

Kami akhirnya menemukan sesuatu yang tidak memiliki sebab karena tidak ada waktu ayng terjadi tanpa alasan untuk ada. Bagi saya ini tidak berarti bahwa ada kemungkinan pencipta karena tidak ada waktu bagi pencipta itu untuk ada. Karena waktu itu sendiri dimulai pada saat terjadinya Big Bang.

Baca Juga : Mengenal Paradoks Bootstrap, Paradoks Untuk Mengirim Informasi Ke Masa Lampau

Itu adalah peristiwa yang tidak mungkin disebabkan atau diciptakan oleh siapapun atau apapun. Jadi, ketika orang bertanya kepada saya apakah Tuhan menciptakan alam semesta, saya memberi tahun mereka bahwa pertanyaan itu sendiri tidak masuk akan.

Waktu tidak ada sebelum big bang, jadi tidak ada waktu bagi Tuhan untuk membuat terjadinya jagad raya. Ini seperti menanyakan arah ke ujung bumi. Bumi adalah sebuah bola. Jadi mencarinya adalah hal yang sia-sia.” Kata Stephen Hawking.

4. Kekuatan roket

via icons.id

Pada roket, bahan dibakar diruangan tertentu untuk menghasilkan sejumlah masa dalam bentuk gas yang panas. Gas kemudian mengembang dan mengalir mundur dari roket. Gaya itu kemudian mengalir keluar dalam bentuk rekasi kea rah yang berlawanan yang anda sebut dorongan.

Itulah yang mendorong roket maju…

Robert Goddar menembakan roket menggunakan propelar cair pertama kali pada tahun 1926. Saat itu, dia diejek karena mengatakan bawha teknologi roket dapat digunakan untuk pergi ke bulan. Ini membuatnya dikenal dengan julukan Moony Goddart. Sejak itu, dia menghindari publik sepanjang hidupnya sampai akhir kematiannya.

5. Prinsip ketidakpastian

via photos

Prinsip ketidakpastian yang dikenal juga sebagai prinsip ketidakpastian Heinsenberg adalah salah satu teori paling terkenal dan sering disalahpahami dalam fisika.

Baca Juga : 6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat

Ini menyatakan bawha posisi dan momentum suatu partikel tidak dapat diukur secara bersama-sama dalam presisi yang tinggi. Dalam istilah awam, ini berarti ada ketidakjelasan yang sedang terjadi di alam, yang menajdi batas mendasar yang kita harus ketahui tentang perilaku partikel dan juga alam.

Prinsip ini sebenarnya cukup radikal karena menyebabkan banyak fisikawan yang mengubah tujuan mereka. Banyak fisikawan yang mengakui bahwa tujuan fisika modern tidak lagi untuk memahami sifat alam semesta sepenuhnya, tetapi lebih untuk memahami batas-batas prinsip ketidakpastian.

6. Roket ruang praktis

via lafsozluk.com

Roket ruang praktis atau kendaraan peluncur terdiri dari beberapa unit roket yang disatukan. Pengaturan ini disebut sebagai roket langkah.

Prinsip dibalik roket langkah adalah roket yang terdiri dari setiap unit roket menyala selama beberapa waktu dan kemudian jatuh ketika bahan bakar telah digunakan. Ini menjadikan roket lebih ringan dan memungkinkan untuk berkolaborasi lebih cepat. Ini semua tentang akselerasi.

7. Inti bumi

via ekogeo

Jika anda menusuk dengan peniti pada inti matahari di Bumi, anda akan mati karena berada pada kedalaman 145 km (90 mil) darinya. Tetapi, bukan itu yang paling berbahaya!

Sebenarnya, Inti matahari di bumi mengandung banyak energi dan ketika anda menusuk inti bumi tersebuk maka inti bumi meledak layaknya bom nuklir.

Baca Juga : Begini Definisi Kilogram Menurut Para Ilmuwan

Yang menjadi pertanyaan adalah : mengapa anda melakukan eksperimen ini? Karena itu berarti anda sama saja ingin menghancurkan kehidupan di bumi.

8. Bisakah fisika menjelaskan cinta?

Belajar fisika
via dribble

Einstein sampai akhir hayatnya terus bersikukuh bahwa alam semesta dapat dijelaskan secara keseluruhan.Meski ia adalah seorang lelaki sentiment yang terkadang menyukai penjelasan humanis tentang ilmu pengetahuan.

Einstein juga pernah berakata, tidak ada trik yang tidak akan berhasil. Bagaimana mungkin anda bisa menjelaskan dalam hal kimia dan fisika, jadi penting sekali fenomena biologis yang dikenal seabgai cinta pertama?.

9. Ruang vakum total

Belajar fisika
via upost.info

Ruang sebenarnya bukanlah raung vakum yang total. Ada sekitar 4 atom dalam seteiap meter kubik dalam suatu ruangan. Itu tidaklah terlalu banyak sebenarnya dalam ruang kos anda yang berukuran 4×4.

Untuk memahami perspektif ini, dipermukaan laut misalnya, ada sekitar 2,5 x 10 ^ 25 molekul udara dalam satu meter kubik. Jadi kira-kira, ntar dulu saya hitung… ada sekitar 250.000.000.000.000.000.000.000.000.000 atom. Banyak sekali ya?

10. Bintang neutron

10 Hal Ini Jadi Bukti Kalau Belajar Fisika Sangat Menyangkan
via upost.info

Bintang neutron sangat padat sehingga satu sendok teh disana sama beratnya dengan seluruh penduduk bumi. Bahkan, para ilmuwan setuju bahwa Chuck Noris tidak dapat membungkuk untuk menekan bintang neutron.

Jadi bagaimana? Sudah mau belajar fisika setelah membaca postingan ini? Jangan lupa masukan anda dan tinggalkan di kolom komentar ya!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *