10 Fakta Mesin Telusur Yang Wajib Anda Ketahui

4 Likes 1 Comment
fakta mesin telusur

Fakta mesin telusur ini merupakan kumpulan dari hasil pengolahan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Bagai para webmaster, fakta mesin telusur yang disajikan dibawah ini sangat penting untuk memperoleh gambaran penting tentang mesin telusur dan bagaimana meningkatkan rangking halaman mereka di mesin telusur.

Setiap hari, logartima mesin telusur selalu berubah, tetapi disini bukan hanya logartima yang menjadi bahan pertimbangan kita, tetapi jauh lebih daripada itu.

Kita juga perlu memikirkan bagaimana perilaku orang-orang yang juga ikut berubah saat menggunakan mesin telusur, seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka.

Dan, perilaku orang-orang itu terus berubah setiap tahun, tanpa terkecuali. Fakta-fakta mesin telusur yang akan kita bahas dibawah ini memberikan pandangan sekilas mengenai mesin pencari saat ini, mulai penggunaan internet, hingga cara orang menyajikan konten dan lain sebagainya.

Lalu apa saja fakta mesin telusur? Berikut disajikan 10 fakta mesin telusur yang wajib anda ketahui. Apa saja itu? Ini daftarnya.

1. Ada sekitar 2 triliun pencarian yang dilakukan setiap tahun

Angka ini adalah nilai paling sedikit, dan perhitungan hanya dilakukan pada beberapa mesin telusur populer saja seperti Google, Bing, Yahoo!. Meski sangat tinggi, tetapi pencarian setiap tahun tetap dibawah 1 kuandraliun.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Tentang Blog

Jumlah ini terus bertambah setiap saat karena perubahan metode penelusuran seperti penelusuran suara dan juga penelusuran seluler yang terus mempengaruhi perilaku pengguna mesin telusur.

2. Jumlah pencarian per hari terus meningkat dan sebagian besar dilakukan menggunakan Google

Perincincian pencarian menggunakan mesin pencari dapat dilihat dalam data ini. Ada sekitar 4.464.000.000 pencarian per hari menggunakan Google, diikuti dengan Bing dengan jumlah pencarian 873.964.000, diikuti Baidu dengan 583,520,803 serta Yahoo dengan total pencarian harian mencapai 536,101,505. Dilain pihak, mesin telusur lainnya seperti AOL, Ask dll mencapai 128.427.264 juta per harinya.

3. Pencarian menggunakan smartphone adalah pencarian yang paling populer dibandingkan dengan desktop ataupun perangkat lain

Google secara resmi mengumumkan bahwa ada lebih banyak pencarian menggunakan smartphone ketimbang desktop. Hal itu bukan saja terjadi di mesin telusur Google, tetapi juga di mesin pencari lain seperti Bing dan Yahoo!

4. Lalu lintas mesin pencari paling besar ada pada situs belanja online

Walaupun lalu lintas di internet berasal dari berbagai sumber namun hasil penelusuran mendorong 10x lebih banyak lalu lintas menuju situs belanja online daripada media sosial.

5. Pangsa pasar pencarian masih dipegang oleh Google

Dibanding dengan mesin pencari lain, seperti yang dapat anda lihat pada poin ke dua, pangsa pasar mesin pencari masih tidak seimbang. Ini mungkin tidak terlalu mengejutkan.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Tetapi distribusi pangsa pasar saat ini, berdasarkan data dari statista, titik terendah pencarian menggunakan Google adalah pada oktober 2013 lalu, dimana saat itu pencarian menggunakan mesin telusur Google turun 87%.

6. Jumlah total pengguna mesin telusur terus berkembang baik di ponsel dan juga desktop

Sebagai contoh, pengguna mesin pencari di Amerika Serikat diperkirakan mencapai 213.600.000 pada tahun 2014 lalu. Jumlah ini diproyeksikan meningkat menjadi 236,4 juta pada tahun 2019. Dalam rentang waktu yang sama, pengguna pencarian menggunakan perangkat seluler mencapai 216 juta pada tahun 2019.

7. Google mendominasi pangsa pasar pencarian menggunakan telepon seluler

Pangsa pasar mesin seluler dapat dibagi sebagai berikut: Google mengambil 53% pencarian, Yahoo! 0,7% dan Bing 01%/.

8. Ponsel dan tablet menghasilkan lebih banyak klik iklan dibanding desktop

Secara keseluruhan, ponsel dan tablet menghasilkan 53% dari semua klik pencarian berbayar untuk tahun ini. Angka ini naik 12 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara, pengeluaran belanja iklan Google juga mengingkat.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Mungkin karena beberapa perubahan yang ada didalam mesin telusur. Sebagai contoh, pembelajaran di Google Shoping Ads meningkat 43%.

9. Kontribusi media sosial dalam pencarian kurang dari yang dipikirkan oleh banyak orang

Media sosial menyumbang 2,8% dari kunjungan situs pada kuartal kedua tahun ini. Facebook menjadi contributor terbesar dalam hal ini. Ia memberikan 63% dari semua kunjungan situs lewat media sosial.

10. Diperkirakan pada tahun depan, total belanja iklan digital melampaui belanja TV

Survey yang dilakukan oleh eMarketer menunjukan bahwa belanja iklan TV pada tahun ini akan mencapai $72,01 miliar atau naik 35% dari total belanja iklan di AS. Total belanja iklan digital tahun depat diperkirakan mencapai $77,37 miliar atau naik 38% dari total belanja iklan.

Penutup

Tanpa kita sadari, perubahan mesin telusur terus terjadi setiap saat. Mungkin anda berpikir SEO yang anda terapkan di blog ataupun situs web anda sudah cukup kuat untuk memperoleh peringkat dan juga konversi pendapatan, tetapi anda harus tetap up to date untuk mencapai posisi yang lebih baik lagi.

Fakta tentang mesin telusur diatas memang tidak menyajikan secara lengkap mengenai fakta, misalnya 20% kueri pencarian menggunakan penelusuran suara, dan anda dapat memperkirakan ada sekitar 10 miliar kueri pencarian menggunakan mesin telusur.

Dan pencarian menggunakan pencarian suara diperkirakan meningkat secara drastis pada tahun ini karena tingkat kesalahan pencarian suara telah menurun sekitar 25% atau menjadi 8% untuk Google dan Bing.

Atau, jika anda seorang blogger, anda bisa belajar untuk tidak menaruh iklan di sisi kanan untuk membantu PPC sebab hanya menyumbang sekitar 14,6% klik setiap tahunnya. Termasuk juga soal backlik ke situs web anda masih menjadi faktor penting untuk memperoleh peringkat di mesin telusur. Tetapi, perlu anda catat juga bahwa kecepatan menjadi faktor penting dalam perolehan peringkat pada tahun ini.

Jika ada penundaan kecepatan halaman web bisa mengakibatkan anda kehilangan sekitar 7% pendapatan anda sebab 40% pengguna internet akan meninggalkan situs web anda jika dimuat kurang dari 3 detik. Nah demikian artikel tentang 10 fakta mesin telusur yang wajib anda ketahui. Semoga bermanfaat!

You might like

1 Comment

  1. Τhanks for sһaring such a nice idеa, piece of
    writing is nice, thats why i have read it compⅼetely

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *