10 Gempa Terbesar Yang Terjadi Di Nusantara Pada Abad ke-20

8 Likes Comment
Gempa Terbesar Yang Terjadi Di Nusantara

10 Gempa Terbesar Yang Terjadi Di Nusantara Pada Abad ke-20 – Sejak abad ke-20 hingga kini, sebagian besar wilayah Indonesia sudah banyak mengalami yang namanya gempa bumi. Bahkan setiap hari gempa bumi terjadi, meski dengan kekuatan yang kecil.

Hal ini tidak mengeherankan sebab wilayah Indonesia adalah termasuk dalam lingkaran negara (ring of fire) tempat melintasnya beberapa lempeng dunia. Juga, terdapat banyak sekali sesar yang ada di wilayah Indonesia yang terus bergerak setiap tahun. Pergerakan inilah yang kemudian memicu gempa bumi.

10 gempa terbesar yang terjadi di abad ke-20 ini dimulai sejak tahun 1900-an sampai tahun 2000. Memang, setelah tahun 2000 ada beberapa gempa dengan magnitudo diatas 7, yang memicu gempa dan menelan korban yang tidak sedikit seperti gempa yang terjadi di Aceh, Lombok dan Palu.

Gempa di Aceh misalnya, juga memicu terjadinya Tsunami yang sampai di Afrika dan menjadi salah satu tsunami terbesar dalam sejarah umat manusia dengan jumlah korban jiwa terbanyak.

Begitu juga dengan di Palu yang terjadi pada tahun 2018 lalu, yang juga memporak-porandakan wilayah pesisir Kota Palu juga menelan korban jiwa yang tidak sedikit.

Tapi sebelum tiga gempa besar itu terjadi, seratus tahun sebelumnya, juga terdapat gempa dengan kekuatan yang hampir sama persis. Pada waktu itu, peralatan-peralatan modern untuk mendeteksi gempa dan tsunami mungkin belum ditemukan.

Gempa disebabkan oleh aktivitas seismik didalam perut bumi. Selain aktivititas seismik, gempa juga bisa terjadi akibat aktivitas manusia, seperti penambangan, pembuatan terowongan hingga tes hulu ledak nuklir.

Sosialisasi mengenai mitigasi bencana tidak dijalankan dengan baik oleh Pemerintah baik pemerintah Hindia Belanda dan juga Pemerintah Indonesia. Nah berikut disajikan artikel tentang 10 Gempa terbesar yang terjadi di nusantara pada abad ke-20. Berikut daftarnya:

1. Gempa Nias

Gempa nias
Kerusakan akibat gempa Nias yang terjadi pada tahun 2005 via harian.analisadaily.com

Gempa nias terjadi pada 28 Desember 1935. Kekuatan gempa ini mencapai magnitudo 7, 7 Skala richter. Jumlah korban akibat gempa ini yang berhasil diketahui adalah 2 orang.

Dua orang tersebut tercat mengalami luka-luka. Meski dipercaya dengan kekuatan gempa yang demikian besar pasti ada korban jiwa lain yang mungkin tidak dicatat.

2. Gempa Laut Seram

gempa luat seram
Gambar ilustrasi via boombastis.com

Gempa Laut Seram terjadi pada 25 Januari 1965 dengan kekuatan magnitudo 8,2 Skala Richter. Korban yang berhasil dicatat adalah 71 orang dan semuanya tewas.

3. Gempa Bengkulu

gempa bengkulu
Gambar ilustrasi gempa Bengkulu via indonesiasatu.co

Gempa ini terjadi pada 4 Juni 2000 dengan magnitude 7,9 Skala Richter. Sementara korban jiwa akibat gempa yang satu ini ada 103 yang semuanya tewas. Sementara, 2.500 diantaranya mengalami luka-luka.

4. Gempa Biak

Gempa biak
Gambar ilustrasi vi agung-sabtaji.blogspot.com

Gempa Biak terjadi pada 17 januari 1996 dengan magnitude 8,2 Skala Richter. Sekitar 166 orang tewas akibat gempa dan 423 diantaranya mengalami luka-luka.

5. Gempa Minahasa

Gempa minahasa
Gambar ilustrasi via antara.com

Gempa yang terjadi di Kabupaten Mianahasa ini terjadi pada 1 Januari 1996 dengan magnitude 7,9 Skala Richter. Korban tewas akibat gempa yang ini ada 8 orang.

6. Gempa laut Banda

Gempa laut Banda
Gambar ilustrasi via kecepatan-tinggi.blogspot.com

Gempa Laut Banda terjadi 1 Februari 1938 dengan magnitude 8,4 Skala Richter. Tidak ada korban jiwa akibat gempa ini.

7. Gempa Flores

Gempa di Flores
Gambar ilustrasi via Tribunnews.com

Gempa Flores terjadi pada 12 Desember 1992 dengan magnitude 7,8 Skala Richter. Korban tewas kurang lebih 2500 orang, 500 diantaranya mengalami luka-luka.

8. Gempa Bima

Gempa di Bima
Gambar ilustrasi bertuahpos.com

Gempa di Bima terjadi pada 19 Agustus 1977 dengan mangitudo 8,3 Skala Richter. Korban 185 orang tewas sementara 1.100 diantaranya mengalami luka-luka.

9. Gempa Banyuwangi

Gempa di Banyuwangi
Gambar ilustrasi via jurukunci.net

Gempa ini terjadi pada 3 Juni 1994 dengan magnitude 7,8 SKala Richter. Korban akibat gempa ini ada 250 orang dan semuanya tewas.

10. Gempa di Cilacab

Gempa di Cilacab
Gambar ilustrasi via tirto.id

Gempa Cilacab terjadi pada 23 Juli 1943 dengan mengitudo 8,1 Skala Richter. Korban tewas ada sekitar 213 orang dan 2.096 orang lainnya mengalami luka-luka.

10 Gempa Terbesar Yang Terjadi Di Indonesia Pada Abad ke-20
Infografis oleh Historia.id

Nah demikian artikel tentang 10 Gempa terbesar di Indonesai pada abad ke-20. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *